Sukses

Feminisme Adalah Gerakan Perempuan Demi Kesetaraan, Ini Sejarah dan Fakta-Faktanya

Feminisme merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah gerakan memperjuangkan hak-hak perempuan dan agar mencapai kesetaraan.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan feminisme seperti apa yang diungkapkan oleh Kalpana Srivastava et al., dalam “Misoginy, Feminism and Sexual Harrasment” tahun 2017, bahwa selama berabad-abad, perempuan telah ditindas, hak-hak mereka diabaikan sebagai manusia, mereka diperlakukan sebagai bagian masyarakat yang lebih rendah dan peran mereka terbatas pada pekerjaan rumah tangga dan persalinan. Penindasan yang berkepanjangan mengangkat banyak suara dan secara kolektif memunculkan konsep feminisme yang memulai gerakan terpanjang dalam sejarah dan masih berlanjut hingga saat ini. 

Mary.E. Hawkesworth menyebutkan dalam bukunya yang berjudul “Globalization and feminist activism” pada tahun 2018, bahwa feminisme adalah keseluruhan gerakan sosial politik dan ideologi yang memiliki tujuan yang sama untuk menggambarkan, membangun, dan mencapai kesetaraan politik, ekonomi, pribadi, dan sosial dari jenis kelamin.

Menurut Fakih (2012) dalam buku “Pengantar Gender dan Feminisme : Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme” oleh Alfian Rokhmasnyah tahun 2016, salah satu hal yang sering disalahpahami oleh masyarakat awam, bahwa feminisme adalah bentuk pemberontakan wanita pada laki-laki atau usaha melawan pranata sosial, termasuk rumah tangga dan perkawinan untuk mengingkari kodratnya. Kenyataannya, feminisme adalah upaya untuk mengakhiri penindasan dan eksploitasi terhadap perempuan.

Berikut liputan6.com rangkum tentang fakta feminisme dan sejarahnya dari berbagai sumber, Selasa (27/12/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian Feminisme

Feminisme adalah gerakan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak dan mencapai kesetaraan gender. Selain itu feminisme dilansir dari Forbes, jika kamu mencari kata feminisme dalam kamus, maka akan muncul berbagai pengertian bahwa feminisme adalah :

1. Advokasi hak-hak perempuan atas dasar persamaan jenis kelamin.

2. Teori kesetaraan politik, ekonomi, dan sosial dari kedua jenis kelamin.

3. Keyakinan bahwa laki-laki dan perempuan harus memiliki hak dan kesempatan yang sama.

4. Doktrin yang mendukung hak-hak sosial, politik, dan semua hak perempuan lainnya setara dengan laki-laki.

Sementara itu, dilansir dari Stanford Encyclopedia of Philosophy, Istilah "feminisme" memiliki banyak kegunaan yang berbeda dan maknanya sering diperdebatkan. Misalnya, beberapa penulis menggunakan istilah “feminisme” untuk merujuk pada gerakan politik yang spesifik secara historis di Amerika Serikat dan Eropa; penulis lain menggunakannya untuk merujuk pada keyakinan bahwa ada ketidakadilan terhadap perempuan, meskipun tidak ada konsensus mengenai daftar pasti dari ketidakadilan ini.

Kalpana Srivastava et al., juga menyebutkan bahwa gerakan feminis selama beberapa dekade telah mengkampanyekan hak-hak perempuan, termasuk hak-hak perempuan, yaitu hak untuk memilih, memegang jabatan publik, bekerja, mendapatkan upah yang adil atau gaji yang sama, memiliki properti, menerima pendidikan, membuat kontrak, memiliki hak yang sama dalam perkawinan dan memiliki cuti melahirkan. Feminis juga telah bekerja untuk mempromosikan otonomi tubuh dan integritas dan untuk melindungi perempuan dan anak perempuan dari kejahatan brutal seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, dan kekerasan dalam rumah tangga. 

3 dari 7 halaman

Awal Mula Penggunaan Istilah Feminisme

Pada pertengahan 1800-an feminisme adalah istilah yang dipakai untuk merujuk pada "kualitas perempuan" dan baru setelah Konferensi Perempuan Internasional Pertama di Paris pada tahun 1892 istilah tersebut, mengikuti istilah Prancis feministe yang kemudian digunakan secara teratur dalam bahasa Inggris untuk kepercayaan dan advokasi persamaan hak bagi perempuan berdasarkan gagasan kesetaraan jenis kelamin.

Meskipun istilah “feminisme” dalam bahasa Inggris berakar pada mobilisasi hak pilih perempuan di Eropa dan Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tentu saja upaya untuk memperoleh keadilan bagi perempuan tidak dimulai atau diakhiri dengan periode aktivisme tersebut. Gerakan perempuan di Amerika Serikat ini terjadi dalam "gelombang".

Pada model gelombang, perjuangan untuk mencapai hak politik dasar selama periode dari pertengahan abad ke-19 hingga berlalunya Amandemen ke-19 pada tahun 1920 dianggap sebagai feminisme “Gelombang Pertama”. Feminisme memudar di antara dua perang dunia. Oleh karena itu, upaya untuk dihidupkan kembali pada akhir 1960-an dan awal 1970-an sebagai feminisme "Gelombang Kedua". Dalam gelombang kedua ini, kaum feminis mendorong melampaui pencarian awal akan hak politik untuk memperjuangkan kesetaraan yang lebih besar di seluruh bidang, misalnya di bidang pendidikan, tempat kerja, dan di rumah.

Transformasi feminisme yang lebih baru telah menghasilkan "Gelombang Ketiga". Feminisme Gelombang Ketiga sering mengkritik feminisme Gelombang Kedua karena kurang memperhatikan perbedaan di antara perempuan karena ras, etnis, kelas, kebangsaan, agama dan menekankan “identitas” sebagai tempat perjuangan gender. 

4 dari 7 halaman

Empat Gelombang Feminisme

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa gerakan feminisme terbagi menjadi empat gelombang. Berdasarkan jurnal milik Kalpana Srivastava et al., dan  “Three waves of feminism: From suffragettes to grrls” dalam  “Gender communication theories & analyses: From silence to performance” tahun 2006 oleh C Krolokke dan AS Sorensen, empat gelombang feminisme adalah sebagai berikut :

1. Gelombang Pertama

Gelombang feminisme pertama dimulai dengan “Gerakan hak pilih perempuan” pada tahun 1848 di New York di bawah kepemimpinan Susan B. Anthony dan Elizabeth Cady Stanton. Tujuan gerakan gelombang pertama feminisme adalah untuk mempromosikan hak perempuan untuk memilih. Gelombang pertama feminisme di Amerika Serikat ditandai dengan beragam bentuk intervensi yang terus menginspirasi gerakan feminis selanjutnya. Namun terlepas dari bakat aktivis Alice Paul, keterampilan organisasional Carrie Chapman Catt (1859–1947), presiden NAWSA, dan pidato hebat Anna Howard Shaw (1847–1919), juga mantan presiden NAWSA, itu adalah perjuangan panjang sebelum perempuan memenangkan pemungutan suara pada tahun 1920 (Campbell, 1989).

Perjuangan ini tetap dimulai sejak Konvensi Seneca Falls di New York pada tahun 1848, di mana lebih dari 300 pria dan wanita berkumpul untuk konvensi hak-hak wanita pertama di negara itu. Deklarasi Seneca Falls digariskan oleh Elizabeth Cady Stanton (1815–1902) yang mengklaim kesetaraan alami perempuan dan menguraikan strategi politik akses dan kesempatan yang setara. Deklarasi ini memunculkan gerakan hak pilih.

Secara lebih lanjut, C Krolokke dan AS Sorensen menyebutkan bahwa pada tahap awal, gelombang pertama feminisme di Amerika Serikat terjalin dengan gerakan reformasi lainnya, seperti penghapusan dan pertaraka, yang  awalnya melibatkan perempuan dari kelas pekerja. Akan tetapi, hal ini juga didukung oleh para abolisionis perempuan kulit hitam, seperti Maria Stewart (1803–1879), Sojourner Truth (1797–1883) dan Frances E. W. Harper (1825–1911), yang memperjuangkan hak-hak perempuan kulit berwarna.

Elizabeth Cady Stanton dan beberapa lainnya merupakan bagian yang lebih radikal dari gerakan hak-hak perempuan yang muncul sebagai delegasi Konvensi Serikat Buruh Nasional atau Labor Union Convention sejak tahun 1868, sebelum upaya yang berhasil untuk mengorganisir tenaga kerja perempuan.

5 dari 7 halaman

Gelombang Feminisme

2. Feminisme Gelombang Kedua

Gelombang kedua yang dimulai sekitar tahun 1960-an berkampanye untuk kesetaraan hukum dan sosial bagi perempuan, termasuk isu-isu tentang hak-hak reproduksi mereka, ketidaksetaraan hukum, kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan dalam perkawinan dan hukum perceraian. Gelombang ini juga diilhami oleh pemikiran postkolonial dan postmodern. Pada fase ini banyak konstruksi yang mengalami destabilisasi, termasuk pengertian "kewanitaan universal", tubuh, gender, seksualitas dan heteronormativitas

Istilah feminisme gelombang kedua sebagian besar mengacu pada feminisme radikal dari gerakan pembebasan perempuan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Pertanda pertama dari feminisme gelombang kedua ini berdasarkan acara yang paling dipublikasikan di Amerika Serikat: protes yang terkait dengan Kontes Miss America pada tahun 1968 dan 1969. Terinspirasi oleh taktik bagian aktivis feminisme liberal, feminis gelombang kedua radikal juga menggunakan pertunjukan (misalnya, teater bawah tanah atau gerilya) untuk menjelaskan apa yang sekarang disebut "penindasan perempuan".

Martha Ramton dalam Pacific University Oregon menyebutkan bahwa karena feminisme gelombang kedua mendapat suara di tengah begitu banyak gerakan sosial lainnya, feminisme adalah hal yang mudah terpinggirkan dan dipandang kurang mendesak dibandingkan, misalnya, Black Power atau upaya untuk mengakhiri perang di Vietnam. Kaum feminis bereaksi dengan membentuk organisasi khusus perempuan dan kelompok "peningkatan kesadaran". Dalam publikasi seperti "The BITCH Manifesto" dan "Sisterhood is Powerful", kaum feminis menganjurkan tempat mereka.

Feminisme gelombang kedua radikal secara teoritis didasarkan pada kombinasi neo-Marxisme dan psikoanalisis, yang digariskan oleh ahli feminis seperti Juliet Mitchell dalam The Subjection of Women (1970) dan Shulamith Firestone dalam The Dialectic of Sex: The Case for Feminist Revolution (1970 ). Mereka mengklaim bahwa patriarki melekat pada masyarakat borjuis dan perbedaan seksual lebih mendasar daripada perbedaan kelas dan ras.

Mereka bahkan mengklaim bahwa perempuan, karena keterikatan sosial utama mereka dengan keluarga dan reproduksi merupakan kelas dan ekonomi mereka sendiri, berdasarkan pekerjaan tak berbayar di rumah, produktivitas keibuan, dan fungsinya sebagai cadangan tenaga kerja. Teori Freudian tentang ketergantungan "alami" perempuan dan frigiditas seksual pada awalnya dikecam, kemudian diartikulasikan kembali sebagai peniruan aliansi tidak suci antara kapitalisme dan patriarki yang menunjuk seksisme sebagai karakter khusus penindasan perempuan.

6 dari 7 halaman

Gelombang Feminisme

3. Feminisme Gelombang Ketiga

Feminis gelombang ketiga umumnya melihat diri mereka sebagai agen sosial yang cakap, kuat dan asertif. Menurut Baumgardner & Richards, 2000, gelombang ketiga didukung oleh kepercayaan diri untuk memiliki lebih banyak kesempatan dan lebih sedikit seksisme. "Grrls" dari gelombang ketiga melangkah ke atas panggung sebagai yang kuat dan berdaya, menghindari viktimisasi dan mendefinisikan kecantikan feminin untuk diri mereka sendiri sebagai subjek, bukan sebagai objek patriarki seksis. Mereka menyatakan, dalam kata-kata Karen McNaughton (1997), yaitu G.r.r.l.s, yang merupakan istilah cyber untuk Great-Girls. Grrl juga berjiwa muda dan tidak terbatas pada anak di bawah 18 tahun.

Feminis gelombang ketiga dimotivasi oleh kebutuhan untuk mengembangkan teori dan politik feminis yang menghormati pengalaman kontradiktif dan mendekonstruksi pemikiran kategoris. Dalam To Be Real: Telling the Truth and Changing the Face of Feminism (1995), editor Rebecca Walker menggambarkan kesulitan yang dialami feminis muda ketika dipaksa untuk berpikir dalam kategori, yang membagi orang menjadi "Kita" dan "Mereka" atau ketika dipaksa menghuni identitas tertentu sebagai perempuan atau feminis. Walker mengklaim bahwa ini bukan karena mereka kurang pengetahuan tentang sejarah feminis atau karena penggambaran feminisme sepihak yang mengerikan dari media.

Sebaliknya, feminis muda menghormati karya feminis sebelumnya sambil mengkritik feminisme sebelumnya dan mereka berusaha untuk menjembatani kontradiksi yang mereka alami dalam hidup mereka sendiri. Mereka merangkul ambiguitas daripada kepastian, terlibat dalam banyak posisi dan mempraktikkan strategi inklusi dan eksplorasi. Sementara itu, mereka mengusulkan politik yang berbeda, yang menantang gagasan tentang kewanitaan universal dan mengartikulasikan cara-cara di mana kelompok perempuan menghadapi persilangan kompleks antara gender, seksualitas, ras, kelas, dan masalah terkait usia.

Feminisme gelombang ketiga juga terinspirasi oleh dan terikat pada generasi tatanan dunia global baru yang dicirikan oleh jatuhnya komunisme, ancaman baru fundamentalisme agama dan etnis serta risiko ganda dan janji informasi serta bioteknologi baru. Istilah umum Amerika untuk feminisme gelombang ketiga adalah “grrl feminism”, dan di Eropa dikenal sebagai “new feminism".

Feminisme “baru” ini dicirikan oleh aktivisme lokal, nasional, dan transnasional, di bidang-bidang seperti kekerasan terhadap perempuan, perdagangan manusia, operasi tubuh, mutilasi diri dan “pornifikasi” media secara keseluruhan. Sementara prihatin dengan ancaman baru terhadap hak-hak perempuan setelah global baru tatanan dunia, mereka mengkritik gelombang feminis sebelumnya karena menghadirkan jawaban atau definisi universal tentang kewanitaan dan untuk mengembangkan kepentingan khusus mereka ke dalam politik identitas yang agak statis.

7 dari 7 halaman

Gelombang Feminisme

4. Feminisme Gelombang Keempat

Martha menyebutkan bahwa gelombang keempat yang muncul bukan hanya reinkarnasi dari nenek gelombang kedua mereka; mereka membawa ke diskusi perspektif penting yang diajarkan oleh feminisme gelombang ketiga. Mereka berbicara dalam istilah interseksionalitas di mana penindasan perempuan hanya dapat dipahami sepenuhnya dalam konteks marginalisasi kelompok dan gender lain, feminisme adalah bagian dari kesadaran penindasan yang lebih besar bersama dengan rasisme, usia, klasisme, abelisme dan orientasi seksual.

Feminisme gelombang keempat mengacu pada jenis feminisme yang dimulai sekitar tahun 2012 yang menargetkan pelecehan seksual, pelecehan seksual di kampus, budaya pemerkosaan, diskriminasi di tempat kerja, mempermalukan tubuh, pencitraan seksis di media, misogini online, penyerangan di angkutan umum, dan jenis lainnya , termasuk pelecehan yang dikaitkan dengan penggunaan media sosial. Beberapa isu pada era ini yang mengejutkan dan mengerikan seperti Nirbhaya Delhi Gang Rape, tuduhan Harvey Weinstein dan tuduhan Bill Cosby yang kemduian melahirkan kampanye seperti Everyday Sexism Project, No More Page 3, dan #MeToo baru-baru ini.

Isu-isu ini telah menarik perhatian yang signifikan dan membawa reformasi hukum dalam isu-isu seperti pelecehan seksual di tempat kerja karena banyak perempuan bekerja di sektor swasta, pemerintah, atau tidak terorganisir. Ilegal untuk melecehkan seseorang karena jenis kelaminnya dan pelecehan seksual yang dimaksud termasuk rayuan seksual yang tidak diinginkan, permintaan bantuan seksual dan pelecehan verbal atau fisik lainnya yang bersifat seksual.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini