Sukses

Before Artinya Sebelum, Ini Arti Lain dan Fungsi dalam Kalimat

Sebagai kata hubung before artinya adalah sebelum. Selain memiliki fungsi sebagai kata hubung atau konjungsi, before juga memiliki fungsi sebagai pelengkap dan preposisi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kata hubung before artinya adalah sebelum. Selain memiliki fungsi sebagai kata hubung atau konjungsi, dalam bahasa Inggris, before juga memiliki fungsi sebagai pelengkap dan preposisi.

Before artinya lebih awal dari waktu atau peristiwa yang disebutkan. Sebagai contoh adalah kalimat, "Can you call me back before 5 pm, please?" Dalam kalimat tersebut, before artinya adalah waktu yang lebih awal dari 5 pm (pukul 5 sore).

Dalam kalimat, "I met her just before she left.", before artinya adalah waktu pertemuan yang terjadi lebih awal dari kepergian "she."

Contoh-contoh tersebut hanya menggambarkan fungsi before sebagai konjungsi, yakni penghubung antara satu klausa dengan klausa yang lainnya. Untuk lebih memahami fungsi kata before dan arti lainnya, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebagai konjungsi before artinya

Sebagian besar orang memahami before artinya sebelum. Ketika before artinya adalah sebelum, dengan kata lain, before sedang menduduki fungsi sebagai konjungsi dalam kalimat. Konjungsi adalah kata atau frasa yang menghubungkan kata, frasa, klausa, dan kalimat menjadi satu kesatuan yang memiliki korelasi.

Ada banyak sekali konjungsi dalam bahasa Inggris, termasuk before. Sebagai kata hubung atau konjungsi, before artinya adalah sebelum. dalam bahasa Inggris, kata before sering digunakan sebagai konjungsi subordinatif. Artinya, before digunakan untuk menghubungkan klausa dengan klausa lainnya dalam sebuah kalimat majemuk.

Sebagai konjungsi, before artinya sebelum, yang dipakai dalam simple past tense. Ini menunjukkan bahwa peristiwa kedua terjadi segera setelah yang pertama. Klausa di mana kata before berada, yang menunjukkan tindakan kedua, bisa diletakkan akhir atau di awal kalimat. Contoh:

1. Before she left, she gave everyone a present. (Sebelum dia pergi, dia memberi semua orang hadiah.)

2. She gave everyone a present before she left. (Dia memberi semua orang hadiah sebelum dia pergi.)

Berfore dalam Present Tense

Selain dalam bentuk past tense, kata before juga dapat digunakan dalam bentuk present tense. Ketika kita menggunakan kata before dalam klausa dalam present tense, klausa tersebut dapat merujuk ke masa depan. Contoh:

1. Before I go to work, I jog for at least an hour. (Sebelum saya pergi bekerja, saya jogging setidaknya satu jam.)

Dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa subjek "I" belum pergi bekerja, namun bentuk kalimatnya bukan seperti ini, "Before I will go to work …"

Before dalam Past Tense

Dalam bahasa Inggris, before kadang digunakan dalam bentuk past tense untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak atau mungkin tidak terjadi. Contohnya sebagai berikut:

1. Before I had a chance to thank him, he’d gone. (Sebelum aku sempat berterima kasih padanya, dia sudah pergi.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa, subjek "I" tidak atau belum berterima kasih kepada "he."

2. You’re interrupting her before she has even spoken. (Anda menyela dia bahkan sebelum dia berbicara.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa She tidak atau belum bicara.

3. Before he had finished his training, he was sacked. (Sebelum dia menyelesaikan pelatihannya, dia dipecat.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa masa training belum atau tidak selesai.

Just Before

Penggunaan before sebagai konjungsi bisa melibatkan adverb seperti just, immediately, shortly, dan long. Sebagai contoh sebagai berikut:

1. We got home just before it rained. (Kami tiba di rumah tepat sebelum hujan turun.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa subjek "We" sampai di rumah, hanya sesaat sebelum hujan turun. Artinya belum lama setelah sampai rumah, hujan turun.

3 dari 4 halaman

Sebagai reposisi before artinya

Selain memiliki fungsi sebagai konjungsi, before juga dapat berfungsi sebagai preposisi dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Preposisi atau kata depan adalah kata yang merangkaikan kata-kata atau bagian kalimat dan biasanya diikuti oleh nomina atau pronomina. Preposisi dalam bahasa Inggris yang kita kenal contohnya adalah, in, on, under, at, next to, dan sebagainya.

Before juga memiliki fungsi sebagaimana preposisi di atas. Dengan kata lain, before dapat digunakan untuk merujuk pada tempat tertentu, misalnya seperti contoh berikut:

1. Get off the bus just before Euston Station. (Turun dari bus tepat sebelum Stasiun Euston.).

2. Just before the end of the poem, there is a line where the poet expresses his deepest fears. (Tepat sebelum akhir puisi, ada baris di mana penyair mengungkapkan ketakutannya yang terdalam.)

3. Watching the clock on my bedside table, I saw the numbers change before my eyes with painfully unhurried pace. (Melihat jam di meja samping tempat tidur saya, saya melihat angka-angka berubah di depan mata saya dengan kecepatan yang sangat tidak tergesa-gesa.)

4 dari 4 halaman

Sebagai pelengkap/adjunct before artinya

Dalam bahasa Inggris kata before juga bisa berfungsi sebagai pelengkap atau adjunct. Sebagai adjunct, before berfungsi untuk menghubungkan peristiwa yang terjadi lebih awal, dengan hal yang baru saja dibicarakan maupun titik waktu di masa lalu. Berikut contohnya:

1. I’m so looking forward to the trip. I haven’t been to Latin America before. (Saya sangat menantikan perjalanan ini. Saya belum pernah ke Amerika Latin sebelumnya.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa hingga saat subjek "I" berbicara, dia sama sekali belum pernah ke Amerika Latin.

2. I introduced Tom to Olivia last night. They hadn’t met before. (Saya memperkenalkan Tom ke Olivia tadi malam. Mereka belum pernah bertemu sebelumnya.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Tom dan Olivia belum saling kenal, sampai dikenalkan oleh subjek "I", yang mana perkenalan itu di masa lalu.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa before artinya adalah sebelum. Namun before memiliki banyak fungsi, yakni sebagai konjungsi, preposisi, dan adjunct atau pelengkap. Meski before artinya adalah sebelum, namun ketika menduduki fungsi sebagai preposisi, before artinya bisa sebelum, atau juga bisa diartikan di hadapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.