Sukses

PT Asahimas Flat Glass Tbk, Perusahaan Bergerak di Industri Kaca dan Sertifikasi Mutunya

PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) adalah perusahaan yang bergerak di industri kaca, ekspor impor, dan sertifikasi mutu kaca.

Liputan6.com, Jakarta PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) adalah perusahaan yang bergerak di industri kaca dan sertifikasi mutu kaca. Produk perusahaan adalah kaca lembaran termasuk Mirror Glass dan Safety Glass termasuk Automotive Glass. Dulunya Perseroan ini adalah sebuah perusahaan yang berstatus Penanaman Modal Asing (PMA), didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 4 tanggal 7 Oktober 1971.

Berdasarkan Surat Pernyataan dari Ketua Badan Pengawas Pasar Modal, tanggal 18 Oktober 1995 PT Asahimas Flat Glass Tbk telah menawarkan 86.000.000 saham kepada masyarakat dan sejak 18 Desember 2000, dan telah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Perseroan ini terus berkembang, dan memperkuat pembangunan industri konstruksi dan otomotif, menciptakan permintaan untuk kaca lembaran dan menerapkan keselamatan kerja. 

Saat ini, Asahimas meningkatkan kapasitas produksi agregat terpasang sebesar 720.000 ton untuk Kaca Lembaran, 5.800.000 meter persegi untuk Safety Glass, dan 6.800.000 meter persegi untuk cermin. Jumlah kapasitas tahunan yang besar ini, menjadikan Asahimas tidak hanya sebagai produsen kaca terbesar di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

PT Asahimas Flat Glass Tbk didukung oleh pertumbuhan permintaan tahunan untuk kaca, konsumsi kaca rendah per kapita di daerah, dan bahan baku yang melimpah untuk kaca. Berikut ini profil PT Asahimas Flat Glass Tbk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Asahimas Flat Glass Tbk

PT Asahimas Flat Glass Tbk adalah produsen kaca terkemuka di dunia, yang didirikan oleh Mr. Toshiya Iwasaki pada tahun 1900-an. Pencarian untuk lokasi pabrik dimulai dengan mempertimbangkan area yang dapat mengakomodasi transportasi logistik, melalui pelabuhan dan ruang untuk ekspansi. Pada akhirnya, Amagasaki, Hyogo, dipilih sebagai lokasi pabrik yang baru. Lahan yang diperoleh pada bulan Agustus 1907 ini menjadi lokasi Pabrik Amagasaki, tempat lahirnya Asahi Glass.

Pada tahun 1970-an, AGC Inc. yang sedang mencari basis produksi baru di luar negeri setelah Thailand, bekerja sama mendirikan Asahimas Flat Glass, sebuah Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan PT Rodamas yang didirikan oleh seorang pengusaha bernama Mr. Tan Siong Kie.

PT Rodamas adalah kelompok usaha swasta Indonesia terkemuka yang memiliki minat pada produk industri dan konsumen. Asahimas memulai produksi kacanya pada April 1973, bermula dari kaca bening yang diproduksi menggunakan proses tradisional Fourcault, kemudia lini produknya dengan cepat berkembang dengan memasukkan produk-produk baru yang inovatif seperti Specialty Glass, Safety Glass, Kaca Reflektif dan Cermin.

Pada tahun 1975, perusahaan pertama kali membangun pabrik Safety Glass, dan langsung memulai produksi komersial menggunakan Proses Tempering pada tahun 1976. Pada tahun yang sama, Asahimas juga membangun Tungku ke-2 untuk Flat Glass di Jakarta dan memulai produksi komersialnya pada tahun 1977. Pada tahun 1981, Asahimas memperkenalkan teknologi Float di Tungku ke-3 barunya di Jakarta, yang merupakan pabrik dengan teknologi Float Pertama dari Asahimas.

 

 

3 dari 4 halaman

Produk Eksterior PT Asahimas Flat Glass Tbk

Adapun sejumlah produk yang dimiliki oleh PT Asahimas Flat Glass Tbk yang perlu Anda pahami diantaranya: 

a. Indoflot

Kaca clear dengan transparansi dan transmitansi yang luar biasa, serta memiliki cahaya optimal dan tidak memberikan efek bayangan. Selain itu, kaca ini juga dapat menggabungkan anda secara alami dengan lingkungan sekitar.

Indoflot memberi  cahaya alami yang melimpah dan keleluasaan melalui pemandangan yang luas dan jelas di depan Anda. Fitur kaca adalah clear transparan, yang dibuat dengan proses float sehingga memiliki tingkat kerataan yang presisi (permukaan halus), bebas distorsi, transmisi cahaya (di atas 90%) dari suatu refleksi gambar yang sempurna.

b. Panasap

Panasap adalah salah satu produk kaca penyerap panas terbaik, dengan beragam pilihan warna. Panasap adalah kaca yang dibuat melalui proses float dengan menambahkan material logam tertentu seperti mangan, kobalt, selenium, dan sebagainya guna mendapatkan warna-warna pilihan. Selain sebagai kaca penyerap panas yang baik, memiliki berbagai pilihan warna.

c. Stopsol

Stopsol adalah kaca dengan coating pyrolytic reflective, yang memiliki daya tahan lebih baik. Memadukan kemampuan solar control dengan estetika reflektif yang unik. Stopsol mudah digunakan untuk berbagai macam pilihan proses kaca dari tempered, laminated, lengkung dan printing sehingga menawarkan arsitek kreativitas tanpa batas untuk aplikasinya. Produk ini memberikan banyak pilihan proses lanjut kaca (tempered, laminated, IGU, dll), dan tersedia untuk penggunaan single glazing & IGU. 

d. Sunergy

Kaca Coating Low-ESunergy adalah kaca dengan tingkat refleksi cahaya yang rendah, yang menghasilkan penampilan luar biasa dan kenyamanan secara visual. Asahimas memperkenalkan Sunergy Cool, yaitu produk yang melengkapi seri Sunergy yang lebih dulu dikenal.

Sunergy Cool telah menghasilkan kinerja luar biasa, daya tahan dan estetika yang menyenangkan secara global, dengan SC (Shading Coefficient) yang sangat baik dan penampilan Neutral Greyish, Sunergy Cool dikembangkan dengan tren arsitektur saat ini. 

e. Planibel G

Planibel As menawarkan insulasi termal yang optimal, tanpa mengorbankan transparansi dan netralitas yang diinginkan konsumen dari bangunan mereka. Konsumen dapat menghemat penggunaan energi listrik dan mendapat manfaat dari peningkatan kenyamanan internal.

f. T-Sunlux

Temperable Magnetron Reflective Glass adalah produk kaca dengan Solar Control yang berperforma tinggi dalam mengurangi panas. Jenis kaca ini sangat cocok untuk aplikasi kaca arsitektur di mana banyak sinar matahari.

g. Sunlux Gold SS

Sunlux Gold SS adalah kaca tanpa lapisan perak dengan tampilan emas. Ini adalah bagian dari platform teknologi terbaru Asahimas untuk merancang produk berlapis, yang tidak hanya memberikan estetika emas untuk mengisi celah produk saat ini tetapi juga memiliki efisiensi dalam mengurangi panas. 

h. Stopray

Kaca Solar Control Low-E dengan Performa tinggi, akan memberikan selektivitas yang unggul (tingkat transparansi kaca tinggi dengan Shading Coefficient yang rendah), dengan mempertahankan penampilan yang netral. Stopray mampu memberikan penghematan energi maksimum yang dapat memenuhi atau melampaui persyaratan kode energi

4 dari 4 halaman

Produk Interior PT Asahimas Flat Glass Tbk

a. Lacobel

Refleksikan warna, dengan penggabungan antara keahlian dan teknologi terdepan, maka Asahimas secara inovatif menyajikan kaca Lacobel, kaca yang dicat yang pertama diproduksi massal di Indonesia. Melalui proses produksi Asahimas yang telah dikembangkan, maka dapat dipastikan konsistensi dan homogenitas setiap lembar kaca Lacobel. 

b. Mirror

PT Asahimas Flat Glass Tbk awalnya memiliki produk Dantalux dan Miralux untuk Mirror. Setelah pindah ke pabrik baru di Cikampek dengan teknologi baru, Asahimas menyederhanakan rangkaian produknya dengan produk terbaik.

Miralux terkenal di Indonesia sedangkan untuk ekspor dikenal dengan nama Mirox. Miralux dipatenkan oleh Asahimas tetapi pada tahun 2020, AGC memutuskan untuk produk cermin menggunakan Mirox. Karena itu Asahimas akan menggunakan merk yang sama dengan AGC untuk cermin, yakni Mirox.

Mirox New Generation Ecological (MNGE) dari AGC Eropa telah dikenal dengan baik secara global sejak diperkenalkan, berkat reputasi untuk kualitas dan kinerjanya.

AGC telah mengambil langkah lebih jauh untuk memproduksi Mirox MNGE di Asia (PT Asahimas Flat Glass Tbk, pabrik Cikampek) dengan teknologi AGC Eropa yang dipatenkan, menawarkan tingkat optimal yang sama kualitas dan layanan.

c. Decomirror

PT Asahimas Flat Glass Tbk memperkenalkan Decomirror kepada Anda, yaitu cermin unik untuk gaya hidup modern Anda. Decomirror diproduksi dengan mengaplikasikan lapisan perak, pada kaca warna Asahimas yang berkualitas tinggi. Decomirror tidak memiliki distorsi dan permukaannya benar-benar datar. 

d. Indofigur

Sebuah Karya seni dekoratif dan tembus pandang, di mana produk Perseroan diproduksi melalui pola yang dicetak pada roller, yang ditransfer ke permukaan kaca. Indofigur memiliki fungsi untuk menghalangi pandangan tetapi tetap memberikan cahaya yang masuk sehingga menciptakan atmosfer cahaya dan bayangan yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini