Sukses

PT Kawan Lama Sejahtera, Perusahaan Distribusi Alat Teknik dan Mesin Industri

PT Kawan Lama Sejahtera merupakan perusahaan distribusi peralatan dan mesin industri .

Liputan6.com, Jakarta PT Kawan Lama Sejahtera merupakan perusahaan distribusi peralatan dan mesin industri yang telah berpengalaman selama lebih dari setengah abad. Sebagai perusahaan distribusi peralatan dan mesin industri, PT Kawan Lama Sejahtera kini telah memiliki lebih dari 19 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT Kawan Lama memiliki visi untuk menjadi perusahaan distribusi kelas dunia untuk penyedia alat dan mesin industri. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Kawan Lama Sejahtera menjalankan misi menyediakan alat, peralatan dan mesin profesional dengan keunggulan layanan yang luar biasa.

Sekarang, Lebih dari 40.000 produk dari 100 brand premium dari seluruh dunia didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan profesional di berbagai industri. Tidak hanya itu, PT Kawan Lama Sejahtera juga berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik yang luar biasa kepada pelanggan dan mitra bisnis.

Untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai PT Kawan Lama Sejahtera, berikut profil selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liptan6.com dari media sosial dan laman resmi perusahaan, Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Kawan Lama Sejahtera

PT Kawan Lama Sejahtera berdiri pada 1980. Namun embrio dari perusahaan ini sudah ada sejak 1955. Pada tahun tersebut Wong Jin sebagai generasi pertama memulai bisnis peralatan dan menjualnya di sebuah kios berukuran 9 meter persegi yang terletak di Glodok, Jakarta. Pada 1968 bisnis tersebut dikelola oleh Kuncoro Wibowo, hingga pada 1980 PT Kawan Lama Sejahtera berdiri.

Sejak saat itu, PT Kawan Lama Terus mengembangkan bisnisnya dengan membuka sejumlah cabang. Kemudian pada 1994 PT Kawan Lama Sejahtera menerima sertifikasi ISO untuk sistem manajemennya.

Pada 1997 mendirikan Gedung Kawan Lama di Puri Kembangan, Jakarta Barat. Baru pada 1998 menggunakannya sebagai kantor pusat baru. Pada tahun yang sama diperkenalkan pula Krisbow sebagai company house-brand. Setahun kemudian, yakni pada 1999, Kawan lama meluncurkan e-katalog dan e-commerce.

Sejak saat itu, PT Kawan Lama Sejahtera terus berkembang. Bahkan dalam beberapa tahun berjalan, perusahan terus meningkatkan standar layanannya hingga memiliki sertifikasi ISO 9001:2008. Sekarang PT Kawan Lama Sejahtera telah memiliki lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia. Selain itu PT Kawan Lama Sejahtera juga memiliki 27 titik layanan dengan lebih dari 500 konsultan teknis.

Produk dan Layanan PT Kawan Lama Sejahtera

PT Kawan Lama Sejahtera merupakan perusahaan distribusi yang berfokus pada penyediaan alat-alat produksi dan mesin industri. Ada banyak sekali jenis peralatan dan mesin yang disediakan PT Kawan Lama Sejahtera.

Adapun peralatan dan mesin yang disediakan PT Kawan Lama Sejahtera antara lain seperti alat pemotong, gerinda, komponen otomotif, generator, kompresor, alat pertukanagan, mesin industri, alat las, dan masih banyak lagi. Hampir semua alat yang diperlukan untuk produksi dan industri disediakan PT Kawan Lama Sejahtera.

Lebih dari 40.000 produk dari 100 brand premium dari seluruh dunia telah disediakan PT Kawan Lama Sejahtera untuk memenuhi kebutuhan profesional di berbagai industri.

3 dari 4 halaman

Kawan Lama Group

PT Kawan Lama Sejahtera tergabung dalam grup perusahaan yang disebut sebagai Kawan Lama Group. Selain menaungi PT Kawan Lama Sejahtera, Kawan Lama Group juga menaungi sejumlah brand yang cukup familiar di masyarakat. Adapun brand dan perusahaan yang berada di bawah naungan Kawan Lama Group antara lain adalah Krisbow, Ace Hardware, Informa, Toys Kingdom, Ataru, Pendopo, Chatime, CUPBAP, Living World, ruparupa, dan Danakini.

Untuk menjalankan operasionalnya, Kawan Lama Group ini dijalankan oleh jajaran kepemimpinan sebagai berikut:

1. Gregory Sugyono Widjaja - CHIEF STRATEGIC OFFICER & FINANCE DIRECTOR

Lulus bidang Accounting dari Hawaii Pacific University, Honolulu dan MBA dari University of North Carolina, USA. Beliau mengawali karir sebagai Senior Consultant pada Arthur Andersen, serta pernah menjabat berbagai posisi dalam bidang finance di berbagai perusahaan.  Pada tahun 2012 beliau bergabung dengan Kawan Lama Group sebagai Finance Director PT Kawan Lama Sejahtera, kemudian dipercaya untuk mengendalikan fungsi corporate dalam bidang finance & accounting, internal audit, dan master data management. Di tahun 2017 beliau turut mendirikan PT Dana Kini Indonesia sekaligus bertindak sebagai Chief Executive Officer.

2. Sandra Hardjana - HUMAN CAPITAL DIRECTOR

Dunia profesional beliau sarat dengan pengalaman menjabat berbagai posisi penting terkait SDM di Astra Group, yaitu sebagai Talent Acquisition & People Development Section Head, HR & GA Manager, HRIS Manager, dan HR Head, serta sebagai HR General Manager di PT Tunas Ridean, Tbk, sebelum kemudian bergabung dengan Kawan Lama Group pada tahun 2020. Adapaun latar belakang pendidikan beliau diperoleh dari Universitas Katolik Atma Jaya dalam bidang psikologi.

3. Mercy Francisca Hutahaean - LEGAL & GOVERNMENT RELATIONS DIRECTOR

Beliau merupakan Sarjana Hukum lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada tahun 1996 yang memiliki banyak pengalaman di bidang legal, antara lain pada Divisi Asset Management Credit - Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), PT Surya Citra Media, Tbk & PT Surya Citra Televisi, PT Asia Global Media (STAR Group Limited), PT Global Mediacom, Tbk & PT Media Nusantara Citra, Tbk (MNC Media Group), dan British American Tobacco Indonesia (Bentoel Group).

4. Dewi Triana Saleh - IT DIRECTOR

Beliau bergabung dengan Kawan Lama Group mulai tahun 2017, setelah sebelumnya berpengalaman menjabat posisi Manager pada Bank Pos Nusantara, kemudian di Andersen Consulting, dan Senior Manager di Accenture. Adapun latar belakang akademis beliau diperoleh dari fakultas Computer Science pada Wichita State University, USA, dengan gelar Bachelor of Science pada tahun 1986, yang dilanjutkan dengan meraih gelar Master of Science pada fakultas Mathematics pada tahun 1988 di universitas yang sama.

5. Adeline Ausy Setiawan - HCBP DIRECTOR & STRATEGIC MARKETING SERVICES DIRECTOR

Beliau lulus dari jurusan Corporate Finance pada Seattle Pacific University pada tahun 1994 dengan gelar Bachelor of Arts, kemudian mengawali karir sebagai Management Trainee Unilever, yang disusul dengan menduduki berbagai posisi penting dalam bidang marketing, media, general management, serta human resources di PT Unilever Indonesia, Tbk dan PT Unilever Enterprises Indonesia. Kiprah beliau di dunia profesional semakin lengkap dengan diraihnya penghargaan prestisius yaitu Campaign Asia: 20 Women to Watch in Asia Pacific Marketing (2013) dan Women Obsession: Best Professionals (2019).

4 dari 4 halaman

Jajaran Kepemimpinan Kawan Lama Group

6. Meutia Kumala - MANAGING DIRECTOR PT HOME CENTER INDONESIA, PT GOLDEN DACRON, PT GOLDEN LIVING, PT GRAHA SATWA PARAMITA & COMMISSIONER PT DANAKINI INDONESIA

Beliau mulai bergabung dengan Kawan Lama Group pada tahun 1996 dengan peran sebagai Head of Outdoor Living, Garden, and Tools di PT ACE Hardware Indonesia Tbk, kemudian turut mendirikan PT Home Center Indonesia (INFORMA, SELMA) dan menjabat berbagai posisi strategis dalam bidang merchandising, hingga mencapai posisi Managing Director. Selain itu beliau juga menjabat posisi yang sama pada Golden Living, Golden Dacron, Pet Kingdom, serta sebagai Komisaris Danakini. Adapun latar belakang pendidikan formal beliau diperoleh dari Bethesda Christian College dan Faculty of Psychology, Flinders University, Australia.

7. Tasya Widya Krisnadi - MANAGING DIRECTOR PT TOYS GAMES INDONESIA, PENDOPO & ATARU

Beliau mendirikan PT Toys Games Indonesia (Toys Kingdom) pada tahun 2010 sekaligus menjadi Merchandising Director, setelah itu tanggung jawabnya diperluas dengan turut memimpin operasional, hingga kemudian dipercaya menjabat Managing Director – dengan kewajiban merancang strategi bisnis sesuai kondisi ekonomi dan pasar terkini, sehingga tercapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Sejak tahun 2021, beliau juga merangkap posisi yang sama untuk Pendopo dan ATARU. Sementara latar belakang edukasi beliau adalah B.Sc. bidang Computer Information System dari San Francisco State University, USA.

8. Tarisa Widya Krisnadi - MANAGING DIRECTOR PT ACE HARDWARE INDONESIA TBK

Beliau memiliki tugas menetapkan kebijakan pengelolaan bisnis yang mendukung organisasi adaptif dan mampu bersaing melalui pengembangan strategi produk dan layanan sehingga mampu mengakomodasi kebutuhan pasar dan kemajuan industri yang berkelanjutan, selain itu juga menciptakan strategi optimalisasi pendapatan dan efektivitas biaya untuk mencapai pertumbuhan bisnis, serta mengelola sistem organisasi yang mampu mendorong perkembangan individu dan menginspirasi kinerja yang produktif. Beliau lulus dengan gelar Bachelor of Science dari Faculty of Business Administration, Oregon State University, USA, kemudian mengambil gelar MBA pada Program Studi Administrasi Bisnis - Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung.

9. Teresa Lucia Wibowo - CEO PT OMNI DIGITAMA INTERNUSA & DIRECTOR PT ACE HARDWARE INDONESIA TBK

Beliau bergabung dengan Kawan Lama Group mulai tahun 2008 dan pernah menjabat berbagai posisi di bidang customer relations, advertising and promotions, dan marketing communications, sebelum akhirnya ditunjuk untuk mendirikan dan memimpin PT Omni Digitama Internusa sebagai ekspansi strategis Kawan Lama Group memasuki ranah digital, dengan tanggung jawab untuk mengembangkan omnichannel e-commerce dan berbagai fitur digital, juga mengelola semua aspek - dari merchandising, marketing communications, web content, technology, hingga operations. Beliau menjabat sebagai Direktur PT ACE Hardware Indonesia Tbk berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham sejak Juni 2022.

10. Devin Widya Krisnadi - BUSINESS DIRECTOR PT FOODS BEVERAGES INDONESIA

Devin bergabung dengan Kawan Lama Group pada tahun 2012 sebagai Retail Analyst PT ACE Hardware Indonesia Tbk. Pada tahun 2015 beliau diberi kepercayaan untuk menghadirkan dan mengelola merek Cupbop di Indonesia. Pendidikan formal beliau diperoleh dari David Eccles School of Business - University of Utah di bidang Business Management & Entrepreneurship dan meraih gelar Bachelor of Science pada tahun 2013.

Pasca menyelesaikan studi, beliau memasuki dunia karir dengan bekerja pada FedEx USA dan menjabat berbagai posisi dalam bidang analysis hingga mencapai Team Leader. Kini beliau dipercaya untuk mengembangkan pilar Food & Beverage secara keseluruhan sebagai Business Director PT Foods Beverages Indonesia (F&B ID), dengan tanggung jawab untuk mengendalikan keseluruhan strategi bisnis, yang meliputi performa perusahaan, branding, layanan pelanggan, inovasi – baik dalam bidang makanan minuman maupun konsep gerai, dan penggunaan digital, hingga tercapai operasional bisnis yang berkelas dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.