Sukses

Do Artinya Melakukan, Berikut 8 Arti Do dalam Berbagai Konteks Kalimat

Liputan6.com, Jakarta Do merupakan sebuah kata kerja dalam bahasa Inggris. Do artinya bisa melakukan. Namun, dalam bentuk kalimat tanya, do artinya bisa membuat, cukup, dan sebagainya.

Do merupakan kata kerja irregular, sehingga kata ini memiliki tiga bentuk, yakni do/does, did, dan done. Ada tiga jenis penggunaan kata do, yakni sebagai kata kerja utama, kata kerja bantu, dan kata kerja pengganti.

Sebagai kata kerja utama, do artinya melakukan. Sebagai kata kerja bantu atau auxiliary verb, do biasanya digunakan untuk membuat kalimat negatif dengan menambahkan "not", sehingga menjadi do not/don't/doesn't.

Sebagai kata kerja, "do" biasanya digunakan untuk mengacu pada kegiatan atau tindakan yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Jika dalam percakapan, do mengacu pada dialog sebelumnya.

Untuk lebih mengetahui apa itu do, berikut adalah ulasan lengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (4/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Do Artinya

1. Do Artinya Melakukan Tindakan

Sebagai kata kerja, do artinya bisa bermacam-macam tergantung bagaimana kata tersebut digunakan dalam sebuah kalimat. Do artinya melakukan atau mengambil bagian dalam suatu tindakan. Dalam hal ini, do digunakan untuk mengungkapkan tentang tindakan secara umum. Do biasanya digunakan saat penutur belum mengetahui atau memutuskan apa yang akan dilakukan. Misalnya dalam contoh kalimat berikut;

a. What have you been doing today, anything interesting? (Apa yang telah Anda lakukan hari ini, sesuatu yang menarik?)

b. There is nothing we can do except wait and see what happens. (Tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu dan melihat apa yang terjadi.)

c. Can I do anything to help? (Bisakah saya melakukan sesuatu untuk membantu?)

2. Do Artinya Telah Melakukan Sesuatu

Do artinya mencapai, menyelesaikan atau menangani sesuatu. Namun untuk mengungkapkan hal yang telah selesai dilakukan, yang digunakan adalah bentuk lampaunya, yakni did atau done. Berikut contoh kalimatnya:

a. I’ve done the washing up. (Saya sudah mencuci)

b. We did 80 miles on the first day of our cycling holiday. (Kami telah menempuh 80 mil pada hari pertama liburan bersepeda kami.)

c. She does the crossword in the newspaper every day. (Dia melakukan teka -teki silang di koran setiap hari.)

3 dari 5 halaman

3. Do Artinya Mengerjakan

Do artinya mengerjakan. Ketika berarti mengerjakan, biasanya do diikuti dengan kata benda seperti pekerjaan rumah, pekerjaan, dan tugas, seperti pada contoh kalimat berikut:

a. She has a lot of homework to do tonight. (Dia memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan malam ini.)

b. I’m going to do some work in the garden this weekend. (Saya akan melakukan beberapa pekerjaan di kebun akhir pekan ini.)

4. Do Artinya Belajar atau Mempelajari

Do artinya mempelajari. Ketika berarti mempelajari, do biasanya diikuti dengan kata yang mengacu pada bidang ilmu tertentu, mata pelajaran, mata kuliah, atau jurusan perkualiahan. Misalnya pada contoh berikut:

a. ?: What did you do at university? (Apa yang Anda pelajari di universitas?)

+: I did economics. (Saya belajar ekonomi.)

b. All children have to do English in primary school. (Semua anak harus belajar bahasa Inggris di sekolah dasar.)

4 dari 5 halaman

5. Do Artinya Ambil Bagian dalam Kegiatan

Do artinya ambil bagian dalam suatu kegiatan. Kagiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang rutin dilakukan dalam frekuensi tertentu. Misalnya dalam contoh kalimat berikut:

a. I did a lot of hiking and mountain-climbing when I was younger. (Saya sering hiking dan mendaki gunung ketika saya masih muda.)

b. She did a trip down the Amazon when she was in Brazil. (Dia melakukan perjalanan menyusuri Amazon ketika dia berada di Brasil.)

6. Do Artinya Membuat atau Menciptakan

Do sering digunakan untuk mengacu pada aktivitas atau tindakan membuat. Ketika do artinya membuat atau menciptakan, biasanya kata tersebut diikuti kata benda seperti copy, design, drawing, dan painting. Contohnya ada dalam beberapa kalimata berikut:

a. I like that photo of you and me. Can you do me a copy? (Saya suka foto Anda dan saya. Bisakah Anda membuatkan saya salinannya?)

b. Who did the design for the website? (Siapa yang membuat desain untuk situs web?)

c. She did a lovely painting of the lake where we stayed last summer. (Dia membuat lukisan danau yang indah tempat kami tinggal musim panas lalu.)

5 dari 5 halaman

7. Do Artinya Membersihkan atau Merapikan

Do biasanya juga digunakan untuk mengacu pada kegiatan bersih-bersih atau kegiatan merapikan sesuatu. Contoh kalimat di mana do artinya membersihkan atau merapikan adalah sebagai berikut:

a. The cleaner was doing my room when I came back. (Pembersih itu membersihkan kamar saya ketika saya kembali.)

b. I’ll just do my hair and then I’ll be ready. (Saya hanya akan merapikan rambut saya dan kemudian saya akan siap.)

8. Do Artinya Cukup atau Dapat Diterima

Do juga digunakan untuk mengacu pada hal-hal yang cukup atau dapat diterima, misalnya do juga mengacu pada ukuran sesuatu, seperti pada contoh percakapan berikut:

A: What size bag do you need? (Kantong sebesar apa yang kamu butuhkan?"

B: A small one will do. (Yang kecil sudah cukup.)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS