Sukses

5 Contoh Segi Banyak Beraturan, Ketahui Pengertian dan Ciri-cirinya

Untuk dapat menemukan contoh segi banyak beraturan kita harus memahami apa yang dimaksud dengan segi banyak beraturan dan apa saja ciri-cirinya.

Liputan6.com, Jakarta Contoh segi banyak beraturan ada banyak sekali. Bahkan banyak di antaranya dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada bentuk papan rambu-rambu lalu lintas dan selembar kertas. Kedua contoh tersebut merupakan contoh dari segi banyak beraturan.

Segi banyak beraturan merupakan salah satu jenis dari bangun datar. Bangun datar sendiri adalah angun dua dimensi yang dibatasi oleh sebuah garis lurus atau lengkung.

Sementara itu, segi banyak adalah bangun datar tertutup yang seluruh sisinya dibatasi dengan garis. Bangun ini memiliki sisi yang sama dengan jumlah sudut yang dimilikinya.

Secara umum bangun segi banyak dibedakan menjadi 2 macam, yaitu segi banyak beraturan dan segi banyak tak beraturan. Segi banyak beraturan adalah sebuah bangun yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar. Sedangkan segi banyak tak beraturan adalah sebuah bangun yang sisi sisinya tidak sama panjang atau sudut-sudutnya tidak sama besar.

Untuk dapat mengetahui contoh segi banyak beraturan tentunya kita harus mengetahui ciri-ciri segi banyak beraturan. Berikut adalah ciri-ciri segi banyak beraturan seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Segi Banyak Beraturan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk dapat menemukan contoh segi banyak beraturan kita harus memahami apa yang dimaksud dengan segi banyak beraturan dan apa saja ciri-cirinya. Segi banyak beraturan adalah sebuah bangun yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar.

Adapun ciri segi banyak beraturan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki sisi-sisi yang sama panjang

2. Memiliki sudut-sudut yang sama besar

3. Merupakan kurva tertutup

4. Memiliki jumlah simetri lipat yang sama dengan banyaknya sisi yang dimiliki

5. Memiliki jumlah simetri putar yang sama dengan banyaknya sisi yang dimiliki.

6. Segi banyak beraturan dibatasi minimal oleh 3 sisi yang sama panjang.

Dengan mengetahui ciri-ciri segi banyak tersebut, kita dapat mengidentifikasi bangun datar apa saja yang bisa menjadi contoh segi banyak beraturan.

3 dari 4 halaman

Contoh Segi Banyak Beraturan

Setelah mengetahui ciri-ciri segi banyak beraturan, kita jadi memiliki acuan untuk dapat mengidentifikasi bangun datar apa saja yang bisa menjadi contoh segi banyak beraturan.

Adapun contoh segi banyak beraturan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Segitiga sama sisi

Salah satu contoh segi banyak beraturan adalah segitiga sama sisi. Segitiga sama sisi adalah jenis segitiga yang ketiga sisinya memiliki panjang yang sama. Karena panjang sisinya sama, ukuran setiap sudut pada segitiga sama sisi juga sama, yakni 60 °.

2. Persegi

Contoh segi banyak beraturan lainnya adalah persegi. Persegi atau yang juga disebut sebagai bujur sangkar merupakan bangun datar atau dua dimensi yang dibentuk oleh empat sisi. Sisi-sisi ini memiliki panjang yang sama dan memiliki empat sudut, yang semuanya merupakan sudut siku-siku. Persegi adalah turunan dari persegi panjang dengan empat sisi yang sama dan keempat sudutnya adalah sudut siku-siku (90 °).

3. Segi lima beraturan

Contoh segi banyak beraturan berikutnya adalah segi lima beraturan atau yang juga disebut sebagai pentagon. Segi lima beraturan merupakan bangun datar yang memiliki 5 sisi yang sama panjang dan memiliki 5 sudut yang ukurannya sama besar.

Besar sudut segi lima pada setiap sudutnya adalah 108°. Jumlah sudut segi lima jika ditotal berjumlah yaitu 540°. Simetri putar segi lima terdapat 5 simetri putar pada sebuah bangun segi lima. Simetri lipat segi lima terdapat 5 simetri lipat pada sebuah bangun segi lima

4. Segi enam beraturan

Contoh segi banyak beraturan lainnya adalah segi enam beraturan. Segi enam beraturan atau yang juga disebut sebagai hexagon adalah bangun datar yang memiliki 6 sisi yang sama panjang dan memiliki 6 sudut yang ukurannya sama besar.

Sudut segi enam jika dihitung memiliki 6 sudut dengan total sudut berjumlah 720°. Bangun segi enam beraturan memiliki titik sudut sebanyak 6 sudut. Besar sudut segi enam pada setiap titik sudutnya adalah 120°.

Sumbu simetri segi enam memiliki 6 sumbu simetri. Simetri lipat segi enam juga memiliki 6 simetri lipat. Simetri putar segi enam mempunyai 6 simetri putar pada bangun segi enam. Bangun segi enam beraturan tersusun dari 6 bangun yang berupa segitiga sama sisi yang kongruen.

5. Segi delapan beraturan

Contoh segi banyak beraturan lainnya adalah segi delapan beraturan. Segi delapan beraturan atau yang disebut juga oktagon merupakan suatu segi banyak atau poligon yang mempunyai delapan sisi.

Segi delapan beraturan memiliki delapan sudut yang sama besar, yakni 135°. Dengan kata lain, sudut delapan beraturan memiliki total sudut 1080°.

Sumbu simetri segi delapan memiliki 8 sumbu simetri. Simetri lipat segi enam juga memiliki 8 simetri lipat. Simetri putar segi enam mempunyai 8 simetri putar pada bangun segi enam. Bangun segi enam beraturan tersusun dari 8 bangun yang berupa segitiga sama sisi yang kongruen.

4 dari 4 halaman

Segi Banyak Tidak Beraturan

Selain ada segi banyak beraturan, terdapat pula jenis bangun datar lain yakni segi banyak tidak beraturan. Segi banyak tidak beraturan merupakan bangun tertutup yang tidak hanya terdiri atas garis saja melainkan kurva lengkung, dan tidak memiliki sudut dengan ciri panjang sisi bangun tidak sama dan besar sudut tidak sama.

Berkebalikan dengan segi banyak beraturan, segi banyak tidak beraturan memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

1. Tidak semua sisinya memiliki sisi yang sama panjang

2. Tidak semua sudutnya memiliki besar sudut yang sama

3. Jumlah simetri putar banyaknya tidak sama dengan banyaknya sisi

4. Jumlah simetri lipat banyaknya tidak sama dengan banyaknya sisi

5. Bentuknya dapat berupa cembung maupun cekung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.