Sukses

Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Meninggal Dunia, Ini 5 Fakta Perjalanan Kariernya

Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak Si Doel meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia entertainment Tanah Air. Aktris senior Aminah Cendrakasih atau yang akrab disapa Mak Nyak dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022) pada pukul 19.30 WIB.

Aktris senior yang dikenal luas lewat aktingnya dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini diketahui meninggal dunia dikediamannya. Hal ini turut dibenarkan oleh anak keenam Aminah Cendrakasih, Lala.

"Meninggalnya di rumah. Kami kumpul semua, anak-anaknya," kata Lala seperti yang dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Kamis (22/12/2022).

Kabar mengenai kepergian Aminah Cendrakasih "Mak Nyak" juga turut disampaikan langsung oleh kakak Rano Karno, Rubby Karno dalam laman Fecebook pribadinya.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiun... Telah berpulang Maknyak Aminah Tjendrakasih pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2022 jam 19.30," tulis Rubby Karno.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta perjalanan karier Aminah Cendrakasih yang meninggal dunia di usia 84 tahun, Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aktif di pentas sandiwara dan debut film

Aminah Cendrakasih sendiri namanya sudah tak asing bagi banyak masyarakat. Wanita kelahiran 29 Januari 1938 ini bahkan telah aktif di panggung sandiwara sejak 1955.

Darah seni pun rupanya cukup kental dari kedua orangtuanya yakni pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah. Bahkan, pada tahun tersebut, Aminah turut mendapatkan kesempatan untuk bermain dalam film layar lebar berjudul Oh, Ibuku. Karier Aminah Cendrakasih di layar lebar pun cukup cemerlang dengan membintangi puluhan judul film.

3 dari 6 halaman

2. Sempat vakum dari dunia film

Meski berhasil meraih kesuksesan lewat film layar lebar, namun pada 1960-an dirinya juga diketahui sempat vakum. Hal ini terjadi usai dirinya membintangi film Habis Gelap Terbitlah Terang pada 1959 dan memilih untuk menikah. Meski begitu, pada 1970-an dirinya kembali aktif di dunia entertainment dengan membintangi film layar lebar hingga sinetron. Aminah Cendrakasih sendiri diketahui membintangi sekitar 101 film hanya dalam kurun waktu 1955 sampai 1989.

4 dari 6 halaman

3. Tenar kembali berkat Si Doel Anak Sekolahan

Nama Aminah Cendrakasih sendiri kembali melambung usai membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada 1994. Karakter Mak Nyak dalam sinetron yang disutradari serta diproduseri oleh Rano Karno ini pun cukup melekat di penonton.

Aminah sendiri memang diketahui berperan sebagai Mak Nyak atau ibu dari Doel yang diperankan oleh Rano Karno. Bahkan, karena hal ini pula tak sedikit masyarakat yang justru lebih familiar dengan nama perannya tersebut.

Bukan hanya aktif sebagai aktris saja, akan tetapi Aminah juga diketahui aktif dalam organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Dirinya bahkan pernah menjabat sebagai ketua I Divisi Kesenian. Tak hanya itu saja, dirinya juga diketahui pernah menjabat sebagai komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema yang ikut mengembangkan pertelevisian Indonesia.

5 dari 6 halaman

4. Alami kelumpuhan

Meski sempat menjadi salah satu aktris populer, namun ketenaran yang didapatkan oleh Aminah kian meredup seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, dirinya diketahui pernah terjatuh di kamar mandi hingga menyebabkan cidera. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, ia hanya bisa berbaring lemah di atas ranjang karena mengalami kelumpuhan.

Seolah tak berhenti disitu saja, Aminah yang disebut mengidap penyakit glaukoma selama bertahun-tahun juga membuat penglihatannya bermasalah. Dirinya bahkan sudah tak bisa melihat sejak beberapa tahun terakhir. Namun, kehadiran Aminah dalam film Si Doel the Movie 2 pada 2019 lalu seolah mengobati rasa rindu penggemar akan aktingnya.

6 dari 6 halaman

5. Pemakaman Aminah Cendrakasih

Aktris senior Aminah Cendrakasih sendiri diketahui meninggal dunia di kediamannya pada Rabu (21/12/2022) pukul 19.30 WIB. Jenazah Aminah sendiri masih disemayamkan di rumah duka di Kawasan Pondok Aren, Bintaro dan akan dimakamkan pada Kamis (22/12/2022).

Menurut sang anak, Lala pemakaman sang ibunda Aminah Cendrakasih pun dikabarkan akan digelar siang hari. Namun, dirinya masih belum mengetahui dengan pasti jam berapa pemakaman tersebut dilakukan.

"Kita masih pada shock, besok aja kalau udah dimandiin sudah bersih. Rumah duka di Japos, tempat ibu yang biasa. Japos Raya," ujar Lala.

Meski begitu, Lala mengungkapkan jika sang ibunda akan dimakamkan di TPU Karet Bivak. Jenazah Aminah Cendrakasih sendiri direncanakan akan dimakamkan satu liang lahat dengan Mak Uwok, ibunya.

"Besok kayaknya di TPU Karet Bivak ya, dimakamkan bareng Mak Uwok. Dimakamkan kalau enggak setelah Zuhur sebelum Zuhur,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.