Sukses

Seni Rupa Murni Adalah Karya Mengutamakan Keindahan, Berikut Contohnya

Seni rupa murni adalah seni mengenai pembuatan barang yang indah-indah.

Liputan6.com, Jakarta Seni rupa murni adalah salah satu karya seni yang lebih mengutamakan keindahan dan keunikan. Karya seni ini sangat berbeda dengan karya seni rupa terapan. Adanya corak, gaya, dan tema dalam pembuatannya membuat karya seni rupa ini sangat populer dikalangan seniman. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi atau KBBI, pengertian seni rupa murni adalah seni mengenai pembuatan barang yang indah-indah (seni lukis, seni pahat, dan sebagainya). Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seni rupa murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Contoh yang paling banyak digemari untuk seni rupa murni adalah  lukisan, patung, arsitektur, musik dan puisi dengan seni seni minor termasuk drama dan tari.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian seni rupa murni dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Seni Rupa Murni

Dalam buku berjudul Seni Rupa dan Seni Teater SMA Kelas XII karya Drs. Margono dkk dijelaskan, pengertian seni rupa murni (fine art) adalah karya seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan, bukan menggutamakan fungsinya.

Definisi lain, seni rupa murni adalah  seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan seni terapan, seni murni tidak untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu lain. Yang dimanfaatkan pada seni ini adalah nilai keindahannya.

Untuk itu, semua hasil dari karya seni rupa hanya untuk dipajang ataupun koleksi bagi para seniman. Karya seni rupa murni yang paling populer di kalangan seniman adalah lukisan, patung, kaligrafi, hingga arsitektur.

3 dari 4 halaman

Contoh Seni Rupa Murni

Adapun beberapa contoh dari seni rupa murni adalah sebagai berikut ini:

1. Lukisan

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah lukisan. Beberapa contoh karya seni lukis tradisional dapat dilihat di berbagai daerah di Indonesia seperti seni lukis kaca di Cirebon, seni lukis Kamasan di Bali, lukisan pada kulit kayu yang dibuat masyarakat di Irian Jaya dan lain sebagainya.

Selain itu, contoh karya seni rupa murni dari lukisan yang dibuat pada kanvas dapat disebut sebagai seni lukis modern. Beberapa seniman seni lukis modern Indonesia yang namanya sudah dikenal di mancanegara di antaranya Affandi, Popo Iskandar, Fajar Sidik, Nanna Banna dan masih banyak lainnya.

2. Patung

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah patung. Di setiap benua, seni patung memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan sejarah masing-masing yang juga berbeda. Bahkan seiring berjalannya waktu, di mana seni kontemporer mulai berkembang pesat, kini patung sebagai contoh dari karya seni rupa murni justru banyak dijadikan sebagai seni pertunjukan.

3. Grafis

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah grafis. Mirip dengan lukisan, seni grafis merupakan salah satu jenis karya dua dimensi. Dalam proses membuatnya, seni rupa ini memakai teknik cetak.

Cara tersebut bisa dilakukan secara modern atau memakai teknologi yang canggih. Selain itu, teknik cetak grafis sebagai contoh dari karya seni rupa murni adalah memakai teknik yang konvensional, antara lain sablon, monotype, cukil kayu, collagraph dan juga etsa.

4. Pertunjukan

Contoh dari karya seni rupa murni adalah pertunjukan. Kata pertunjukan dalam hal ini diartikan sebagai "sesuatu yang dipertunjukkan; tontonan (bioskop, wayang, dsb); pameran (barang-barang)." Sedangkan seni pertunjukan sebagai contoh dari karya seni rupa murni adalah bentuk sajian seni yang diperlihatkan atau dipertunjukkan kepada khalayak umum.

5. Relief

Contoh dari karya seni rupa murni adalah relief. Relief adalah seni rupa murni yang unik sebab gambar hasilnya bentuknya 3 dimensi atau yang disebut dengan trimatra. Tapi gambar relief sebagai contoh dari karya seni rupa murni yang dibuat di bidang 2 dimensi yang disebut dengan dwimatra.

6. Fotografi

Contoh dari karya seni rupa murni adalah fotografi. Fotografi berasal dari istilah Yunani yakni phos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti menggambar. Istilah tersebut pertama kali oleh Sir John Herschel pada tahun 1839. Arti kata fotografi adalah menggambar dengan cahaya.

7. Film

Contoh dari karya seni rupa murni adalah film. Film sebagai karya seni, merupakan hasil dari proses kreatif berbagai unsur di antaranya seni musik, seni rupa, seni suara, teater serta teknologi dengan kekuatan gambar sebagai bentuk visualisasinya. Film sebagai contoh dari karya seni rupa murni adalah berperan sebagai alat untuk mencurahkan ekspresi bagi penciptanya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai alat komunikator yang efektif. Dengan tujuan menghibur, mendidik, melibatkan perasaan, memicu diskusi dan lain sebagainya.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Masih banyak orang yang salah mengartikan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah karya seni yang hanya bisa dinikmati dari keindahan dan keunikannya, tanpa memiliki fungsi yang bisa menunjang kehidupan manusia.

Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang dibuat karena memiliki fungsional, meski bergitu, karya seni rupa ini juga memiliki keindahan, keunikan, dan bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.