Sukses

Konsumsi Makanan Pedas, Empat Ruas Tulang Rusuk Wanita Ini Patah

Liputan6.com, Jakarta Makanan pedas memang tak bisa diragukan lagi sebagai menu favorit. Bahkan tidak lengkap rasanya jika menyantap menu masakan tanpa ada rasa pedas. Kendati demikian, mengonsumsi makanan pedas berlebih juga tak baik untuk kesehatan. Mulai dari dampak langsung hingga tak langsung harus dijadikan kewaspadaan. 

Seperti yang dilaporkan SCMP, seorang wanita mengalami kejadian nahas usai makan makanan pedas. Efek pedas yang menimbulkan batuk itu justru membuat tulang rusuknya sampai patah. Sedikit janggal memang dan jarang terjadi pada orang yang kepedasan pada umumnya. 

Namun kejadian ini benar dialami oleh seorang wanita asal Shanghai, China baru-baru ini. Bukan karena terjatuh atau kecelakaan lainnya, batuk ternyata bisa membuat tulang rusuk bisa patah. Bahkan sampai ada 4 ruas tulang rusuk berakhir patah yang bikin geleng kepala. 

Kendati demikian, hal ini dibenarkan oleh pihak medis usai mendiagnosa keluhan dan kronologi kejadian. Penyebab utama memang berasal dari makanan pedas, begitu pula batuk yang keras yang sebenarnya kerap dialami orang saat memakan makanan pedas. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari South China Morning Post, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Suara Keras Retakan Tulang Rusuk

Wanita yang tak diketahui bernama Huang itu mulanya mengonsumsi makanan yang sangat pedas. Saking pedasnya, ia batuk yang diiringi rasa sakit yang luar biasa di dada. Ia sempat menganggapnya hal yang wajar mengingat banyak orang yang batuk hingga tersedak akibat makanan pedas. 

Namun Huang sempat punya tanda-tanda awal ada yang yang janggal. Ia mengakui ketika dia batuk, dia mendengar suara retakan tajam datang dari dadanya. Awalnya, dia tidak berpikir ada yang salah, tetapi kemudian dia merasa sakit saat berbicara dan bernafas. Huang lantas dibawa ke rumah sakit terdekat. 

CT scan mengungkapkan empat tulang rusuk Huang patah, dan dia diberitahu oleh dokter bahwa dia perlu membalut dadanya selama sebulan dan beristirahat sementara tulang rusuknya sembuh.

3 dari 3 halaman

Faktor Pendukung Tulang Rusuk Bisa Patah

Para dokter mengatakan penyebab yang mendasari patah tulang kecil adalah berat badannya yang tidak sehat. Ia berdiri dengan tinggi 171 cm dan berat hanya 57 kg, Huang mengatakan dia sangat kurus di bagian atas tubuhnya dan tulang rusuknya terlihat.

“Tulang rusukmu bisa terlihat jelas di bawah kulitmu. Tidak ada otot yang menopang tulang, jadi tulang rusuk Anda mudah patah saat batuk, ”kata seorang dokter yang tidak disebutkan namanya.

Dia telah berjanji bahwa setelah pulih dari cederanya, dia akan melakukan lebih banyak latihan fisik untuk meningkatkan massa otot dan berat badan bagian atasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS