Sukses

Cara Membuat Biografi yang Menarik, Berikut Langkah-Langkah yang Perlu Diperhatikan

Hal utama yang perlu diperhatikan pada cara membuat biografi adalah objektivitas.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat biografi harus dikuasai oleh seorang penulis sebelum membuatnya. Biografi adalah sebuah karya tulis yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, yang dibuat oleh orang lain. Sedangkan karya tulis yang menceritakan kehidupan seseorang yang ditulis sendiri disebut autobiografi. 

Mengetahui cara membuat biografi dapat memudahkan proses penyusunannya. Biografi dapat berisi cerita kehidupan seseorang secara menyeluruh maupun hanya pada perjalanan hidup tertentu saja. Biografi mencakup informasi tentang latar belakang keluarga, pendidikan, karir, prestasi, kontribusi, dan peristiwa penting lainnya yang terjadi dalam kehidupan seseorang.

Umumnya biografi ditulis dalam bentuk buku, namun biografi juga dapat ditemui dalam bentuk artikel, unggahan di blog, atau bentuk media cetak maupun digital lainnya. Tujuan dari sebuah biografi adalah untuk memberikan gambaran yang utuh tentang kehidupan seseorang dan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kontribusi atau prestasi yang telah dicapai oleh seseorang. Berikut cara membuat biografi dan hal yang perlu diperhatikan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Biografi yang Menarik: Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam pembuatan biografi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa biografi yang dibuat adalah akurat, obyektif, dan menarik untuk dibaca. Sebelum mengetahui cara membuat biografi lebih jauh, berikut hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan biografi.

1. Objektivitas

Hal utama yang perlu diperhatikan pada cara membuat biografi adalah objektivitas. Biografi harus ditulis tanpa bias atau pandangan subjektif, dan harus menyajikan fakta yang sebenarnya tanpa menyembunyikan atau mengubahnya.

2. Sumber Informasi yang Valid

Dalam mengumpulkan informasi untuk biografi, sangat penting untuk menggunakan sumber yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Buku, artikel, wawancara, dan dokumen resmi merupakan sumber yang dapat diandalkan, sementara sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan seperti blog atau situs web yang tidak dapat dipercaya harus dihindari.

Jika memungkinkan, menggali informasi dari subjek biografi langsung akan membantu untuk memperoleh informasi yang lebih akurat dan memahami subjek biografi dengan lebih baik.

3. Verifikasi Fakta

Sebelum menulis biografi, pastikan untuk memverifikasi setiap fakta yang digunakan dan pastikan bahwa semua kutipan yang digunakan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini akan memastikan bahwa biografi yang dibuat adalah akurat dan dapat dipercaya.

4. Jaga Privasi

Dalam menulis biografi, penting untuk menghormati privasi subjek biografi dan tidak mengungkapkan informasi pribadi yang tidak perlu. Jangan mengungkapkan informasi yang dapat menyakiti atau merugikan orang lain, selalu pastikan untuk menjaga kerahasiaan dan privasi subjek biografi.Hal ini akan menghindari masalah hukum dan juga menghormati privasi subjek biografi.

5. Susun Dengan Baik

Informasi dalam biografi harus disusun dengan baik dan jelas, mulai dari latar belakang keluarga dan pendidikan, hingga prestasi dan kontribusi yang dicapai. Ini akan membuat biografi lebih mudah dibaca dan diterima oleh pembaca.

6. Buat Judul yang Menarik

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya pada cara membuat biografi adalah memilih judul yang menarik. Judul biografi harus menarik dan menggambarkan isi dari biografi. Judul yang menarik akan menarik perhatian pembaca dan membuat biografi lebih menarik untuk dibaca.

7. Jangan Terburu-butu

Ingatlah bahwa menulis biografi adalah proses yang panjang dan memakan waktu. Jangan merasa terburu-buru untuk menyelesaikannya. Pastikan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk menyusun informasi, menulis, dan merevisi biografi sebelum mempublikasikannya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Biografi: Tahapan

1. Tentukan Subjek Biografi

Cara membuat biografi yang pertama, tentukan siapa yang akan menjadi subjek biografi. Ini bisa menjadi seseorang yang dikenal secara pribadi oleh penulis atau seseorang yang dimati karena kontribusi atau prestasinya dalam bidang tertentu. Pastikan bahwa subjek biografi adalah seseorang yang memiliki cerita yang menarik dan layak untuk ditulis.

2. Temukan Sumber Informasi

Setelah menentukan subjek biografi, carilah sebanyak mungkin sumber informasi yang berhubungan dengan subjek tersebut. Ini bisa berupa buku, artikel, wawancara, dokumen resmi, atau sumber lain yang dapat memberikan informasi yang relevan. Jangan lupa untuk mencatat sumber-sumber tersebut sehingga dapat mencantumkannya dalam biografi.

3. Periksa Fakta dan Kutipan

Pastikan bahwa semua fakta dan kutipan yang digunakan dalam Biografibenar dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan ragu untuk menghubungi subjek biografi atau sumber lain untuk memverifikasi informasi yang mungkin diragukan.

4. Buat Outline

Susunlah informasi yang didapatkan ke dalam beberapa kategori, seperti latar belakang keluarga dan pendidikan, prestasi dan pencapaian, kontribusi dalam bidang tertentu, serta peristiwa penting lainnya yang terjadi dalam kehidupan subjek biografi. Outline ini akan menjadi kerangka dasar dalam menulis biografi.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Biografi: Tahapan

5. Buat Draft

Cara membuat biografi selanjutnya, mulailah menulis biografi dengan menggunakan outline yang sudah disusun. Jangan lupa untuk menambahkan detail yang menarik dan mencantumkan sumber yang digunakan. Ingatlah bahwa biografi adalah sebuah cerita, sehingga pastikan untuk menuliskannya dengan gaya yang menarik dan mudah dibaca.

6. Tambahkan Gambar

Jika Membuat biografi dalam bentuk buku atau artikel, pastikan untuk menambahkan gambar yang sesuai untuk menambah kesan visual pada biografi.

7. Revisi dan Sunting

Baca ulang draft yang sudah dibuat dan perbaiki kesalahan-kesalahan gramatikal, ejaan, dan struktur kalimat. Ini juga merupakan kesempatan untuk menambahkan informasi yang mungkin terlewatkan atau untuk mengurangi informasi yang tidak perlu.

8. Pilih Judul yang Menarik

Judul adalah elemen penting dari biografi, karena itu pastikan untuk membuat judul yang menarik dan menggambarkan isi dari biografi.

9. Publikasikan 

Setelah selesai menulis, cara membuat biografi yang terakhit penulis dapat menerbitkan biografi dalam bentuk buku, artikel, atau blog post. Penulis juga dapat mengirimkannya ke media massa atau mengirimkannya ke penerbit untuk dipublikasikan. Jangan lupa untuk memberikan kredit yang sesuai kepada sumber-sumber yang digunakan dalam biografi. Setelah selesai, promosikan biografi melalui media sosial, pameran buku, atau acara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.