Sukses

Profil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sejarah, dan Perkembangannya

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah institusi perkuliahan yang Unggul dan Islami.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah institusi perkuliahan yang Unggul dan Islami. Kampus UMY telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan dan bertaraf internasional untuk menunjang masa depan mahasiswa dan mahasiswinya. 

Kehidupan kampus telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman. Program yang ditawarkan kampus UMY yaitu program vokasi, sarjana, pascasrjana, profesi, hingga program studi internasional.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memfasilitasi mahasiswa dan mahasiswi dengan menghadirkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Mahasiswa. Hal ini guna mencetak mahasiswa dan mahasiswi berprestasi serta mengenal seluruh dosen di universitas lebih dekat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (18/1/2023) tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Visi

Menjadi Universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan berstandar internasional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

2. Menyelenggarakan penelitian berbasis keunikan lokal dalam penyelesaian permasalahan bangsa dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan masyarakat secara utuh dan berkelanjutan.

4. Melakukan peran sebagai pusat pengembangan nilai-nilai Islam dan gerakan Muhammadiyah.

Tujuan

Terwujudnya sarjana yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia yang mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi umat, bangsa, dan kemanusiaan.

Tujuan Umum

1. Menguasai, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dijiwai oleh nilai kemanusiaan, akhlakul karimah dan etika yang bersumber pada ajaran Islam serta memupuk ke-Ikhlasan, melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar yang relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa. 2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang menjadi rujukan pada tingkat nasional dan internasional.

3 dari 5 halaman

Sejarah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

1981-1985

- Gagasan untuk mendidirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di ibukota-nya Muhammadiyah akhirnya berhasil diwujudkan pada tanggal 1 Maret 1981 sesuai dengan keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY). 

- Tepat pada 1 November 1981 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memulai kegiatan akademik dan perkuliahan pertama, dilaksanakan di Gedung SPG Muhammadiyah (Kampus Pertama UMY) dengan status pinjam sementara. Pada tahun 1984 maka diresmikan Fakultas Pertanian UMY yang menaungi program studi budidaya taman dan sosial ekonomi pertanian. 

- Pada bulan Maret 1985 Program Studi Teknik Sipil, Ekonomi Manajemen, Hukum Tata Negara, serta Isipol Hubungan Internasional. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil mendapatkan status terdaftar dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta. 

- UMY yang semula melakukan aktivitas perkuliahan di SMA II Muhammadiyah setelah beralih dari SPG Muhammadiyah, berhasil membangun gedung perkuliahan pertama pada 14 Juli 1985 di Timur Lapangan ASRI yang sekarang dikenal dengan Asri Medical Center Yogyakarta.

1986-1990

- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berinisiasi mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang pertama kali dilakukan pada tahun 1986.

- Pada tahun akademik 1987/1988 UMY, kembali membuka dua jurusan baru yakni Ilmu Pemerintahan dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Pendidikan Agama Islam dibawah Fakultas Tarbiyah. 

- Pada tahun ajaran 1987/1988 angka kenaikan calon mahasiswa baru mencapai 200% lebih banyak dari awal dibukanya kampus ini. 

- Wisuda pertama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan pada 3 Mei 1988 dengan mewisuda 23 sarjana yang terdiri dari orang sarjana negara, 13 sarjana lokal, dan sisanya adalah sarjana muda negara yang mana upacara dilakukan di Kampus UMY Jl. HOS Cokroaminoto yang sekarang dikenal sebagai Asri Medical Center (AMC). 

- Pada tahun 1990 UMY ditetapkan sebagai lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-42 yang pada akhirnya bedampak luar biasa bagi pengembangan kampus ini. 

1991-1995

- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terus meningkatkan kualitas dengan meningkatknya status Jurusan Manajemen (Fakultas Ekonomi), Jurusan Sosial Ekonomi dan Jurusan Budidaya Tanaman (Fakultas Pertanian), Jurusan Hubungan Internasional (Fakutlas Ilmu Sosial dan Politik), dan Jurusan Dakwah (Fakultas Agama Islam), dari terdaftar menjadi diakui pada tahun 1992.

- Pada tanggal 1 Februari 1994 PT Encona Engineering selaku konsultan menyeminarkan draf rencana induk (masterplan) pembangunan kampus terpadu untuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga turut melakukan pengembangan minat dan bakat terhadap mahasiswa, oleh karena itu pada tahun 1995 dibentuklah Kelompok Paduan Suara dan Musik yang sekarang dikenal dengan sebutan PSM SunShine Voice UMY.

4 dari 5 halaman

Perkembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

1996-2000

- Sampai pada tahun akademik 1996/1997, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terdapat Sembilan jurusan dan satu fakultas yang statusnya disamakan, jurusan tersebut yakni Jurusan Manajemen dibawah Fakultas Ekonomi; Jurusan Budidaya Tanaman dan Sosial Ekonomi Pertanian dibawah Fakultas Pertanian; Jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Pemerintahan dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik; Jurusan Teknik Sipil, dibawah Fakultas Teknik; Jurusan Pendidkan Agama Islam dan Komunikasi dan Penyiaran Islam dibawah Fakultas Agama Islam; dan Fakultas Hukum

- Tepat pada tanggal 17 Agusuts 1997, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meresmikan kampus terpadu yang terletak di Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

- Pada tahun 1997 berdirilah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) “Nuansa”, Drum Corps, Kelompok Paduan Suara, Seni Rupa, Fotografi, dan Musik.

- Pada tahun 1997 kampus terpadu memiliki dosen sebanyak 218 yang terdiri dari 185 dosen tetap yayasan dan 33 dosen negeri yang dipekerjakan serta karyawan administratif UMY sebanyak 287 orang.

2001-2005

- Pada tahun 2000, UMY menandatangani nota kesepahaman dengan Suranaree University of Technology, Perjanjian kerjasama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa, dosen, bahan-bahan Pendidikan, materi riset, publikasi dan informasi, koint research, seminar dan workshop.

- Pada tahun 2001 UMY menambahkan Program Pascasarjana Magister Studi Islam (PPs-MSI) ke dalam salah satu program studinya. Program Magister Studi Islam UMY memiliki dua konsentrasi, yaitu Psikologi Pendidikan Islam dan Pemikiran Hukum Islam.

- UMY kembali menyelesaikan pembangunan satu unit gedung administrasi fakultas berlantai lima berhasil diselesaikaan. Selain itu, empat unit gedung perkuliahan berlantai tiga bagi mahasiswa eksakta berhasil juga diselesaikan pada tahun 2001.

- Pada tahun 2003, UMY berhasil menyelesaikan pebangunan satu gedung administrasi fakultas berlantai lima dan enam unit gedung perkuliahan berlantai tiga yang ditujukan untuk mahasiswa eksakta. Begitupula dimulainya pembangunan Masjid Kampus K.H. Ahmad Dahlan.

- Pada tahun 2004, UMY menambahkan Program Magister Manajemen (MM UMY).

2006-2010

- Pada tahun 2006 Program Magister Manajemen UMY (MM UMY) mendapatkan akreditasi B oleh BAN PT melalui Surat Keputusan No. 001/BAN-PT/Ak-V/2006.

- Pada tahun 2006, UMY menambahkan program studi doktor dengan dua konsentrasi yaitu Psikologi Pendidikan dan Politik Islam.

- Pada tahun 2008, UMY berhasil menyelesaikan 3 unit Gedung asrama yang disebut dengan University Residence (UNIRES). UNIRES memiliki 4 lantai dengan 288 kamar dengan kapasitas hunian 576 mahasiswa. Selain itu, pada tahun ini pula UMY berhasil menyelesaikan pembangunan Masjib Kampus UMY yang kemudian diberi nama dengan Masjid “Al-Itqon”.

- Pada tahun 2010 secara resmi FK UMY mengubah statusnya menjadi FKIK (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) UMY setelah bergabungnya prodi farmasi dan Program Magister Manajemen Rumah Sakit (Master of Health Administration).

- UMY membuka beberapa kelas Internasional. Hingga tahun 2010 UMY memiliki tiga kelas internasional yang dalam proses pembelajarannya menggunaan bahasa Inggris. Yaitu Jurusan Hubungan Internasional dengan nama IPIREL, Ilmu Hukum dengan nama IPOLS, dan Ilmu ekonomi dnegan nama IPIEF.

5 dari 5 halaman

Makna Lambang UMY

Lambang UMY berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar ke segenap penjuru, dengan warna kuning keemasan, diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah. Di tengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah dengan huruf arab yang berarti pengikut Nabi Muhammad SAW. 

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab: "Asyhadu Anlaa ilaaha illa Allah", yang artinya "Saya bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah". Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat rasul dengan huruf arab: "wa Asyahadu anna Muhammadan Rasulullah", yang artinya "dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad SAW adalah utusan Allah". 

Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang di temuinya (Al-Anfal:24).

Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa AS yang senantiasa siap berjuang demi kemuliaan Agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam Amar ma'ruf nahi munkar di mana dan kapanpun juga dengan dilandasi motivasi semata-mata mencari keridlaan Allah SWT (As-Shaff:14).

Lambang Matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UMY merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah berdiri di bawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak, dan aktivitasnya senantiasa wajib diselaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Padi dan kapas yang melingkari matahari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, bertujuan untuk terwujudnya sarjana muslim berakhalq mulia, yaitu cendikiawan yang siap mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi, yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur sejahtera.

Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesia. dan sekaligus melambangkan dinul islam yang ditegakkan di atas lima prinsip.

Di luar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau daun, melambangkan sifat kesabaran, ketelitian dan keihlasan, artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan keihlasan semata-mata mencari Ridla Allah SWT.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.