Sukses

Transgender Artinya Seseorang Merasa Gendernya Berbeda dengan Jenis Kelaminnya, Pahami Istilah Terkait Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Arti Transgender mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Padahal, istilah ini telah dibicarakan oleh banyak orang dan menjadi topik diskusi di mana-mana. Transgender berkaitan dengan sikap seseorang terhadap gender mereka sendiri.

Transgender juga kerap kali dibahas dengan istilah lainnya seperti transeksual. Namun, penyebutan transgender lebih umum digunakan dalam masyarakat. Kamu juga perlu memahami makna dari istilah lainnya seperti transpuan, trans laki-laki, dan non-biner.

Transgender artinya seseorang merasa gendernya tidak sesuai dengan jenis kelamin saat lahir. Contohnya yaitu seorang wanita transgender terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, tetapi orang tersebut merasa dirinya adalah seorang wanita.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022) tentang arti transgender.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Transgender Artinya

Transgender artinya yaitu seseorang yang merasa bahwa identitas gendernya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Contohnya yaitu, seorang wanita transgender artinya seorang yang terlahir berjenis kelamin laki-laki, tetapi orang tersebut merasa bahwa dirinya adalah seorang wanita. Begitu pula sebaliknya.

Transgender artinya individu yang merasa identitas gendernya berbeda dengan jenis kelamin biologisnya sejak lahir. Identitas gender ini merujuk pada konsepsi seseorang mengenai gendernya sendiri, yaitu berupa identifikasi diri sebagai laki-laki, perempuan, atau tidak keduanya. Saat baru lahir, dokter akan menentukan bahwa kamu adalah laki-laki atau perempuan secara langsung. Keputusan dokter ini diambil berdasarkan komponen biologis yang dibawa, seperti alat kelamin, kromosom, dan hormon bayi yang baru lahir.

Seiring pertumbuhan, banyak orang dapat mengembangkan identitas gender bahwa ia memang seorang laki-laki karena memiliki penis, atau seorang perempuan karena memiliki vagina. Kelompok orang ini disebut cisgender. Sementara itu, beberapa orang merasa bahwa jati diri mereka berbeda dengan jenis kelaminnya. Orang-orang inilah yang disebut transgender. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), transgender adalah mengganti jenis kelamin dengan operasi. Dalam KBBI, transgender artinya sama dengan transeksual atau berkenaan dengan transeksual.

3 dari 4 halaman

Istilah yang Berkaitan dengan Transgender

Selain transgender, ada beberapa istilah lainnya yang berkaitan dengan kata ini, seperti transeksual, transpuan, pria trans, hingga non-biner.

Transeksual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transeksual adalah orang yang secara emosional dan psikologis ingin hidup, berpakaian, dan sebagainya seperti lawan jenisnya, terutama yang telah melakukan operasi medis untuk mengganti organ seksualnya.

Transgender artinya orang yang merasa identitasnya berbeda dengan jenis kelaminnya sejak lahir, sedangkan transeksual artinya merujuk pada transgender yang melakukan usaha perubahan kelamin, seperti dengan tindakan operasi atau terapi hormon. Istilah trangender lebih sering digunakan daripada transeksual.

Transpuan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transpuan adalah transgender perempuan atau orang yang terlahir dengan alat reproduksi laki-laki, tetapi mengidentifikasi diri sebagai perempuan. Transpuan ini sering juga dikenal dengan sebutan waria.

Trans Laki-Laki atau Pria Trans

Trans laki-laki atau pria trans adalah kebalikan dari transpuan, yaitu transgeder dari perempuan yang kemudian mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki.

Non-biner atau Genderqueer

Orang dengan identitas gender tidak masuk dalam kategori pria atau wanita disebut dengan non-biner atau genderqueer. Selain bukan termasuk pria atau wanita, beberapa orang non-biner juga merasa ia adalah kombinasi antara laki-laki dan perempuan.

4 dari 4 halaman

Penjelasan Tentang Transgender

Melansir Alodokter, transgender bukanlah tergolong sebagai gangguan mental. Keputusan transgender artinya bukan gangguan mental diberlakukan World Health Organization (WHO) mulai tahun 2022. Namun, seorang transgender dapat mengalami gangguan mental karena konflik dalam diri sendiri dan tekanan sosial. Hal ini disebabkan karena seorang transgender biasanya menyembunyikan identitasnya dari lingkungan sosial dalam waktu yang lama karena takut tidak diterima oleh masyarakat.

Hal inilah yang dapat membuat transgender merasa tertekan, depresi, dan tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Transgender dapat berkonsultasi dengan psikiater atau psikologi untuk memperbaiki kesehatan mental dan mengevaluasi kondisinya. Pada beberapa kasus, transisi gender menjadi salah satu solusi. Beberapa individu transgender melakukan usaha-usaha medis agar seutuhnya menjadi gender dan jenis kelamin yang mereka mau, seperti melakukan operasi ganti kelamin dan melakukan terapi hormon.

Selain itu, setiap transgender memiliki pengalaman yang bervariasi atau berbeda-beda tiap individunya. Pengalaman ini tentunya bersifat sangat personal bagi masing-masing indvidu. Beberapa individu transgender mungkin akan mengubah gaya berpakaiannya, mengganti nama mereka, hingga mengubah penampilan fisik, seperti rambut dan lain sebagainya. Bahkan, tidak jarang ada individu transgender yang meminta orang lain mengubah kata panggilan untuk mereka, seperti dari “Mas” menjadi “Mbak”.

Selain itu, trangender artinya tidak sama dengan orientasi seksual seseorang. Hal ini bahkan tidak memengaruhi orrientasi seksual seseorang. Transgender bisa homoseksual, heteroseksual, ataupun memiliki orientasi seksual lainnya. Transgender artinya berkaitan dengan identitas gender, sedangkan orientasis eksual adalah ketertaikan sesksual yang dimiliki oleh seseorang. Saat seseorang menjadi transgender, bukan berarti ia juga seorang homoseksual.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS