Sukses

Viral Mesin ATM Ini Tampilkan Wajah dan Saldo Nasabah Saat Bertransaksi

Liputan6.com, Jakarta Adanya ATM memberikan kemudahan seseorang dalam bertransaksi. Tak perlu membawa uang tunai, seseorang sudah bisa melakukan transaksi atau pembayaran hanya dengan membawa ponsel atau ATM.

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis ATM atau Automatic Teller Machine ini pun semakin banyak, mulai dari ATM tarik tunai hingga ATM nontunai. Bahkan kini mesin ATM cukup mudah untuk ditemukan dan biasanya dalam satu tempat tersedia ATM dari berbagai bank.

Ketika bertransaksi, seseorang pasti akan merahasiakan pin, jumlah saldo hingga transaksi yang dilakukan. Maraknya modus penipuan di ATM, membuat seseorang jadi lebih berhati-hati ketika bertransaksi.

Namun, belum lama ini viral mesin ATM yang menunjukkan wajah dan saldo semua nasabahnya di leaderboard atau papan peringkat. Saldo nasabah terlihat jelas hingga mencuri atensi pengujung tempat ATM tersebut berada.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Instagram @pubity tentang penampakan mesin ATM yang menunjukkan wajah dan saldo nasabah saat bertransaksi, Minggu (4/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mesin ATM Viral

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat segala sesuatu bisa dilakukan secara online. Bahkan di zaman sekarang ini seseorang seperti tidak mempunyai privasi karena data pribadi mudah tersebar, seperti ATM viral yang menampilkan wajah dan saldo nasabah.

Ditampilkannya saldo nasabah pada leaderboard atau papan peringkat tersebut tentunya menjadi perhatian banyak orang. Jumlah saldo pun diurutkan sesuai peringkat dari yang paling banyak hingga paling sedikit.

Terlihat dalam video tersebut, wajah nasabah yang telah melakukan transaksi langsung terekam dan tampak jelas di leaderboard. ATM tersebut seperti kamera tersembunyi yang langsung memotret nasabah ketika bertransaksi.

Rupanya di beberapa negara ada yang sudah memakai ATM pengenal wajah tersebut, seperti China hingga Singapura. Melansir dari berbagai sumber, dengan adanya ATM pengenal wajah tersebut, seseorang tak perlu pakai ATM ketika lakukan transaksi.

3 dari 3 halaman

Jadi Perhatian Banyak Orang

Jadi perhatian banyak orang, terlihat para nasabah lainnya atau pengunjung yang datang ke tempat tersebut ingin tahu jumlah saldo nasabah dari yang paling banyak sampai yang paling sedikit.

Ditampilkannya saldo dan wajah nasabah ketika bertransaksi tentunya ada untung dan ruginya. Meski terknologi semakin canggih, tentunya perlu untuk tetap berhati-hati dan menjaga privasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS