Sukses

7 Contoh Pidato Singkat untuk Berbagai Acara, Tema Pendidikan hingga Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Pidato berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki dua makna. Pertama, pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang mana ditujukan kepada orang banyak. Sementara itu, arti lainnya, pidato merupakan wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Pidato biasanya disampaikan dalam sebuah acara-acara formal.

Pada umumnya, tujuan dari sebuah pidato adalah untuk mempersuasi atau membujuk audiens. Akan tetapi, pidato juga dapat ditujukan untuk kepentingan lainnya, termasuk ungkapan terima kasih, pengajaran dan bahkan hiburan. Isi dan tema dari sebuah pidato juga ditentukan dari jenis acara yang menyertainya. Terdapat teks pidato yang dibuat cukup panjang dan ada juga pidato yang dibuat cukup singkat.

Beberapa contoh pidato singkat ditujukan untuk menjalin hubungan yang dinamis di antara pembicara dan audiens dalam waktu yang terbatas. Meskipun disampaikan dalam waktu yang sebentar, contoh pidato singkat yang demikian biasanya tetap mampu menarik perhatian dan pemahaman dari audiens. Pidato yang dinamis adalah contoh pidato yang baik. Dalam sebuah pidato terdapat tiga bagian dasar atau struktur wajib yang harus ada di dalamnya.

Tiga bagian tersebut adalah pembukaan, isi dan penutup. Bagian pembukaan biasanya berupa sapaan atau ucapan hormat, salam, perkenalan diri, ucapan syukur serta terkadang tujuan atau tema pidato yang akan disampaikan. Kemudian, bagian isi membahas tentang hal-hal yang harus disampaikan sesuai dengan tema. Dalam hal ini bagian isi menjadi bagian inti. Terakhir, pada bagian penutup biasanya berisi ucapan terima kasih, permohonan maaf, salam penutup dan bisa juga disertai dengan kesimpulan. Berikut liputan6.com ulas tentang berbagai contoh pidato singkat, Jum’at (9/12/22) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

1. Contoh Pidato Singkat Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA N 1 Sukamaju, yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMA N 1 Sukamaju, yang saya hormati Bapak serta Ibu Wali Murid SMA N 1 Sukamaju dan yang saya sayangi anak-anakku kelas XII SMA N 1 Sukamaju.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di aula SMA Negeri 1 Sukamaju dalam keadaan sehat dan tidak ada kurang suatu apapun. Pada hari yang istimewa, yakni ulang tahun SMA Negeri 1 Sukamaju yang ke-100 ini, izinkan saya untuk menyampaikan beberapa patah kata tentang pentingnya pendidikan anak-anak.

Bapak dan ibu yang saya hormati, dalam islam ada sebuah hadits tentang menuntut ilmu yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Arti dari hadits tersebut adalah menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Apakah bapak dan ibu serta anak-anak pernah mendengar ini sebelumnya? Hadits ini berarti,  baik perempuan ataupun laki-laki, menuntut ilmu adalah sebuah keharusan.

Tidak ada larangan bagi mereka yang ingin menuntut ilmu. Pendidikan di sekolah ini menjadi salah satu cara bagi anak-anak belajar untuk menuntut ilmu. Bertahun-tahun lamanya mereka dibina oleh para guru di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas saat ini.

Telah tiba saatnya para guru melepas mereka dengan bangga, meskipun ada rasa kehilangan di sana. Mereka telah melakukan yang terbaik. Setelah ini, biarkanlah anak-anak untuk menuntut ilmu dengan mandiri. Berikan kesempatan bagi mereka untuk menentukan pilihan pendidikan selanjutnya. Kami sebagai guru akan mendukung apapun keputusan baik yang dibuat mereka. Begitu pula bapak dan ibu wali murid sekalian. Hendaknya bapak dan ibu memberikan mereka kesempatan dan menghargai keputusan anak-anak dengan tidak memaksakan kehendak. Berikan waktu untuk mereka berbicara dan gunakan sebaik-baiknya waktu untuk berdiskusi.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati. Burung Irian, Burung Cendrawasih. Mereka berkicau pagi-pagi. Cukup sekian dan terima kasih. Semoga kita berjumpa lagi. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

2. Contoh Pidato Singkat Kebersihan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati Bapak Kepala Desa dan seluruh warga Desa Sukamulyo. Alhamdulillahirabbil’alamiin pada hari ini kita dapat berkumpul di Aula Balai Desa Sukamulyo dalam keadaan yang sehat wal’afiat.

Pada hari senin yang cerah ini, izinkanlah saya selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Kebersihan Kecamatan Sukamulyo untuk menyampaikan beberapa hal tentang pentingnya menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya.

Bapak dan ibu yang saya hormati, dalam sebuah hadits riwayat Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dari Abi Malik disebutkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Hadits yang satu ini mungkin sudah sering bapak dan ibu dengar dan bahkan sudah terlalu sering. Akan tetapi, apakah bapak dan ibu sudah benar-benar menerapkannya karena telah sering mendengar hal tersebut? Melakukan kebersihan bukan hal yang sulit, tetapi sulit untuk menjaga kebersihan itu sendiri.

Menjaga kebersihan bukan hanya sekadar hal yang dianjurkan, tetapi menjadi sebuah kewajiban. Dengan menjaga kebersihan, kita semua akan terhindar dari berbagai macam penyakit fisik. Selain berpengaruh terhadap kesehatan fisik, kebersihan juga dapat menjaga kesehatan mental.

Menjaga kebersihan akan menjaga diri kita dan orang-orang yang kita sayang jauh dari hal-hal yang merugikan. Bukankah semua tidak ada artinya jika tubuh kita tidak sehat? Mulai lah dari hal-hal yang kecil jika bapak dan ibu kesulitan menjaga kebersihan secara konsisten. Lakukan secara perlahan hingga bapak dan ibu mampu selalu menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri, rumah dan lingkungan sekitar.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang senantiasa selalu menjaga kebersihan. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, terima kasih dan wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

4 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

3. Contoh Pidato Singkat Peringatan Hari Kemerdekaan

17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita. Ya, ini adalah sepenggal lirik dari lagu Hari Merdeka karya Huseun Mutahar.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat berkumpul di lapangan Desa Sukamakmur pada tanggal 17 Agustus ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Sukamakmur, yang saya hormati bapak dan ibu warga Desa Sukamakmur dan anak-anak sekalian yang saya banggakan. Hari ini adalah hari yang bersejarah. Hari ini kita memperingati sesuatu yang luar biasa. Sebuah perjuangan yang sangat tidak mudah bagi kita semua dapat memperingati hari ini. Semangat juang para pahlawan bahkan masih dapat kita rasakan, meskipun sudah lebih dari 70 tahun lamanya kemerdekaaan.

Apa yang telah kita lakukan untuk membuat perjuangan para pahlawan agar tidak sia-sia? Apa yang telah kita lakukan sebagai bentuk rasa syukur dapat hidup nyaman, aman dan merdeka selama lebih dari 70 tahun ini? Saya mengajak bapak dan ibu serta anak-anakku sekalian untuk merenungkan pertanyaan tersebut. Jangan biarkan mereka yang ingin membuat kita mempermalukan bangsa sendiri, jangan biarkan mereka yang ingin merusak harkat dan martabat bangsa dan jangan biarkan mereka yang ingin kita menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan bangsa.

Maju dan pantang menyerah, tunjukkan bahwa kita adalah warga negara yang baik. Warga negara yang menyukai kedamaian tanpa konflik dan warga negara yang turut memperjuangkan keadilan. Jangan menyerah, sekali lagi jangan menyerah dengan bangsa ini. Kita pasti bisa tumbuh dan menjadi lebih baik jika melakukannya bersama. Merdeka, merdeka, merdeka!.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

5. Contoh Pidato Singkat Acara Pernikahan Sahabat

Selamat pagi semua. Yang saya hormati bapak dan ibu mempelai, yang saya hormati kedua mempelai dan yang saya hormati bapak dan ibu tamu undangan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mempertemukan kita bersama untuk menjadi saksi pernikahan dua insan yang saling mencintai.

Izinkanlah saya, Caca sebagai sahabat dari mempelai perempuan  menyampaikan beberapa kata untuk kedua mempelai. Saya telah mengenalnya semenjak kami masih sering bermain hanya dengan celana dalam atau popok saja. Mungkin ibu kami juga sedang tertawa jika mengingat pertemuan pertama kami hingga menjadi sahabat baik sampai saat ini. Hari ini, aku tidak menyangka akan begitu menangis bahagia karenamu. Aku tidak menangis karena disakiti olehmu, wahai sahabatku, tetapi aku menangis karena terlalu bahagia untukmu.

Ingatkah engkau yang selalu mengatakan padaku ingin bertemu cinta sejati bagaikan sang putri dan kesatria di negeri dongeng? Ya, dulu aku hanya bisa tertawa mendengar kata-katamu, tetapi hari ini kau akhirnya mewujudkannya. Dia yang telah dan akan selalu memperlakukanmu bagaikan putri bahkan ratu. Akhirnya kau bertemu dengan kesatriamu.

Kau yang selalu menemaniku di saat suka dan duka, akhirnya hari ini aku melepasmu untuk menjadi istrinya. Kau telah menjadi wanita dewasa seutuhnya, meskipun dalam hatiku kau tetap sahabat kecil dan manjaku. Aku berjanji akan selalu menjadi sahabatmu. Aku titipkan dia padamu wahai suami sahabatku. Aku harap kau memegang janjimu.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kedua mempelai dan keluarga akan selalu bahagia.

6 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

5. Contoh Pidato Singkat Kelulusan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Rektor Universitas Negeri Sukajaya dan jajarannya, yang terhormat Bapak dan ibu dosen Universitas Negeri Sukajaya, yang saya hormati Bapak dan Ibu keluarga mahasiswa Universitas Negeri Sukajaya serta teman-teman wisudawan yang saya sayangi. Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di Graha Wiyata Universitas Negeri Sukajaya dalam keadaan sehat untuk mengikuti acara wisuda ke-100.

Izinkan saya, Caca dari Program Studi Keperawatan untuk menyampaikan beberapa patah kata pada hari yang membahagiakan ini. Saya ucapkan selamat kepada kita semua yang akhirnya sampai pada titik ini. Selamat kepada para wisudawan, selamat kepada bapak dan ibu dosen serta selamat kepada orang tua atau keluarga mahasiswa. Hari ini adalah hari yang sangat layak untuk dirayakan.

Terima kasih kepada bapak dan ibu dosen serta keluarga yang telah membantu dan mendukung kami, para mahasiswa. Tanpa kalian, kami mungkin akan lebih sulit untuk mencapainya. Kemudian, terima kasih yang utama ini saya sampaikan kepada kita semua, para wisudawan yang telah berjuang tanpa putus asa. Kita telah melakukan yang terbaik.

Masa depan sudah di depan mata. Setelah kelulusan ini, kita semua akan menyambut dunia kerja, dunia baru dengan segala rintangannya. Saatnya untuk menguatkan diri lebih dari sebelumnya. Pendidikan yang telah kita peroleh semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Pendidikan adalah aset yang paling penting, sama pentingnya dengan makanan, tempat tinggal, dan pakaian. Oleh karena itu, pendidikan yang telah ditempuh selama ini semoga bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk membuktikan diri di masyarakat dan menjadi sukses di masa depan.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Sesungguhnya ilmu yang bermanfaat adalah yang berguna bagi orang lain. Terima kasih dan wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

6. Contoh Pidato Singkat Hemat Energi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat berkumpul di Aula Kecamatan Sukasuka dalam keadaan sehat.

Apakah bapak dan ibu merasa semakin hari cuaca semakin tidak menentu? Apakah bapak dan ibu sadar jika bumi kita semakin berbeda? Ya, tidak hanya manusia, tetapi bumi yang kita tinggali juga semakin banyak berubah seiring berjalannya waktu. Menjaga bumi ini adalah tanggung jawab kita semua yang tinggal di dalamnya. Seharusnya kita menjaga, bukan merusaknya. Kita bisa mengambil apapun yang ada di bumi, tetapi tidak untuk terlalu serakah dan membahayakannya.

Bapak dan ibu, marilah kita semua dapat menghemat penggunaan energi. Ini karena energi yang yang bapak ibu gunakan banyak yang berasal dari bahan bakar fosil. Laju penggunaan bahan bakar fosil yang lebih cepat daripada pembentukannya, tentu bukan hal yang baik. Bahan bakar fosil ini juga merupakan salah satu penyebab utama adanya pemanasan global dan perubahan iklim. Jadi, ini adalah alasan dibalik cuaca yang tidak menentu dan bahkan udara yang terasa tidak sehat. Air yang bapak dan ibu gunakan, juga gunakan lah dengan secukupnya.

Gunakan semua energi dengan sewajarnya. Kita dapat memulainya dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti mematikan lampu dan televisi atau alat elektronik lainnya jika tidak digunakan, menggunakan lebih sedikit AC atau alat pendingin, menggunakan listrik dan air secukupnya dsb. Hal-hal yang dianggap sepele ini sebenarnya sangat bermanfaat. Dimulai dari langkah-langkah kecil untuk tujuan yang lebih besar.

Demikian  yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf jika ada kekeliruan.Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8 dari 8 halaman

Contoh Pidato Singkat

7. Contoh Pidato Singkat Menjaga Kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati bapak dan ibu tamu undangan dalam Seminar Kesehatan Nasional. Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Bapak dan ibu yang saya hormati, kesehatan adalah alasan utama kita dapat melakukan berbagai kegiatan dan menjalani kehidupan dengan lebih mudah. Kesehatan mahal harganya dan suatu berkah yang lebih dari cukup bagi kita semua. Tanpa kesehatan, maka akan lebih sedikit kegitan yang bisa kita laksanakan. Sebuah kehidupan tanpa kesehatan sama dengan pohon yang sedikit mendapatkan air.

Kesehatan yang perlu kita jaga tidak hanya terbatas pada kesehatan tubuh, tetapi termasuk kesehatan mental dan/ atau spiritual. Menjaga kesehatan jasmani, tanpa melupakan kesehatan hubungan dengan Sang Pencipta. Semuanya harus seimbang. Jika salah satu rusak, maka seseorang tidak dapat disebut sehat sepenuhnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, terdapat berbagai hal yang bisa kita lakukan, seperti olahraga dengan teratur, minimal dengan berlari santai atau berjalan-jalan selama 30 menit setiap harinya. Selanjutnya, kita juga perlu , mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta beristirahat dengan cukup. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental dan spiritual, pertama bapak dan ibu dapat terus menjaga komunikasi dengan orang lain serta keluarga. Olahraga, seperti yoga juga bisa membantu memberikan kenyamanan mental. Hadirin sekalian dapat melakukan kegiatan ini sebanyak satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan kesehatan pikiran dan jiwa yang lebih baik.

Selalu berpikir positif juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental. Sementara itu, selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah cara mutlak untuk menjaga kesehatan spiritual atau hubungan rohani dengan-Nya. Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah ini semua juga dengan tetap menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya dan buat hidup Anda lebih nyaman dengan lingkungan yang bersih.

Karena merupakan hal yang paling penting, mari kita semua senantiasa selalu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Terima kasih atas perhatian bapak dan ibu serta mohon maaf apabila ada kesalahan. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS