Sukses

Contoh Kegiatan Distribusi dalam Kehidupan Sehari-hari, Kenali Jenisnya

Contoh kegiatan distribusi terdiri dari distribusi produk jadi ataupun jasa.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kegiatan distribusi dalam kehidupan sehari-hari perlu kamu kenali. Proses distribusi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang sangat penting dalam konsep pemasaran. Tanpa distribusi, proses pemasaran tidak akan berjalan.

Distribusi merupakan penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Kegiatan distribusi sangat bermanfaat untuk menciptakan kelancaran arus pemasaran. Kegiatan distribusi adalah bagian paling awal dalam proses pemasaran produk.

Contoh kegiatan distribusi terdiri dari distribusi produk jadi ataupun jasa. Kamu tentu setiap harinya melakukan berbagai kegiatan distribusi ini. Apapun jenis industrinya, kegiatan distribusi sangat penting perannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/2/2023) tentang contoh kegiatan distribusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Distribusi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), distribusi adalah penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat. Distribusi merupakan kegiatan menyebarkan produk ke seluruh pasar sehingga banyak orang dapat membelinya.

Distribusi yaitu aktivitas menjual dan mengirimkan produk dari produsen ke pelanggan. Kamu juga dapat memahami distribusi sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

Distribusi adalah kegiatan perantara antara produsen dan konsumen. Bagi perusahaan, sistem distribusi yang baik dapat membuat perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk menjual produknya.

Tujuan distribusi adalah menyalurkan suatu produk kepada konsumennya. Selain itu, kegiatan distribusi membuat produk dapat tersalur ke konsumen dan tidak tertahan di pihak produsen. Kegiatan produksi pun akan terus berjalan dengan lancar dan memperoleh keuntungan. Dengan proses distribusi, konsumen dapat menerima produk yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

Jenis Distribusi

Sebelum mengenali contoh kegiatan distribusi, kamu tentunya perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. berikut jenis-jenis distribusi:

Distribusi Langsung

Distribusi langsung adalah kegiatan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen. Dengan kata lain, produsen berperan sebagai distributor dan proses distribusinya tidak melalui perantara atau pihak ketiga.

Distribusi Tidak Langsung

Pengertian distribusi tak langsung adalah suatu kegiatan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen yang menggunakan perantara atau pihak ketiga. Dalam hal ini, distributor bisa berupa perorangan atau perusahaan distribusi.

4 dari 5 halaman

Contoh Kegiatan Distribusi

Contoh kegiatan distribusi mungkin sudah tidka asing lagi bagi kebanyakan orang. Pasalnya, contoh kegiatan distribusi ini merupakan kegiatan yang memang dilakukan setiap harinya. Melansir modul yang diterbitkan Universitas Ciputra tentang distribusi melalui uc.ac.id, berikut contoh kegiatan distribusi:

- Distribusi Bawang

Contoh kegiatan distribusi yang pertama yaitu ketika konsumen membeli bawang dari pedagang bawang di pasar yang mana pedagang tersebut mendapatkan bawang jualannya dari petani bawang. Proses ini merupakan salah satu contoh kegiatan distribusi barang secara tidak langsung karena pedagang bawang menjadi distributor yang menyalurkan hasil produksi bawang dari petani bawang kepada konsumen.

- Distribusi Telur

Contoh kegiatan distribusi yang berikutnya yaitu saat konsumen membeli telur ayam dari seorang peternak ayam. Proses ini termasuk dalam contoh kegiatan distribusi barang secara langsung karena distribusi ini dilakukan tanpa adanya perantara.

- Distribusi Jasa

Contoh kegiatan distribusi jasa yaitu saat kamu melakukan transaksi pembelian tiker kereta api. Dalam proses ini pihak penjualan tiket mendistribusikan layanannya melalui aplikasi digital yang bisa diakses. Contoh kegiatan distribusi jasa yang lain adalah ketika menggunakan jasa ojek online untuk pergi ke suatu tempat.

- Distribusi Film

Contoh kegiatan distribusi film adalah ketika menonton film di bioskop ataupun melalui aplikasi streaming. Proses ini termasuk dalam contoh kegiatan distribusi jasa, yang mana pihak distributor film membeli hak penayangan dari Production House film tersebut untuk kemudian ditayangkan kepada konsumen.

- Distribusi Perdagangan Online

Belanja online merupakan contoh kegiatan distribusi. Di sini pedagang menggunakan e-commerce sebagai alat untuk memasarkan dan mempromosikan produknya kepada konsumen. Apabila barang yang dijual merupakan hasil produksinya sendiri maka dapat dikatakan bahwa kegiatan ini termasuk distribusi langsung. Akan tetapi, jika pedagang tersebut hanya berperan sebagai reseller saja maka kegiatan ini tergolong distribusi secara tidak langsung.

5 dari 5 halaman

Pelaku Distribusi

Setelah mengenali contoh kegiatan distribusi, kamu tentunya sudah sedikit memahami siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ekonomi ini. Berikut macam-macam pelaku distribusi:

Pedagang

Pedagang adalah pihak yang membeli barang dari produsen dan menjualnya kembali ke konsumen akhir. Pedagang dapat menentukan harga jual suatu produk sesuai dengan kondisi pasar dan sosial ekonomi di suatu masyarakat.

Agen

Agen adalah pihak yang memiliki tanggungjawab untuk menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Keuntungan yang didapatkan oleh agen adalah dari nilai komisi yang telah ditentukan.

Makelar

Makelar merupakan pihak yang akan mempertemukan produsen dengan calon pembeli suatu produk, baik itu barang atau jasa. Makelar tidak mengeluarkan modal pada proses distribusi dan keuntungan yang didapatkan adalah berupa fee dari produsen dan konsumen atas jasanya.

Eksportir

Eksportir sendiri merupakan seseorang yang akan menyalurkan barang dari produsen dalam negeri kepada konsumen yang ada di luar negeri.

Importir

Berbanding terbalik dengan eksportir, importir sendiri merupakan pihak yang menyalurkan barang dari luar negeri kepada konsumen yang ada di dalam negeri.

Komisioner

Komisioner merupakan pihak yang akan melakukan pembelian dan penjualan atas namanya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.