Sukses

6 Manfaat Jamur Cordyceps, Jamur Zombie di Serial 'The Last of Us'

Manfaat Jamur Cordyceps bagi kesehatan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Nama jamur Cordyceps menjadi viral belakangan belakangan ini, setelah muncul sebagai penyebab utama wabah zombie di serial garapan HBO berjudul The Last of Us. diangkat dari video game tahun 2013 berjudul sama, serial The Last of Us bercerita tentang infeksi jamur Cordyceps yang membuat korbannya berubah menjadi zombie.

Jamur Cordyceps sendiri merupakan genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga. Dimana ketika jamur ini menyerang inangnya, mereka mengganti jaringannya dan menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang. Selama infeksi ini, jamur Cordyceps mengendalikan tubuh inangnya dan membuatnya seperti zombie.

Meski terlihat menyeramkan, nyatanya jamur Cordyceps tidak dapat menginfeksi manusia dan bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yang telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Bahkan suplemen dan produk yang mengandung ekstrak Cordyceps sangat populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Lantas apa saja manfaat jamur Cordyceps bagi kesehatan? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat Jamur Cordyceps bagi kesehatan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Cordyceps

Manfaat Jamur Cordyceps telah dikenal sejak dahulu, dimana jamur ini bahkan telah digunakan dalam Pengobatan Tradisional Cina selama berabad-abad untuk mengobati kelelahan, penyakit, penyakit ginjal, dan dorongan seks yang rendah.

Dari lebih dari 400 spesies Cordyceps yang ditemukan, dua yang menjadi fokus penelitian kesehatan adalah Cordyceps sinensis dan Cordyceps militaris. Perlu diingat, sebagian besar penelitian ini terbatas pada penelitian hewan atau laboratorium. Namun, manfaat kesehatan potensial mereka cukup menjanjikan untuk manusia.

1. Dapat Meningkatkan Kinerja Tubuh

Manfaat Jamur Cordyceps yang pertama adalah meningkatkan energi dan kinerja tubuh. Cordyceps diperkirakan meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) tubuh, yang penting untuk mengantarkan energi ke otot. Jamur Cordyceps juga dapat meningkatkan cara tubuh menggunakan oksigen, terutama saat berolahraga 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menguji pengaruhnya terhadap kapasitas olahraga pada 30 orang dewasa tua yang sehat menggunakan sepeda statis. Peserta menerima 3 gram per hari strain sintetis Cordyceps yang disebut CS-4 atau pil plasebo selama enam minggu. Pada akhir penelitian, VO2 max meningkat sebesar 7% pada peserta yang menggunakan CS-4, sedangkan peserta yang diberi pil plasebo tidak menunjukkan perubahan.

2. Sifat Anti Penuaan

Pengobatan Cina tradisional menggunakan Cordyceps untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kekuatan dan gairah seks. Dan para peneliti percaya kandungan antioksidan dalam jamur berpotensi sebagai anti-penuaan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa Cordyceps meningkatkan antioksidan pada tikus tua, membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi seksual.

Antioksidan adalah molekul yang melawan kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit dan penuaan. Satu studi menemukan bahwa tikus yang diberi Jamur Cordyceps hidup beberapa bulan lebih lama daripada tikus yang diberi plasebo. Studi lain menemukan bahwa Cordyceps memperpanjang umur lalat buah, semakin mendukung keyakinan bahwa mereka memiliki manfaat anti-penuaan.

3. Potensi Efek Anti Tumor

Potensi Cordyceps untuk memperlambat pertumbuhan tumor telah membangkitkan minat yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti percaya jamur dapat memberikan efek anti tumor dalam beberapa cara. Dalam penelitian tabung reaksi, Cordyceps telah terbukti menghambat pertumbuhan banyak jenis sel kanker manusia, termasuk kanker paru-paru, usus besar, kulit dan hati.

Studi pada tikus juga menunjukkan bahwa Cordyceps memiliki efek anti tumor pada limfoma, melanoma dan kanker paru-paru. Cordyceps juga dapat membalikkan efek samping yang terkait dengan berbagai bentuk terapi kanker. Hasil ini menunjukkan jamur dapat membantu mengurangi komplikasi yang terkait dengan beberapa pengobatan kanker. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Cordyceps

4. Membantu Mengelola Diabetes Tipe 2

Cordyceps mengandung jenis gula khusus yang dapat membantu mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit di mana tubuh tidak memproduksi atau merespons hormon insulin , yang biasanya mengangkut glukosa gula ke dalam sel untuk energi. Ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau meresponnya dengan baik, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel, sehingga tetap berada di dalam darah. 

Seiring waktu, terlalu banyak glukosa dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk memastikan kadar gula darahnya terkontrol dengan baik. Menariknya, Cordyceps dapat menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat dengan meniru aksi insulin. Dalam beberapa penelitian pada tikus diabetes, Cordyceps telah terbukti menurunkan kadar gula darah.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Jamur Cordyceps yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa Cordyceps secara signifikan mengurangi cedera jantung pada tikus dengan penyakit ginjal kronis. Cedera pada jantung akibat penyakit ginjal kronis dianggap meningkatkan risiko gagal jantung, sehingga mengurangi cedera ini dapat membantu menghindari hasil penyakit jantung.

Para peneliti mengaitkan temuan ini dengan kandungan adenosin Cordyceps. Adenosine adalah senyawa alami yang memiliki efek perlindungan jantung. Cordyceps mungkin juga memiliki efek baik untuk kadar kolesterol. Penelitian pada hewan juga telah menunjukkan bahwa Cordyceps menurunkan kolesterol LDL jahat. LDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri.

6. Dapat Membantu Melawan Peradangan

Manfaat Jamur Cordyceps lainnya adalah untuk membantu melawan peradangan dalam tubuh. Meskipun beberapa peradangan baik, terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika sel manusia terkena Cordyceps, protein khusus yang meningkatkan peradangan dalam tubuh menjadi tertekan. 

Berkat efek potensial ini, para peneliti percaya Cordyceps dapat berfungsi sebagai suplemen atau obat anti-inflamasi yang berguna. Faktanya, Cordyceps telah terbukti mengurangi peradangan pada saluran udara tikus, menjadikannya sebagai terapi potensial untuk asma. Namun, jamur tampaknya kurang efektif daripada obat yang biasa diresepkan yang digunakan untuk meredakan area tubuh yang meradang.

4 dari 4 halaman

Dosis Konsumsi Jamur Cordyceps

Selalu berbicara dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengambil suplemen untuk memastikan bahwa suplemen dan dosisnya sesuai dengan kebutuhan pribadi. Tidak ada pedoman universal untuk dosis yang tepat dari suplemen cordyceps. Dosis bervariasi secara signifikan dalam penelitian yang mengamati cordyceps. 

Misalnya, penelitian tentang kinerja atletik menggunakan dosis satu gram hingga 4,5 gram setiap hari. Dalam beberapa penelitian pada hewan, dosis berkisar dari tiga gram per hari hingga 10 gram per kilogram (kg) berat badan per hari. Sebagai aturan praktis, jangan pernah menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan pada label produk atau seperti yang diinstruksikan oleh penyedia layanan kesehatan.

Hentikan dan beri tahu penyedia layanan kesehatan jika anda mengalami gejala atau efek samping yang tidak biasa setelah mengonsumsi cordyceps. Efek samping sering terjadi karena mengonsumsi dosis yang lebih tinggi dari biasanya. Karena ada kemungkinan mikotoksin, atau racun yang tumbuh pada jamur. Lebih banyak studi keamanan harus dilakukan pada cordyceps alami dan sintetis untuk membuktikan atau mendiskreditkan klaim ini. 

Uji coba manusia jangka panjang pada cordyceps belum selesai hingga saat ini, sehingga para peneliti tidak yakin dengan penggunaan jangka panjangnya. Perlu juga dicatat bahwa satu studi pada cordyceps liar menemukan bahwa jamur mungkin mengandung beberapa tingkat arsenik. Arsenik adalah logam alami yang dapat menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi.

Sekali lagi, diperlukan lebih banyak penelitian tentang keamanan cordyceps. Jadi sangat disarankan untuk hanya mengambil dosis Cordyceps yang direkomendasikan seperti yang tertera pada label. Konsultasikan juga dengan penyedia layanan kesehatan jika anda tidak yakin berapa banyak yang harus dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.