Sukses

PT Siantar Top adalah Perusahaan di Bidang Produk Makanan Ringan, Simak Profilnya

Liputan6.com, Jakarta PT Siantar Top merupakan perusahaan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan yang mendistribusikan produk-produk makanan ringan untuk masyarakat di tanah air.

PT Siantar Top adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan ringan, yaitu mie (snack noodle), kerupuk (crackers) dan kembang gula (candy). Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1972.

PT Siantar Top bermarkas di Sidoarjo, Jawa Timur dan produknya telah merambah ke seluruh pasar di Tanah Air. Bahkan PT Siantar Top mulai melebarkan sayapnya dengan melakukan ekspansi di beberapa kawasan Asia, salah satunya China.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Siantar Top dan sejarahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Siantar Top

PT Siantar Top berdiri sejak tahun 1972 di Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan ini didirikan oleh Shindo Sumidomo dengan skala industri kecil. PT Siantar Top adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia. PT Siantar Top merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang industri makanan ringan, yaitu mie (snack noodle), kerupuk (crackers) dan kembang gula (candy).

Saat ini PT Siantar Top terus berkembang dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan garda terdepan yang bergerak di bidang manufacturing makanan ringan. PT Siantar Top mulai melebarkan sayapnya, melakukan ekspansi di beberapa kawasan Asia, salah satunya China.

Seiring dengan berjalannya waktu, PT Siantar Top terus melakukan pembenahan dalam segi kualitas produk sehingga bisa diterima di berbagai kalangan. Dengan kualitas produknya, kini berbagai macam produk PT Siantar Top dapat dinikmati oleh konsumen yang tersebar di mancanegara.

3 dari 4 halaman

Sejarah Singkat PT Siantar Top

PT Siantar Top didirikan oleh Shindo Sumidomo yang dilahirkan pada tahun 1953 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Pada tahun 1972, beliau yang saat itu masih berusia 19 tahun mulai merantau dan memutuskan untuk menetap di Surabaya. Dengan mengadopsi pepatah Cina “Rakyat utamakan makan, makan utamakan rasa”, beliau mulai merintis usaha rumahan yang bergerak di bidang makanan ringan. Karena keyakinan, semangat pantang menyerah, inovasi, dan juga kecintaan yang dimiliki, akhirnya usahanya berkembang pesat.

Pada tahun 1987, perusahaan didaftarkan dengan nama PT Siantar Top Industri berdasarkan akta No. 45 tanggal 12 Mei 1987 dari Ny. Endang Widjajanti, S.H., notaris di Sidoarjo. Dengan begitu, usaha rumahan Shindo Sumidomo berubah menjadi PT Siantar Top.

Pada 1991, perusahaan mulai memproduksi varian permen. Kemudian dua tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1989 beliau mendirikan pabrik baru seluas 25.000 m² yang berlokasi di Tambak Sawah, Sidoarjo, Jawa Timur.

Perluasan usaha juga terus dilakukan oleh PT Siantar Top Tbk. Dimulai di tahun 1998  dengan mendirikan pabrik baru di Medan, tahun 2002 mendirikan pabrik di Bekasi, dan yang terbaru pada tahun 2011 mendirikan pabrik di Makasar. Selain itu, perusahaan juga mengembangkan pabrik kopi tahun 2014.

Saat ini PT Siantar Top terus berkembang dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan garda terdepan yang bergerak di bidang manufacturing makanan ringan. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan terutama bergerak dalam bidang industri makanan ringan, yaitu mie (snack noodle), kerupuk (crackers) dan kembang gula (candy).

PT Siantar Top mulai melebarkan sayapnya, melakukan ekspansi di beberapa kawasan Asia, salah satunya adalah Cina. Shindo Sumidomo yakin dengan komitmen yang kuat serta usaha yang tiada hentinya mampu menghantarkan Siantar Top berjaya dan menjadi merk terdepan baik di skala Nasional maupun International.

PT Siantar Top terus mengembangkan perusahaan dengan mengedepankan komitmen, antara lain:

1. Berusaha meningkatkan inovasi produk dengan penambahan investasi baru di kategori produk biscuit dan wafer.

2. Meningkatkan kinerja distribusi untuk penetrasi pasar luas.

3. Berusaha untuk mendekatkan diri ke pasar.

4. Meningkatkan soft skill (integritas dan inisiatif) dari sumber daya manusia atau SDM.

5. Menggunakan teknologi R&D dan teknologi mesin dari Jepang dan Korea.

4 dari 4 halaman

Produk-Produk PT Siantar Top

Seiring dengan berjalannya waktu, PT Siantar Top terus melakukan pembenahan dalam segi kualitas produk sehingga bisa diterima di berbagai kalangan. Dan karena kualitas produknya, kini berbagai macam produk PT Siantar Top dapat dinikmati oleh konsumen yang tersebar di mancanegara, antara lain:

1. Mie yang bermerek Spix, Mie Gemez, Gemez Enaak & Suki

2. Mi instan yang bermerek Fajar

3. Snack yang bermerek Twistko, French Fries 2000, O'Potato 2000, Ketagi, TicTic, Leanet, Potato Tube & Mister

4. Permen yang bermerek Dr. Milk

5. Biskuit yang bermerek GO!, GO! Potato, GO! Malkist, Goriorio, Malkrez & Wafer Superman

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS