Sukses

Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Mudah dengan Adobe Sign dan DocuSign

Pada zaman sekarang, cara membuat tanda tangan digital banyak digunakan untuk memudahkan berbagai urusan administrasi.

Liputan6.com, Jakarta Tanda tangan atau signature menjadi salah satu tanda pengenal yang digunakan untuk bukti legalitas sebuah dokumen. Tanda tangan dapat berupa huruf, gambar, atau simbol yang dibuat digoreskan dengan tangan. Pada zaman sekarang, cara membuat tanda tangan digital banyak digunakan untuk memudahkan berbagai urusan administrasi.

Selain untuk urusan legalitas administrasi, tanda tangan kerap digunakan oleh orang terkenal untuk mengungkapkan penghargaan atau rasa sayang kepada penggemarnya. Tanda tangan sudah ada sejak 3100 sebelum masehi. Pada 57 SD Jepang sudah menggunakan tanda tangan yang berupa cap bernama “Hanko Seal” untuk keperluan meresmikan dokumen. Bentuk tanda tangan pun berkembang seiring kemajuan teknologi, cara membuat tanda tangan digital menjadi buruk modernisasi tanda tangan.

Tanda tangan tangan sangat berguna sebagai bukti bahwa seseorang telah menyetujui dokumen tersebut. Namun, tanda tangan manual kerap menjadi kendala dalam mengurus dokumen karena si pemilik tanda tangan harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain hanya untuk mengguratkan tandatangannya. Ini tentu memakan waktu dan kurang efisien. 

Tanda tangan digital adalah solusi dari kelemahan tanda tangan manual. Pemilik tanda tangan dapat menandatangani satu dokumen tanpa harus berpindah tempat cukup memanfaatkan jaringan internet. Berikut cara membuat tanda tangan digital dengan Adobe Sign dan DocuSign yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan Digital: Mengenal Adobe Sign dan DocuSign

Adobe Sign dan DocuSign adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk cara membuat tanda tangan digital. Kedua aplikasi ini menawarkan versi gratis dan berbayar. Fitur yang ditawarkan pada versi gratis tentu saja berbeda dengan versi berbayar. Versi berbayar pasti memiliki fitur yang lebih lengkap, jadi pastikan untuk membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut.

Adobe Sign versi gratis yang memungkinkan penggunanya menandatangani hingga tiga dokumen per bulan. Jika membutuhkan fitur tambahan seperti integrasi dengan aplikasi lain atau kapasitas penyimpanan yang lebih besar, pengguna harus berlangganan versi berbayarnya.

DocuSign juga menawarkan versi gratis yang memungkinkan penggunanya untuk menandatangani hingga tiga dokumen per bulan. Apabila membutuhkan fitur tambahan seperti integrasi dengan aplikasi lain atau kapasitas penyimpanan yang lebih besar,  pengguna dapat berlangganan versi berbayarnya.

Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda tentang legalitas tanda tangan elektronik. Untuk itu verifikasi legalitas tanda tangan perlu dilakukan sebelum menggunakan tanda digital untuk mengurus dokumen resmi.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Menggunakan Adobe Sign

Berikut langkah-langkah cara membuat tanda tangan digital menggunakan Adobe Sign.

1. Kunjungi laman Adobe Sign dan mengklik tombol "Sign Up" atau "Try for Free".

2. Buat akun pada Adobe Sign jika belum memiliki akun. 

2. Setelah masuk ke akun, klik pada opsi "Preferences" di menu utama, kemudian pilih "My Account" dan akan muncul halaman "Signature"

3. Klik pada "Add Signature" dan masukkan informasi pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar dan valid.

4. Buat tanda tangan dengan dengan jari di mouse pada atau unggah gambar tanda tangan yang sudah ada. Pengguna juga dapat mengetik tanda tangan.

5. Setelah tanda tangan selesai dibuat, tambahkan tanda tangan tersebut ke dokumen yang ingin didatangi dengan cara klik pada tombol "Sign" pada dokumen yang ingin di tandatangani. Kemudian klik "Add Signature" dan pilih tanda tangan yang sudah dibuat tadi.

6. Klik pada tanda tangan yang telah dibuat.

7. Setelah dokumen ditandatangani, kirimkan dokumen tersebut kepada pihak yang berkepentingan melalui email atau melalui link yang disediakan oleh aplikasi.

8. Selesai! 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Menggunakan DocuSign

Berikut cara membuat tanda tangan digital menggunakan DocuSign

1. Daftar dan buat akun pada DocuSign. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi situs web DocuSign dan mengklik tombol "Sign Up" atau "Try for Free".

2. Setelah masuk ke akun Anda, klik pada tombol "Preferences" di bagian atas halaman, kemudian pilih "Signature"

3. Klik pada "Add Signature" dan masukkan informasi pribadi seperti nama Anda, alamat email, dan nomor telepon. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar dan valid.

4. Buat tanda tangan dengan dengan jari di mouse pada atau unggah gambar tanda tangan yang sudah ada. Pengguna juga dapat mengetik tanda tangan.

5. Setelah tanda tangan selesai dibuat, pengguna dapat menambahkan tanda tangan tersebut ke dokumen yang ingin ditandatangani.

6. Untuk menambahkan tanda tangan ke dokumen, klik pada tombol "Sign" pada dokumen yang ingin di tandatangani. Kemudian klik "Add Signature" dan pilih tanda tangan yang sudah dibuat tadi.

7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menandatangani dokumen dengan mengklik pada tanda tangan yang telah Anda buat.

8. Setelah dokumen di tandatangani, Anda dapat mengirimkan dokumen tersebut kepada pihak yang berkepentingan melalui email atau melalui link yang disediakan oleh aplikasi.

9. Selesai! Anda sekarang telah berhasil menandatangani dokumen secara elektronik dengan menggunakan tanda tangan digital yang dibuat menggunakan DocuSign.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.