Sukses

Profil PT Soho Industri Pharmasi, Perusahaan Perawatan Kesehatan Di Indonesia

Profil PT Soho Industri Pharmasi, sejarah berdirinya PT Soho Industri Pharmasi, produk PT Soho Industri Pharmasi dan komitmen perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Soho Industri Pharmasi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri obat perawatan kesehatan di Indonesia. Telah berdiri lebih dari 70 tahun, PT Soho Industri Pharmasi saat ini berlokasi di JL. Rawa Sumur II Kav BB No. 3, Kawasan Industri Pulogadung, Kel. Jatinegara, Kec. Cakung, Jakarta Timur.

PT Soho Industri Pharmasi telah merintis berbagai penelitian herbal sebagai inti dari SOHO Global Health. PT Soho Industri Pharmasi memiliki tujuan untuk menjadi pelopor dalam pengobatan berbasisi herbal alami, yang proses pembuatannya menjunjung tinggi reputasi dalam keandalan, keahlian dan inovasi.

Saat ini, PT Soho Industri Pharmasi telah bekerja sama dengan beberapa outlet untuk mendistribusikan berbagai produk-produknya, yang terdiri dari Curcuma Plus, Imboost Force, Curcuma Plus Milk, Curcuma Group, Imboost, Asthin Group, Fitkom dan lain sebagainya.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Soho Industri Pharmasi yang Liputan6.com rangkum dari laman sohoglobalhealth.com tentang profil, sejarah berdirinya, produk dan komitmen perusahaan, Rabu (4/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Soho Industri Pharmasi

PT Soho Industri Pharmasi adalah perusahaan perawatan kesehatan terkemuka dengan sejarah lebih dari 70 tahun dan kompetensi inti di bidang produk dan layanan perawatan kesehatan alami/herbal. Hari ini kami menciptakan perusahaan nasional terkemuka yang dibangun di atas merek yang kuat dan cara inovatif dalam berbisnis.

PT Soho Industri Pharmasi  menawarkan platform unik dan terbaik di kelasnya dalam branding, sales dan marketing, manufaktur dan distribusi untuk mendukung pertumbuhan masa depan di pasar Indonesia. Didukung oleh lebih dari 2500 karyawan, SGH mempertahankan cakupan 90% dari dokter yang ditargetkan, sementara distribusi menjangkau lebih dari 41.000 outlet di seluruh negeri.

Tujuan: PT Soho Industri Pharmasi memiliki tujuan yang sederhana namun jelas, untuk menjaga kepedulian terhadap kehidupan manusia sebagai prioritas tertinggi perusahaan.

Visi: Menjadi pemimpin layanan kesehatan dan penyedia produk farmasi alami yang inovatif. Kami adalah perusahaan yang menghargai kesejahteraan masyarakat dan mempromosikan gaya hidup sehat dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial

Nilai Inti:

1. PT Soho Industri Pharmasi mematuhi standar perilaku etis tertinggi dalam lingkungan bisnis internal dan eksternal. Perusahaan berkomitmen untuk transparan dan patuh dalam semua proses perusahaan.

2. PT Soho Industri Pharmasi menghargai keragaman dalam kolaborasi tim dan membina hubungan saling percaya yang berkelanjutan dalam segala hal yang perusahaan lakukan.

3. PT Soho Industri Pharmasi mengaktifkan semangat dan pola pikir inovatif dalam segala hal yang perusahaan lakukan untuk terus meningkat. Perusahaan akan merangkul pemikiran kreatif dalam mengembangkan produk dan layanan baru, dan menemukan cara yang lebih baik untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan.

4. PT Soho Industri Pharmasi akan menanamkan budaya yang membutuhkan orang-orang disiplin yang terlibat dalam pemikiran disiplin dan kemudian mengambil tindakan disiplin untuk mencapai tujuan perusahaan, dan mengupayakan disiplin diri untuk mengikuti kebijakan dan prosedurnya.

Kode Etik dan Perilaku Bisnis:

Kode Etik dan Perilaku Bisnis adalah peta jalan perusahaan untuk mencapai tujuan dan visi kami dan memenuhi persyaratan Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Kode tersebut menyatakan komitmen SOHO Global Health kepada pemangku kepentingan kami yang berbeda. Ini juga menjelaskan ekspektasi kami terhadap karyawan dan menetapkan standar perilaku bisnis yang berlaku di seluruh SOHO Global Health Group.

Kode Etik ini menjabarkan prinsip-prinsip tentang cara kita menanggapi, cara kita berperilaku, dan keputusan apa yang harus kita ambil saat menangani masalah tertentu dalam praktik bisnis perusahaan. Ini memberikan panduan jika ada pertanyaan atau koreksi. Semua interaksi perusahaan dengan para pemangku kepentingan: pelanggan, mitra bisnis/penyedia sumber daya, masyarakat, pemerintah dan pengguna produk dan layanan

Alamat: JL. Rawa Sumur II Kav BB No. 3, Kawasan Industri Pulogadung, Kel. Jatinegara, Kec. Cakung, Jakarta Timur, Indonesia. 

Website: http://www.soho.co.id 

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Soho Industri Pharmasi

PT Soho Industri Pharmasi merupakan perusahaan perawatan kesehatan terkemuka dengan sejarah perjalanan lebih dari 70 tahun. Berikut ini lini masa sejarah perkembangan dan pertumbuhan PT Soho Industri Pharmasi.

Awal Tahun (1946 - 1990)

1946 : N.V. Ethica Handel Maatschappij (kini PT Ethica Industri Farmasi) didirikan oleh Tan Tjhoen Lim sebagai perusahaan farmasi yang berfokus pada produk injeksi

1951 : N.V. Soho Pharmaceutische Industrie en Handel Maatschappij (kini PT SOHO Industri Pharmasi) didirikan sebagai pionir dan pelopor dalam penggunaan produk alami di pasar obat resep

1956 : PT Parit Padang didirikan untuk melayani distribusi bagi Grup beserta usaha terkaitnya

 

Memperluas Portofolio (1991 - 2012)

1992 : PT SOHO Industri Pharmasi mengembangkan usahanya dengan memasarkan produk OTC.

2005 : Bisnis Alliance didirikan untuk menyediakan solusi layanan lengkap bagi perusahaan multinasional yang akan melakukan penetrasi ke pasar farmasi Indonesia

2006 : PT SOHO mengembangkan bisnis OTC  nya dengan meluncurkan produk Consumer Health dan memulai ekspor ke pasar internasional untuk pertama kalinya

2009 : PT Universal Health Network (“Unihealth”) didirikan untuk memperluas jangkauan kepada konsumen lewat jalur multi-level marketing/penjualan langsung

2012 : PT SOHO Global Medika didirikan untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan segmen peralatan medis dan alat kesehatan (alkes)

 

Era Baru SGH (2013 - Sekarang)

2013 : Ethica Fresenius Kabi (EFK) didirikan sebagai perusahaan patungan dengan Fresenius Kabi -  sebuah perusahaan kesehatan global yang menguasai pasar Generik Injeksi -  melalui pembelian 51% saham  PT Ethica Industri Farmasi. Natural Wellness: Mengembangkan potensi alam untuk Indonesia sehat

2015 : Menerapkan Purpose, Vision dan Core Values (PVCV) yang baru sebagai pedoman dalam mengembangkan bisnis yang berkesinambungan. Mengumumkan kemitraan dengan Quadria Capital, lembaga pendanaan khusus yang bergerak di bidang healthcare dengan spesialisasi di kawasan regional

2017 : SAP mulai diimplementasikan untuk PPG (Parit Padang Global) pada bulan Januari 2017, sementara SIP (SOHO Industri Pharmasi) sudah mengimplementasikan SAP sejak akhir 2015. Sistem manajemen perusahaan terpadu yang baru diharapkan untuk merampingkan proses bisnis, mendorong efisiensi dan memastikan integritas data dan akurasi di seluruh Perusahaan.

2020 : PT Soho Global Health Tbk (kode saham: SOHO), melakukan Pencatatan Saham Perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 8 September 2020.

4 dari 5 halaman

Produk PT Soho Industri Pharmasi

PT Soho Industri Pharmasi  telah memperluas bisnis dari produksi dan distribusi produk farmasi hingga pengobatan herbal berkualitas tinggi, obat-obatan eksklusif dan makanan kesehatan dengan berbagai nama merek. Berikut ini produk-produk dari PT Soho Industri Pharmasi :

- Curcuma Plus

- Imboost Force

- Curcuma Plus Milk

- Curcuma Group

- Imboost

- Asthin Group

- Fitkom

- Curvit

- Diapet

- Noroid

- Gastin Force

- Laxing

- Oste Group

- Lelap

- Matovit

- Asthma Soho

- Prospan

- Sohobion

- Probio Force

- Aquamaris

- Fucoidan

- BOOST D

- Biocurpain Force

- Dianeral

- Cester

- Enercore

- Fortibi

- Solac

- Memoran

- Dermakel

- Stobled

- Cinula

5 dari 5 halaman

Komitmen PT Soho Industri Pharmasi

Solusi perawatan kesehatan PT Soho Industri Pharmasi menyentuh kehidupan jutaan orang masyarakat di Indonesia, memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menghasilkan keuntungan ekonomi yang signifikan.

1. Pelanggan

PT Soho Industri Pharmasi beroperasi di bidang perawatan kesehatan dan setiap hari kami bekerja untuk membantu menyelamatkan nyawa orang.

PT Soho Industri Pharmasi  berjuang untuk memecahkan masalah kesehatan jutaan masyarakat Indonesia yang seringkali tidak memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Perusahaan selalu bertindak dengan integritas yang pantang menyerah dan menempatkan pelanggan dan pasien kami sebagai pusat dari apa yang kami lakukan.

2. Komunitas

SOHO Global Health beroperasi di bidang kesehatan dan PT Soho Industri Pharmasi berusaha untuk memecahkan masalah kesehatan jutaan orang Indonesia yang seringkali tidak memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Pahami bahwa SOHO Global Health saja tidak dapat menyelesaikan tantangan ini; kami bekerja dalam kemitraan yang erat dengan pemerintah, sistem perawatan kesehatan, dan pembuat keputusan lainnya untuk membantu memastikan bahwa solusi/perawatan kesehatan terjangkau secara berkelanjutan terutama dalam masalah stunting yang paling kami pedulikan.

Dalam upaya ini, perusahaan untuk memperluas akses kesehatan, perusahaan secara rutin mensponsori pengobatan gratis di beberapa wilayah Indonesia dengan fokus khusus pada masyarakat sekitar operasi perusahaan seperti Jakarta, Sukabumi, Bangka, Medan, Yogyakarta dan sekitarnya. 

Selain itu, SGH juga memberikan dukungan produk untuk organisasi amal terkait kesehatan termasuk Yayasan Kanker, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Panti Asuhan/Rumah Singgah dan sekolah di Indonesia. 

3. Peduli Planet

Fasilitas produksi perusahaan memiliki pabrik pengolahan air limbah khusus, kontrol yang memadai terhadap penyimpanan, penanganan, dan pembuangan bahan berbahaya yang digunakan dalam proses produksi dan mematuhi semua peraturan terkait.

Selain itu perusahaan juga mulai menerapkan prosedur untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah umum, juga memfokuskan inisiatif efisiensi sumber daya kami untuk mengubah penggantian bahan dari berbasis pelarut menjadi berbasis air.

Menunjukkan komitmen perusahaan terhadap masyarakat, lingkungan, dan standar tata kelola terbaik di kelasnya, perusahaan sangat bangga telah menerima Medali Perunggu untuk IBM Konsumen (Model Bisnis Berdampak) di bawah Peringkat GIIRS dengan peningkatan skor keseluruhan dari 82,6 pada 2018 menjadi 85,7 pada 2019. Peringkat GIIRS adalah standar emas untuk pengukuran dampak: peringkat yang ketat, komprehensif, dan dapat dibandingkan untuk dampak sosial dan lingkungan perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.