Sukses

Profil PT Pupuk Indonesia (Persero), Perusahaan Induk BUMN Bidang Pupuk di Indonesia

Profil PT Pupuk Indonesia (Persero), anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), produk dan layanan PT Pupuk Indonesia (Persero) serta kebijakan perusahaannya.

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Indonesia (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pupuk. Berkedudukan di Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) awalnya bernama PT Pupuk Sriwidjaja, yang dulunya merupakan perusahaan pupuk yang berbasis di Palembang.

Sejak berdiri hingga sekarang, PT Pupuk Indonesia (Persero) telah mengalami sejumlah transformasi, dimana PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan perubahan strategi dari strategic holding menjadi activist holding, yang berarti Pupuk Indonesia mempunyai peran lebih aktif dalam kegiatan bisnis perusahaan. 

Baik untuk perkembangan perusahaan, transformasi ini juga membuat PT Pupuk Indonesia menjadi perusahaan yang semakin customer centric, fokus pada riset dan pengembangan, mendorong keunggulan dalam kegiatan operasional dan rantai pasok, serta menjalankan program keberlanjutan dan circular economy.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang Liputan6.com rangkum dari laman pupuk-indonesia.com pada Selasa (3/1/2022). Profil PT Pupuk Indonesia (Persero), anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), produk dan layanan PT Pupuk Indonesia (Persero) serta kebijakan perusahaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Pupuk Indonesia (Persero)

Profil PT Pupuk Indonesia (Persero)

PT Pupuk Indonesia (Persero) berawal dari PT Pupuk Sriwidjaja (Persero). Pada tahun 2012, Perusahaan resmi berganti nama menjadi PT Pupuk Indonesia (Persero). Saat ini Pupuk Indonesia menaungi 10 anak usaha yang bergerak di bidang produsen pupuk, EPC, logistik, utilitas, pangan dan perdagangan.

PT Pupuk Indonesia (Persero) merupakan salah satu produsen pupuk terbesar di Asia. Grup terdiri dari perusahaan pupuk dan pestisida, perusahaan produk kimia, pendukung industri, dan perusahaan logistik dan perdagangan. Saat ini grup memiliki kapasitas produksi sebesar 22 juta ton per tahun yang terdiri dari 14 juta ton pupuk per tahun, dan 8,6 juta ton amoniak dan produk lainnya.

PT Pupuk Indonesia juga berperan aktif dengan fokus pada lima pilar strategis, antara lain: fokus pada pelanggan, fokus pada riset dan inovasi, keunggulan operasional dan supply chain, optimalisasi dan keamanan bahan baku, serta corporate sustainability dan ekonomi sirkular.

VISI : Perusahaan nasional kelas dunia untuk solusi nutrisi tanaman dan pertanian berkelanjutan yang mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial secara nasional.

MISI :

1. Menyediakan produk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang kompetitif sesuai kebutuhan konsumen melalui ekosistem pertanian berkelanjutan di seluruh Indonesia.

2. Memaksimalkan ekonomi sirkular sehingga memberikan manfaat ekonomi dan sosial serta nilai tambah bagi Indonesia.

3. Mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

4. Menjalankan bisnis dengan menerapkan teknologi terkini yang mengutamakan keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan dengan prinsip tata kelola yang baik dengan manajemen risiko yang efektif serta didukung oleh sumber daya manusia yang profesional.

5. Menciptakan budaya yang inovatif, kolaboratif, dan berkinerja tinggi untuk memastikan perusahaan yang berkelanjutan.

Nilai Perusahaan : 

- Amanah : Menjaga amanah yang telah diberikan

- Kompeten : Terus belajar dan kembangkan kemampuan

- Harmonis : Saling menjaga dan menghargai perbedaan

- Loyal : Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa

- Adaptif : Terus berinovasi dan semangat dalam bergerak atau menghadapi perubahan

- Kolaboratif : Bangun kolaborasi yang bersinergi

 

Alamat : Gedung Pusri. Jl. Taman Anggrek, Kemanggisan Jaya, Jakarta 11480 - Indonesia

WhatsApp : (+62) 811 9918 001

Telepon : (+62) 21 536 54 900

Email : info@pupuk-indonesia.com

3 dari 5 halaman

Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero)

Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero)

1. PT Petrokimia Gresik (PG)

Terletak di Gresik, Jawa Timur. Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk, pestisida, produk kimia dengan portofolio produk terlengkap. Itu juga pelopor pupuk NPK di Indonesia ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000.

2. PT Pupuk Kujang (PKC)

Terletak di Karawang, Jawa Barat. Pupuk Kujang merupakan produsen pupuk seperti urea, NPK dan pupuk formula kustomisasi, Pupuk Kujang juga memproduksi katalis untuk mendukung program green fuel dan ketahanan energi nasional.

3. PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Pupuk Kaltim merupakan produsen urea terbesar di Indonesia. Ini juga menghasilkan amonia, NPK dan produk lainnya. Didukung oleh lokasinya yang strategis, Pupuk Kaltim juga merupakan pengekspor utama urea dan amonia di Pupuk Indonesia Group

4. PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)

Terletak di Lhokseumawe, Aceh. PIM menghasilkan urea dan amonia. PIM saat ini mengembangkan klaster industri hijau untuk melestarikan dan meningkatkan kualitas lingkungan.

5. PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP)

Terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Pusri Palembang memiliki pabrik urea pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1959. Selain urea, Pusri Palembang juga memproduksi amoniak dan NPK

6. PT Rekayasa Industri (Rekind)

Berlokasi di Jakarta, PT Rekayasa Industri adalah pelopor perusahaan Engineering, Procurement and Construction (EPC) di Indonesia. Ini menyediakan layanan solusi teknik dan industri terintegrasi. Rekind telah memainkan peran penting dalam pengembangan banyak proyek strategis nasional.

7. PT Mega Eltra (ME)

Berlokasi di Jakarta, PT Mega Eltra merupakan Trading House Pupuk Indonesia Group, Trading House ini berfungsi sebagai sarana trading atau perantara komersial sekaligus pemasaran produk aggregator-consolidator dalam transaksi perdagangan.

8. PT Pupuk Indonesia Logistik (PILog)

PI Logistik merupakan anak perusahaan dari Pupuk Indonesia Ecosystem Group yang bergerak di bidang jasa pelayaran dan transportasi laut.

9. PT Pupuk Indonesia Utilitas (PIU)

PIU merupakan anak perusahaan di Pupuk Indonesia Group Ecosystem yang bergerak di bidang penyediaan jasa utilitas pabrik, memiliki 2 (dua) pembangkit listrik dengan total kapasitas 56 MW.

10. PT Pupuk Indonesia Pangan (PIP)

Berlokasi di Karawang, Jawa Barat, PI Pangan merupakan salah satu anak perusahaan Pupuk Indonesia Group yang bergerak di bidang usaha perdagangan.

4 dari 5 halaman

Produk PT Pupuk Indonesia (Persero)

Produk PT Pupuk Indonesia (Persero)

Pupuk Indonesia adalah pemimpin kelas dunia dalam riset dan inovasi. Produk pupuk Indonesia melindungi investasi petani dan menghasilkan tanaman berkualitas tinggi. Selain menyediakan pupuk berkualitas tinggi, pupuk Indonesia juga membantu petani mengendalikan dan membasmi hama dengan pestisida terbaik.  Pestisida yang kami produksi merupakan pestisida ramah lingkungan yang baik untuk ekosistem pertanian, sebagai investasi berharga bagi petani. 

Pupuk Indonesia berkomitmen untuk menjaga pelanggan di setiap langkah. Mulai dari pemilihan produk pupuk yang tepat, produk perawatan yang paling tepat, hingga membantu proses aplikasi pestisida yang paling optimal, semuanya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa dari generasi ke generasi.

A. Produk Pupuk Subsidi

Produk pupuk PT Pupuk Indonesia (persero) ditopang oleh entitas anak, yaitu PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda, dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Khusus produk pupuk, kami memiliki dua lini bisnis yaitu pupuk bersubsidi dan pupuk non-subsidi (komersial).

1. Urea

Pupuk dengan kandungan N sebesar 46% ini berfungsi membuat tanaman lebih hijau, mempercepat pertumbuhan tanaman, dan meningkatkan kandungan protein tanaman. Pupuk yang diproduksi oleh seluruh entitas anak produsen pupuk ini dipasarkan untuk sektor subsidi maupun komersial.

2. NPK 

Pupuk majemuk yang mengandung unsur N, P, K dan unsur mikro dengan komposisi yang variatif disesuaikan dengan permintaan pasar. Pupuk NPK berfungsi meningkatkan hasil panen, membuat tanaman lebih hijau dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit dan kekeringan. Pupuk yang diproduksi oleh entitas anak produsen pupuk ini juga dipasarkan untuk sektor subsidi maupun komersial.

3. SP-36

Pupuk SP-36 memiliki kandungan P sebesar 36%, berfungsi memacu pertumbuhan akar dan bunga serta masaknya buah dan biji. Pupuk ini diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik dan dipasarkan untuk sektor subsidi maupun komersial.

4. ZA

Pupuk ZA memiliki kandungan N sebesar 21% dan Sulfur 24% yang berfungsi meningkatkan produksi, meningkatkan kualitas hasil panen serta meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama. Secara spesifik unsur S dalam ZA dapat meningkatkan rendemen pada tebu, kualitas aroma tembakau serta kualitas umbi bawang merah dan putih. Pupuk ini diproduksi PT Petrokimia Gresik dan dipasarkan untuk sektor subsidi maupun komersial.

5. ZK

Pupuk ZK memiliki kandungan K2O sebesar 50% dan sulfur 17%, berfungsi untuk meningkatkan unsur hara tanah, membuat tanaman lebih tegak dan kokoh, serta memperbaiki warna, aroma, dan rasa. Pupuk ini diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik

 

B. Produk Pupuk Non-Subsidi

PT Pupuk Indonesia (Persero)memiliki produk retail urea dan NPK dengan Single Branding, yaitu Urea Nitrea dan NPK Phonska Plus 16-16-16. Urea Nitrea adalah produk urea retail non subsidi dengan kandungan nitrogen 46%, berwarna putih dengan bentuk prill dan granulasi. Manfaat utamanya adalah memasok unsur nitrogen yang sangat dibutuhkan tanaman terutama dalam pembentukan hijau daun. Sedangkan NPK Phonska Plus 16-16-16 adalah pupuk dengan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan buah, serta memperkuat batang dan akar.

 

C. Produk Inovasi 

Produk Inovasi di Pupuk Indonesia Grup diarahkan pada penyediaan nutrisi tanaman dengan nilai tambah tinggi (value-added product) dan advanced agrosolution, seperti sistem dan tools rekomendasi pemupukan, sebagai komitmen Pupuk Indonesia mendukung praktik Agriculture 4.0 berbasis pertanian presisi dan berkelanjutan. 

Produk inovasi Pupuk Indonesia Grup bervariasi mulai dari pupuk spesifik tanaman, pupuk nutrisi lengkap (hara makro-mikro), pupuk lepas lambat, pupuk hayati, pupuk organik, pupuk khusus hidroponik dan fertigasi, hingga bioproduk pertanian seperti biodekomposer, biopestisida dan probiotik). 

 

D. Layanan Jasa

Kegiatan usaha jasa konstruksi dilaksanakan oleh PT Rekayasa Industri (Rekind), entitas anak yang bergerak di bidang Engineering, Procurement dan Construction (EPC). Kegiatan usaha pada segmen lain-lain merupakan kegiatan penunjang yang terdiri dari perdagangan umum, yaitu melalui PT Mega Eltra dan PT Pupuk Indonesia Pangan, jasa pelayaran dan jasa angkutan laut oleh PT Pupuk Indonesia Logistik, serta jasa perdagangan melalui PT Mega Eltra dan jasa bidang utilitas oleh PT Pupuk Indonesia Utilitas

5 dari 5 halaman

Kebijakan PT Pupuk Indonesia (Persero)

Kebijakan PT Pupuk Indonesia (Persero)

1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pupuk Indonesia menempatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai prioritas utama di dalam bekerja dan beraktifitas. Perusahaan berkomitmen menjaga keselamatan kerja dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku dan standard Internasional dengan pencapaian 73.560.164 Jam Kerja Aman pada tahun 2021.

2. Komitmen pada lingkungan hidup

Pupuk Indonesia menaruh perhatian besar terhadap upaya pengurangan emisi gas buang dan dekarbonisasi dalam rangka menciptakan industry hijau. Perusahaan menargetkan peningkatan efisiensi energi di pabrik-pabriknya pada lima tahun pertama. Diikuti dengan pengembangan pabrik berbahan baku CO2, seperti antara lain pembangunan pabrik Soda Ash.

Perusahaan juga berencana melakukan pengembangan teknologi Carbon Capture Storage untuk pengembangan Blue Ammonia, serta Green Ammonia untuk meningkatkan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan. Perhatian Pupuk Indonesia terhadap lingkungan juga ditunjukan lewat program pelestarian lingkungan seperti konservasi hutan mangrove, penanaman terumbu karang buatan, dan lain sebagainya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.