Sukses

PT Infomedia Nusantara, Anak Perusahaan Telkom yang Bergerak di Bidang Informasi

Salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis sebagai penyedia layanan CRM adalah PT Infomedia Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Customer Relationship Media atau CRM merupakan salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh berbagai perusahaan. CRM berguna untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang bertujuan mempertahankan pelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang. 

Tidak semua perusahaan memiliki departemen CRM sendiri, untuk itu biasanya mereka bekerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa CRM. Salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis sebagai penyedia layanan CRM adalah PT Infomedia Nusantara.

PT Infomedia Nusantara juga menyediakan layanan Shared Service Operation (SSO) yang berupa layanan SSO Consulting; SSO Application; SSO Solution. Berikut Ulasan Liputan6.com tentang perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan PT Infomedia Nusantara

Perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara bermula pada tahun 1984. Pada waktu itu perusahaan ini memulai usahanya dengan nama PT Elnusa Yellow Pages. PT Elnusa Yellow Pages adalah perusahaan yang memproduksi buku direktori yang sangat populer bernama Yellowpages. 

Sebelum ponsel menjadi perangkat komunikasi yang banyak digunakan seperti sekarang, buku Yellowpages menjadi buku wajib yang harus dimiliki oleh setiap rumah atau kantor yang memiliki telepon rumah. Buku yang namanya diambil dari halaman yang berwarna kuning ini, memuat daftar kontak nomor telepon kantor, instansi negara, rumah sakit, dan nomor telepon penting lainnya.

Selain itu, Yellow pages juga memuat semua nomor telepon pengguna layanan Telkom kala itu. Daftar nomor telepon disusun secara alfabetis berdasarkan nama pemiliknya.hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam mencari nomor telepon yang dituju. Jumlah pengguna telepon rumah tentu mengalami perubahan setiap tahunnya, untuk itu PT Elnusa Yellow Pages selalu mencetak buku baru tiap tahun.

Pada 1995, PT Elnusa Yellow Pages berubah nama menjadi PT Infomedia Nusantara setelah PT Telkom Tbk Menjadi salah satu investornya. PT Infomedia Nusantara masih memproduksi buku Yellowpages sebagai kegiatan bisnisnya.

Pada 2002 saat ponsel mulai banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia, PT Infomedia Nusantara mulai menginisiasikan layanan call center untuk perusahaan lain. Layanan call center yang dilakukan oleh PT Infomedia Nusantara, berupa voice based call yang terdiri dari inbound dan outbound call dengan menggunakan Interactive Voice Response (IVR) technology.

Seiring perjalanan waktu dan kemajuan teknologi PT Infomedia Nusantara menjawab tantangan bisnis dengan terus berinovasi untuk memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pada 2010 PT Infomedia Nusantara membuat transformasi portofolio perusahaan menjadi Contact Center Operation Service. 

Dengan portofolio ini PT Infomedia Nusantara mengimplementasikan layanan berbasis multi-channel yang berupa Call, Walk in, Multimedia, and Social media. Contact Center Operation Service yang dilakukan oleh PT Infomedia Nusantara juga menyediakan layanan End to end Customer Engagement, Back office processing, dan Technical support.

Pada 2014, PT Infomedia Nusantara melakukan ekspansi bisnis secara vertikal dengan fokus pada penyediaan solusi industri. Solusi industri yang ditawarkan, berupa Customer Relationship Management (CRM), Information Technology Outsourcing (ITO), dan Knowledge Process Outsourcing (KPO).

Semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan industri, pada 2020 PT Infomedia Nusantara mempertajam portofolionya. Perusahaan ini mempertajam portofolionya menjadi dua bidang, yaitu CRM dan SSO atau Shared Service Operation.

3 dari 3 halaman

Unit Bisnis PT Infomedia Nusantara

PT Infomedia Nusantara kini memiliki 3 tiga unit bisnis yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan industri di Indonesia. Unit usaha Infomedia sejak awal terbentuk masih berjalan hingga saat ini, yaitu memberikan layanan direktori. Layanan ini tersedia dalam bentuk cetak maupun elektronik , salah satunya dengan menerbitkan Buku Petunjuk Telepon (BPT).

Unit usaha PT Infomedia Nusantara yang kedua adalah Layanan Contact Center yang menyediakan jasa outsourcing untuk aktivitas pemasaran maupun peningkatan kualitas layanan hubungan antara mitra Infomedia dengan pelanggannya. Berbeda dengan layanan direktori, layanan satu ini lebih menyasar pada sektor industri

Unit usaha PT Infomedia Nusantara yang ketiga adalah layanan konten yang fokus pada penyediaan data sesuai dengan kebutuhan mitra dan pelanggan. Perusahaan yang menggunakan jasa layanan PT Infomedia Nusantara diantaranya perusahaan perbankan, perusahaan layanan umum, perusahaan transportasi, perusahaan telekomunikasi, dan lain-lain.

PT Infomedia Nusantara Menjadi market leader di industri contact center. Secara berkelanjutan, Infomedia telah mengembangkan solusi manajemen pelayanan pelanggan atau CRM ke arah digital. Dengan mengadopsi perkembangan teknologi dan infrastruktur terkini, sesuai tren dan tuntutan pasar, Infomedia mengembangkan cakupan layanannya sebagai penyedia solusi digital Customer Experience. Layanan CRM yang disediakan oleh Infomedia meliputi CRM Consulting, CRM Application, dan CRM Solution.

Layanan Shared Service Operation (SSO) yang dilakukan oleh PT Infomedia Nusantara, meliputi Digitalisasi back-end process yang juga menjadi kapabilitas Infomedia dalam menyediakan layanan business process secara menyeluruh. Layanan SSO yang disediakan, diantaranya SSO Consulting, SSO Application, dan SSO Solution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.