Sukses

12 Cara Menghilangkan Semut dengan Bahan-bahan yang Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Liputan6.com, Jakarta Semut adalah serangga yang kerap dianggap sebagai pengganggu bagi manusia, oleh sebab itu banyak orang yang mencari cara menghilangkan semut. Semun dianggap mengganggu karena kerap mengerubungi makanan dan meninggalkan bekas gigitan yang sangat gatal. Semut hidup dalam koloni yang dipimpin oleh ratu semut yang bertugas untuk memproduksi telur. Anggota koloni lain bertugas untuk membantu merawat telur dan membesarkan larva, memperoleh makan, dan mempertahankan koloni.

Cara menghilangkan semut dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun memanfaatkan barang-barang yang mudah ditemukan adalah cara yang banyak dipilih. Semut sering dianggap sebagai serangga yang tidak berguna atau menjengkelkan, terutama jika mereka memasuki rumah atau membawa makan ke area makan. Namun, mereka juga memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai pemakan serangga dan bahan organik, membantu mengurai dan mengubah bahan organik menjadi bahan yang lebih mudah dicerna oleh tanaman dan hewan lain.

Cara menghilangkan semut perlu diketahui untuk mengatasi populasi semut yang berlebih hingga keberadaannya mengganggu makhluk lain terutama manusia. Berikut cara menghilangkan semut yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut

1. Simpan Makanan di Tempat yang Tidak Terjangkau Semut

Cara menghilangkan semut yang paling sering dilakukan adalah dengan menyimpan makanan di tempat yang tidak bisa dijangkau semut. Salah satu alasan semut datang adalah karena makanan. Dengan meletakan makanan di tempat tertutup atau tempat yang tidak dapat dijangkau semut, resiko semut datang dapat dihindari. Pastikan untuk tidak membiarkan makanan terbuka dan bersihkan setiap sisa makanan yang berceceran di lantai atau meja.

2. Jaga Kebersihan

Jangan biarkan sampah atau sisa makanan menumpuk di area yang sering dikunjungi oleh semut. Pastikan bahwa area tersebut selalu bersih dan tidak ada sarang semut yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal. Juga, past ikan untuk mengecek dan membersihkan area di sekitar mesin pencuci piring dan mesin pengering piring, karena ini adalah area yang sering digunakan oleh semut untuk mencari makanan. Selain itu, pastikan untuk membersihkan area di sekitar jendela, pintu, dan celah-celah lain yang dapat digunakan oleh semut untuk masuk ke dalam rumah.

3. Gunakan Penghalau Semut 

Ada banyak jenis penghalau semut yang tersedia di pasaran, seperti tongkat semut, kapur barus, dan semprotan semut. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan ikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

4. Pangkas Tanaman  di Sekitar Rumah 

Tanaman yang berdekatan dengan rumah dapat menjadi jalur masuk bagi semut. Memangkas ranting yang berdekatan dengan rumah dapat membantu mencegah mereka masuk.

5. Gunakan Pemukul Serangga

Cara menghilangkan semut juga dapat dilakukan dengan menggunakan pemukul serangga. Alat ini berfungsi untuk memukul semut dan membunuh mereka. Pemukul serangga dapat ditemukan di toko pertanian atau toko serba ada.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut

6. Pelihara Tanaman Penghalau Semut 

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat membantu menghalau semut, seperti tanaman lavender, tanaman mint, dan tanaman cengkeh. Tanaman ini bisa ditanam di sekitar rumah untuk membantu mencegah serangan semut.

7. Gunakan Semprotan Pembasmi Serangga Berbahan Kimia 

Ada banyak jenis semprotan serangga yang bisa ditemukan di pasaran. Semprotan pembasmi serangga yang terbuat dari bahan kimia ini merupakan salah satu solusi efektif cara menghilangkan semut. Namun, pastikan untuk membaca label dan petunjuk penggunaan dengan benar untuk menghindari dampak buruk pada lingkungan dan kesehatan.

8. Cuka

Cairan cuka yang bersifat asam juga dapat menjadi alternatif cara menghilangkan semut. Campurkan air dan cuka jenis apa saja dalam wadah spray, lalu semprotkan pada area yang terkena serangan semut. Cuka anggur akan membunuh semut dan mencegah mereka datang kembali.

9. Baking Soda 

Baking soda juga merupakan bahan yang mudah ditemukan dan dapat digunakan untuk menghilangkan semut. Campurkan baking soda dan gula dalam wadah, lalu letakkan di area yang sering dikunjungi oleh semut. Gula akan memikat semut dan baking soda akan membunuh mereka.

10. Air lemon 

Selain cuka, air lemon yang juga memiliki sifat asam juga dapat digunakan untuk membasmi semut yang mengganggu. Campurkan air dan air perasan lemon dalam wadah spray, lalu semprotkan pada area yang terkena serangan semut. Air lemon akan membunuh semut dan membantu mencegah mereka datang kembali.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut

11. Sabun Cuci Piring 

Sabun cuci piring yang dicairkan dapat menjadi alternatif produk pembasmi semut yang ampuh. Campurkan air dan sabun cuci piring dalam wadah spray, lalu semprotkan pada area yang terkena serangan semut. Sabun cuci piring akan membunuh semut dan membantu mencegah mereka datang kembali.

12.  Kayu Manis

Kayu manis juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan semut yang alami. Caranya, letakkan kayu manis di pintu masuk rumah dan area yang bisa dimasuki semut. Hal ini juga menjadi cara yang bagus untuk menjaga rumah tetap segar dan harum. Kayu manis dipercaya sebagai pengusir semut alami karena semut tidak tahan terhadap bau yang menyengat. Untuk hasil yang lebih efektif, tambahkan sedikit minyak esensial ke bubuk kayu manis untuk menimbulkan bau yang lebih kuat guna mengusir semut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.