Sukses

Verba Adalah Kata Kerja, Kenali Fungsi, Macam Dan Contohnya

Verba adalah nama lain dari kata kerja, berikut ini pengertian verba, fungsi verba, macam-macam verba beserta dengan contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Verba adalah nama lain dari kata kerja, jadi verba adalah kelompok kata yang digunakan untuk menunjukan perbuatan, tindakan, pengalaman dan keberadaan. Verba adalah salah satu bagian penting dalam suatu kalimat, karena tanpa adanya verba maka suatu kalimat yang lengkap tidak akan bisa dibentuk. 

Sebagai pembelajar bahasa, anda mungkin sudah cukup familiar dengan konsep mengklasifikasikan kata ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan bentuk dan fungsinya, seperti kata mana yang merupakan kata sifat dan mana yang merupakan kata benda, kata keterangan ataupun kata kerja. 

Mengetahui verba memungkinkan pembelajar untuk menguasai sufiks, prefiks, struktur sintaksis dan tata bahasa mana yang diperlukan untuk membentuk kalimat yang akurat. Sangat penting bagi siswa untuk dapat dengan cepat mengenali kata kerja, memahami dan mengingat berbagai aturan terkait dan menerapkan pengetahuannya dengan benar ke dalam kalimat.

Lantas bagaimana cara yang benar dalam menggunakan verba? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (16/1/2023) pengertian verba, fungsi verba, macam-macam verba beserta dengan contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Verba

Dalam bahasa Inggris  atau bahasa apa pun, verba adalah bagian penting dari ucapan, yang tanpanya tidak mungkin untuk menunjukkan apa yang dilakukan subjek. Verba merujuk pada semua tindakan, termasuk yang terkait dengan perasaan dan emosi. 

Verba datang dalam berbagai jenis dan bentuk sehingga mereka dapat tampil berbeda untuk memberikan makna yang lengkap. Sebelum kita melihat jenis kata kerja dan bentuk kata kerja , mari kita lihat bagaimana berbagai kamus mendefinisikan istilah 'kata kerja'.

Kamus Pelajar Oxford mendefinisikan verba adalah kata atau kelompok kata yang menyatakan suatu tindakan, peristiwa atau keadaan. Sedangkan menurut Kamus Cambridge, verba adalah kata atau frase yang menjelaskan suatu tindakan, kondisi atau pengalaman.

Kata kerja adalah kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan, seperti berenang, mengemudi, mengajar, dan berjalan. Sebuah kalimat hanya dapat dianggap lengkap jika memiliki setidaknya satu kata kerja. 

Kata kerjanya bisa berupa kata kerja tindakan atau kata kerja penghubung yang menghubungkan subjek kalimat dengan informasi tambahan mengenai subjek. Informasi tersebut menceritakan lebih banyak tentang subjek.

3 dari 5 halaman

Jenis Verba

Terdapat empat jenis verba yang sering kita temui dalam suatu kalimat. Yaitu intransitif, transitif, linking dan pasif. Apa pun jenis verbayang anda gunakan, kata tersebut adalah inti dari kalimat, memberi mereka gerakan dan kehidupan.

1. Intransitif

Kategori kata kerja ini menjelaskan kata kerja aktif yang menggambarkan tindakan tanpa objek . Sebuah kalimat dapat dibentuk hanya dengan menggunakan subjek dan kata kerja. Mungkin ada kata keterangan atau pengubah setelah kata kerja, tetapi tidak ada yang diperlukan untuk membentuk kalimat lengkap.

Contoh:

- Saya Nyanyi

- Saya bernyanyi di atas panggung.

- Saya menyanyikan lagu favorit saya.

2. Transitif

Kata kerja transitif menggambarkan tindakan yang membutuhkan penerima, biasanya objek. Kalimat yang mengandung kata kerja transitif tidak lengkap dengan subjek dan kata kerjanya saja, jenis verba ini membutuhkan kata benda, kata ganti atau klausa kata benda.

Contoh:

- Saya membuka pintu.

- Saya menemukannya.

- Saya pikir anda mungkin menyukai sesuatu.

3. Linking

Kata kerja yang menghubungkan biasanya menggambarkan salah satu indera (seperti rasa, bau, atau tampilan) dan sejumlah kata kerja lainnya (seperti tetap, menjadi, tampak, dan menjadi). Anda harus selalu menggunakan kata kerja penghubung dengan kata benda, frase kata benda atau kata sifat. Kalimat itu membutuhkan pelengkap agar benar.

Contoh:

- Saya merasa sehat.

- Saya adalah seorang mahasiswa teknik.

- Sepertinya kita perlu belajar lebih banyak.

4. Pasif

Kata kerja pasif memungkinkan subjek menjadi penerima tindakan daripada orang yang melakukannya. Dalam bahasa Inggris jenis kata kerja ini biasanya terdiri dari satu bentuk kata kerja 'menjadi' ditambah kata kerja yang diakhiri dengan '-ed' atau '-en'.

Contoh:

- Batu-batu dilemparkan untuk memecahkan jendela.

- Banyak pertanyaan yang diajukan selama wawancara.

- Masuk ditolak jika anda tidak berpakaian sesuai ketentuan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Verba

Frasa Verba juga dapat didefinisikan sebagai bagian dari klausa atau kalimat yang terdiri dari kata kerja dan, pada saat yang sama, menjelaskan lebih banyak informasi tentang subjek. Ini juga dapat digambarkan sebagai frasa yang bertindak sebagai kata keterangan atau kata sifat dan terdiri dari kata kerja dan pelengkapnya, yang dapat berupa pengubah atau objek.

1. Sebagai Predikat Kalimat

Mari kita lihat beberapa contoh verb phrase dimana verba phrase berfungsi sebagai predikat dari sebuah kalimat. Di sini, frase kata kerja terdiri dari kata kerja utama dan kata kerja bantu (juga dikenal sebagai kata kerja bantu ).

- Dia berjalan cepat ke bank.

- Dia harus menunggu sebelum dia bisa berlatih mengemudi.

- Anda harus mencuci pakaian anda sekarang.

- Lulusan sedang menulis CV.

- Sepatu ini mungkin bernilai ribuan dolar.

- Para karyawan itu tidak berusaha terlalu keras.

2. Sebagai Adverb atau Adjective

Frasa kata kerja dengan fungsi tunggal dapat bertindak sebagai kata keterangan atau kata sifat. Ungkapan tersebut akan terdiri dari kata kerja, pengubah, pelengkap, atau bahkan objek. Ini diilustrasikan dalam contoh berikut:

- Akhirnya, kami mampu membeli mobil baru.

- Bocah berkulit coklat itu enggan mempelajari istilah- istilah bahasa Inggris yang baru.

- David membuka jendela untuk membiarkan udara segar masuk.

- Ketika dia datang, kami akan mengunjungi ayah saya.

- Untuk mengirim uang, anda memerlukan sejumlah kredit di akun anda.

- Saat guru memperhatikan, dua anak laki-laki memperebutkan sebuah buku .

- Berjalan di tengah hujan, Agus terpeleset dan jatuh.

5 dari 5 halaman

Contoh Verba

Contoh Verba Adalah:

1. Yawn, Yawned, Yawned, Yawning: Menguap

2. Zoom, Zoomed, Zoomed, Zooming: Memperbesar

3. Swim, Swam, Swum, Swimming: Berenang

4. Take, Took ,Taken, Taking: Mengambil

5. Note, Noted, Noted, Noting: Mencatat

6. Notice, Noticed, Noticed, Noticing: Mengetahui

7. Ignore, Ignored, Ignored, Ignoring: Mengabaikan

8. Join, Joined, Joined, Joining: Bergabung

9. Enjoy, Enjoyed, Enjoyed ,Enjoying: Menikmati

10. End, Ended ,Ended, Ending: Mengakhiri

11. Accept, Accepted, Accepted, Accepting: Menerima

12. Add, Added, Added, Adding: Menambahkan

13. Feel, Felt, Felt: Feeling Merasa

14. Find, Found, Found: Finding Menemukan

15. Kick, Kicked, Kicked, Kicking: Menendang

16. Laugh, Laughed, Laughed, Laughing: Tertawa

17. Quit, Quit, Quit, Quitting: Keluar

18. Read, Read, Read, Reading: Membaca

19. Work, Worked, Worked, Working: Bekerja

20. Yell, Yelled, Yelled, Yelling: Berteriak

21. Talk, Talked ,Talked, Talking: Berbicara

22. Use, Used, Used, Using: Memakai

23. Observe, Observed, Observed, Observing: observasi

24. Pay ,Paid, Paid, Paying: Membayar

25. Put, Put,  Put,  Putting: Meletakan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.