Sukses

10 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan, Ketahui Risikonya jika Dikonsumsi Berlebihan

Selain pada daging buahnya, manfaat jeruk lemon untuk kesehatan juga terdapat pada kulitnya.

Liputan6.com, Jakarta Buah dengan nama ilmiah citrus limon merupakan genus dari tumbuhan jeruk. Lemon termasuk dalam famili Rutaceae dan berasal dari Asia. Tanaman lemon tumbuh di daerah subtropis dan tropis. Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan menjadi salah satu alasan kenapa buah ini banyak dibudidayakan.

Jeruk lemon memiliki bentuk bulat dan berwarna kuning pada saat matang. Daging buahnya berwarna putih dan memiliki rasa asam. Seperti jenis jeruk lainnya, daging buah lemon terdiri dari bulir-bulir berisi air yang mengandung minyak esensial yang memberikan aroma khas jeruk lemon. Sebagian besar manfaat jeruk lemon untuk kesehatan terdapat pada bulir bulis ini.

Selain pada daging buahnya, manfaat jeruk lemon untuk kesehatan juga terdapat pada kulitnya. Kulit jeruk lemon berwarna kuning mengandung minyak esensial yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pembuatan minuman, makanan, produk perawatan kulit, dan produk perawatan rumah tangga. Berikut manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menekan resiko penyakit jantung. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin C dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko aterosklerosis (penebalan dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung).

2. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker. Flavonoid yang terkandung dalam jeruk lemon juga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan juga dapat membantu dalam produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Vitamin C juga meningkatkan produksi interferon, yaitu protein yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus.

4. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan juga dapat meningkatkan kinerja organ hati. Jeruk lemon mengandung senyawa yang disebut limonoids, yang dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan membantu dalam pembuangan toksin dari tubuh.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat menurunkan risiko diabetes. Asam sitrat juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jeruk lemon dapat membantu meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti sembelit. Asam lemon juga dapat membantu meningkatkan motilitas usus dan memperlancar proses mencerna makanan. Jeruk lemon yang kaya serat juga membantu meningkatkan fungsi usus dan membantu dalam proses pencernaan.

7. Mempercantik Kulit

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan juga dapat memelihara keremajaan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membuat kulit tampak lebih kencang dan bercahaya. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. 

Namun para pakar kecantikan menghimbau untuk tidak mengoleskan air lemon secara langsung ke kulit, sebab dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Mendapatkan manfaat lemon untuk kulit dapat dilakukan dengan mengkonsumsinya secara ruti delam jumlah yang wajar atau menggunakan produk kecantikan mengandung lemon yang sudah diformulasikan sesuai Ph kulit.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jeruk lemon dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih cepat. Jeruk lemon juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan sensasi kenyang sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

9. Menyehatkan Rambut dan Kuku

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan juga berdampak pada rambut dan kuku.Jeruk lemon dapat membantu menyehatkan rambut dan kuku karena kandungan vitamin C dan flavonoid yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan kuku. Sebetulnya hal ini dikarenakan kandungan nutrisi lemon mendukung proses peremajaan pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Kuku dan rambut yang terhubung langsung dengan kulit juga menjadi sehat.

10. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk lemon kaya akan asam sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan menurunkan konsentrasi kalsium dalam urine.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan: Efek Samping

Walaupun manfaat jeruk lemon untuk kesehatan sangat banyak, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari pemanfaatan jeruk lemon untuk kesehatan.

1. Iritasi

Jeruk lemon memiliki tingkat asam yang tinggi, sehingga dapat memicu terjadinya iritasi di kulit. Konsumsi lemon dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan iritasi pada mulut, gigi, dan kerongkongan.

2. Interaksi Obat dan Makanan

Jeruk lemon dapat mengurangi efektivitas beberapa jenis obat, seperti obat antihipertensi, obat antiplatelet, dan obat antikoagulan. Jika sedang mengonsumsi obat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk lemon dalam jumlah yang besar.

3. Asam Lambung Berlebih

Sifat asam pada lemon dapat meningkatkan produksi asam lambung. Produksi asam lambung yang berlebih dapat memicu mulas atau sakit perut bagi orang yang memiliki masalah lambung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.