Sukses

Yang Tidak Termasuk Faktor-Faktor Berlangsungnya Proses Interaksi Sosial Adalah?

Liputan6.com, Jakarta Yang tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah pertanyaan yang kita temui saat belajar tentang materi interaksi sosial. Untuk menjawabnya, penting untuk terlebih dahulu memahami apa itu interaksi sosial, unsur interaksi sosial serta jenis dan bentuknya.

Interaksi sosial adalah dasar dari tatanan sosial yang ada. Kelompok sosial terbentuk karena adanya interaksi sosial, hal ini menunjukan betapa pentingnya interaksi sosial dalam kehidupan. Dengan mengetahui hal yang tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah hal yang akan membantu dalam melakukan interaksi sosial yang efektif.

Dalam buku Psikologi Umum karya Ahmadi tahun 2009 bahwa faktor-faktor yang mendasari berlangsungnya interaksi sosial adalah faktor imitasi, faktor sugesti, faktor identifikasi maupun faktor simpati. Selain 4 faktor ini, maka masuk ke dalam kelompok yang tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (2/12/2022) pengertian interaksi sosial, unsur interaksi sosial, jenis interaksi sosial dan bentuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan dasar dari seluruh tatanan sosial. Kelompok sosial merupakan produk dari interaksi sosial. Ada interaksi antara hewan dan burung juga. Ini adalah dasar nyata dari semua proses sosial, struktur, kelompok sosial dan fungsi. Dalam sosiologi interaksi merupakan pintu gerbang ilmunya.

Interaksi sosial adalah proses sosial antara dua atau lebih dari dua orang. Sifatnya selalu timbal balik. Ini bisa disebut kondisi stimulus-respons di antara individu. Itu seperti bola yang diikat ke dinding. Ketika dua orang berbicara satu sama lain atau saling menanggapi melalui telepon atau internet, mengembangkan korespondensi melalui surat, terjadi interaksi. 

Seorang ibu menyusui anaknya, terjadi interaksi antara ibu dan anaknya. Seorang dokter merawat seorang pasien, seorang pelanggan membeli sesuatu dari penjaga toko dan seorang penumpang mendapat tiket dari petugas pemesanan. Artinya interaksi adalah hubungan sosial antar individu. Dia. adalah semacam posisi aksi dan reaksi di antara masyarakat.

Interaksi sosial adalah peristiwa yang mengubah perilaku dan sikap orang-orang yang berinteraksi. Ini adalah hubungan sosial antara setidaknya dua orang. Hal ini mengubah kondisi kehidupan masyarakat. Interaksi adalah jiwa dari kehidupan sosial dan hubungan. Ini juga menghasilkan kelompok yang merupakan batu fondasi masyarakat.

Elemen Interaksi Sosial

Berikut ini adalah unsur-unsur interaksi sosial:

- Dua atau lebih dari dua orang

- Hubungan timbal balik di antara mereka

- Pengaruh pada acara, perilaku, otak orang tersebut.

- Ketiga kondisi ini saling menghubungkan orang-orang di antara mereka sendiri dan mengubahnya menjadi kelompok sosial.

3 dari 4 halaman

Jenis Interaksi Sosial

Jenis Interaksi Sosial

1. Interaksi Langsung atau Fisik

Melibatkan tindakan fisik di antara individu. Memukul, menggigit, meronta-ronta, menarik, mendorong, membunuh, mencakar, bertinju dan bergulat adalah contoh interaksi langsung. Dua tim bermain pertandingan dan perang antara kekuatan dua negara juga merupakan contoh dari interaksi ini. Tipe ini mempengaruhi orang lain dengan tindakan fisik dengan cara yang berbeda.

2. Interaksi Simbolik

Ada berbagai jenis hubungan antara orang-orang. Ini melibatkan penggunaan bahasa dan simbol. Artinya komunikasi melalui bahasa yang sama adalah proses simbolik. Ini adalah metode masyarakat manusia yang paling umum. Manusia menyampaikan gagasannya melalui bahasa dan dilengkapi dengan tanggapan timbal balik. 

Metode komunikasi yang dirancang oleh manusia lebih tajam dan efektif daripada hewan. Semua budaya berkembang, berkembang dan berubah hanya melalui interaksi simbolik bahasa. Tanpa bahasa tidak ada budaya yang bisa hidup. Tidak ada budaya pada hewan karena tidak ada bahasa yang sama di antara mereka. Melalui bahasa manusia menyimpan pengalaman sebelumnya dan meneruskannya ke generasi berikutnya dengan perubahan.

Manusia menggunakan instrumen untuk memfasilitasi interaksi. Layanan telepon, nirkabel, telegraf, sistem pos, kereta api, jalan raya, laut dan udara semuanya adalah berbagai sarana komunikasi dan transportasi. Gerakan juga merupakan gerakan simbolis. Pada orang tuli dan bisu menyampaikan ide mereka melalui suara gerakan tangan dan mata.

4 dari 4 halaman

Bentuk Interaksi Sosial Dalam Masyarakat

Bentuk Interaksi Sosial Dalam Masyarakat

1. Antara individu dan individu: Ini adalah interaksi antara setidaknya dua orang. Dokter dan pasien, ibu dan anak, pelanggan dan penjaga toko adalah beberapa contoh dalam kasus ini.

2. Antara individu dan kelompok: Ini beroperasi antara satu orang dan lebih. Seorang guru yang mengajar kelasnya seorang pembicara yang berbicara kepada hadirin, seorang Imam yang memimpin doa adalah contoh umumnya.

3. Antara kelompok dan kelompok: Ini ditemukan di antara dua kelompok orang seperti dua tim yang sedang bertanding, dua kekuatan saling bertarung, dua delegasi mendiskusikan suatu masalah.

4. Antara individu dan budaya: Bentuk ini ditemukan ketika masyarakat mendengarkan radio, melihat televisi, membaca koran, menikmati gambar, dan mengamati pameran. Radio, bioskop TV, surat kabar, buku, pameran, teater, drama, sirkus, bazar, dan kegiatan sosial budaya lainnya termasuk dalam Kebudayaan suatu masyarakat. 

Masyarakat melakukan interaksi sosial dan hubungan sosial dengan media komunikasi massa tersebut dan mendapatkan perubahan sosial dalam kehidupannya. Orang-orang mengubah media ini seperti yang mereka butuhkan di sisi lain. Dengan demikian proses timbal balik antara masyarakat dan kebudayaan berlangsung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS