Sukses

15 Contoh Teks Deskripsi yang Singkat, Lengkap dengan Jenis dan Strukturnya

Liputan6.com, Jakarta Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang ide utamanya diutarakan dengan menggambarkan objek, tempat atau bahkan peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Teks deskripsi bertujuan membuat pembaca seolah-olah merasakan baik secara fisik maupun emosi secara langsung dengan apa yang dijelaskan di dalam teks. Contoh teks deskripsi akan dengan mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, sekolah, hingga kantor.

Deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu ‘describere’ yang memiliki arti menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai sesuatu. Contoh teks deskripsi bertujuan untuk mengajak pembaca supaya bisa memahami, merasakan dan menikmati sesuatu yang dibicarakan di dalam teks.

Penggambaran teks deskripsi sebisa mungkin ditulis secara konkret, dengan pilihan objek yang bersifat khusus dan dideskripsikan secara personal. Contoh teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dari sudut pandang penulis. Deskripsi adalah bentuk teks bermakna yang menggambarkan pengalaman yang berhubungan dengan indra, seperti apa bentuk, suara, hingga rasa. 

Berikut ini contoh teks deskripsi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Jenis dan Struktur Teks Deskripsi

1. Jenis-jenis Teks Deskriptif

- Deskripsi subjektif adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis tersebut.

- Deskripsi spatial merupakan teks yang hanya menggambarkan objek seperti tempat, ruangan atau suatu benda.

- Deskripsi objektif adalah teks yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenar-benarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan, tanpa embel-embel dari opini penulis.

- Deskripsi imajinatif adalah bentuk teks yang berisi tentang gambaran atau lukisan suatu tempat berlangsungnya suatu kejadian.

- Deskripsi faktual adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek dengan mengungkapkan identitasnya apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan yang sebenar-benarnya.

2. Struktur Teks Deskriptif

- Judul, yang mengandung tiga aspek yaitu relevan, provokatif atau menarik, dan juga singkat. Judul juga melambangkan cerita yang menjadi ringkasan tersirat dari keseluruhan teks, serta menjadi bagian penting sebagai daya tarik sebuah tulisan.

- Identifikasi di mana terdapat penentuan identitas dari orang, objek dan benda lainnya. 

- Klasifikasi adalah sebuah unsur penyusun dengan sistem dari suatu kelompok sesuai kaidah dan standar sudah ditetapkan.

- Deskripsi, yang berisi gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas di dalam teks.

- Kesimpulan merupakan bagian akhir, yang berupa penegasan pada hal yang dianggap penting. 

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi

1. Hutan Indonesia

Contoh teks deskripsi yang pertama tentang hutan di Indonesia, di mana kehadiran hutan semakin mengalami pengurangan yang signifikan, karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Dengan melakukan penebangan secara liar, tidak adanya reboisasi membuat hutan menjadi gundul. Hutan adalah kawasan yang cukup luas, di mana wilayah itu ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang dan tumbuhan lainnya. Hutan berperan sebagai paru-paru dunia, karena berfungsi sebagai penampung karbon dioksida dan tumbuhan adalah penghasil oksigen. Hutan dengan mudah dijumpai di daerah-daerah tropis maupun sub tropis, selain itu hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia.

2. Kebun Teh Kemuning

Perkebunan teh Kemuning terletak di kawasan lereng Gunung Lawu, Karanganyar. Perkebunan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dan sampai sekarang masih aktif beroperasi. Kebun teh ini mempunyai pesona tersendiri, dengan luas mencapai 438 Ha serta ketinggian antara 900-1500 meter dari permukaan laut. Kebun ini memiliki suhu udara yang cukup dingin, karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Tak hanya itu, tempat ini memiliki pemandangan seakan menyejukkan mata siapa pun yang memandang. 

3. Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung adalah salah satu perairan yang terletak di Jakarta, di mana sungai ini mengalir di seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung masih dipenuhi tumpukan sampah, karena ketidaksadaran masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan. Tumpukan sampah di sungai dihinggapi lalat yang selalu berterbangan ke perumahan warga, sehingga berpotensi membawa berbagai macam penyakit. Selain itu tumpukan sampah yang tidak segera dibersihkan, akan menebarkan bau yang sangat menyengat, serta memiliki pemandangan yang membuat sakit mata juga hati. 

4. Pantai Wediombo 

Pantai Wediombo adalah salah satu kawasan yang terletak di Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki jarak tempuh sekitar 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Di kanan dan kiri pantai landai, serta memiliki pasir putih sejauh mata memandang. Anda juga bisa melihat gugusan bukit kapur yang berwarna hijau, dan semakin indah karena ditumbuhi lumut. Namun, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini karena sangat berbahaya.

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan merupakan satu di antara gunung yang menjadi tujuan wisata alam terfavorit. Ketinggiannya mencapai 2.930 M, juga dikategorikan sebagai salah satu gunung paling aktif, juga sering mengalami erupsi.  Gunung Merapi termasuk jenis gunung berapi kerucut, dan jika ditinjau secara geografis, terletak di Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (DIY). Sebagai gunung yang sering erupsi, tentu memberikan nilai yang positif dan negatif bagi warga sekitar. Negatifnya, setiap erupsi datang, mereka harus mengungsi, namun untuk lahan pertanian di sana sangat subur. Terakhir Gunung Merapi mengalami erupsi pada 1 Juni 2020.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi

6. Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang permainannya dilakukan secara tim. Olahraga ini membutuhkan 11 pemain, yang umumnya terdiri dari penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah dan penyerang. Olahraga ini juga membutuhkan bola serta gawang sebagai pelengkap permainan, juga membutuhkan wasit sebagai pengadil di atas lapangan. Adapun olahraga secara tim ini, akan berlangsung selama 90 menit dan terbagi menjadi dua babak di mana setiap babak selama 45 menit.

7. Sungai Dareh 

Sungai Dareh merupakan salah satu sungai yang sangat bersih dan alami, di mana lebar sungainya mencapai 6 meter. Meskipun tidak sebesar sungai lainnya, namun membuatnya aman sebagai tempat untuk berenang. Tak hanya itu, sungai ini juga memiliki air yang bersih dan segar hampir tidak ada sampah satupun yang mengapung. Sepanjang pinggiran sungai juga terdapat batuan-batuan yang cukup besar, serta bagian kiri sungai meruapakan sawah yang sangat luas. 

8. Musik Tradisional Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung terletak di pulau Bangka, yang bagian utara provinsi ini terdapat Laut Tiongkok Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Belitung oleh Selat Karimata. Mayoritas masyarakat Bangka Belitung terdiri dari berbagai etnis, seperti Bugis, Minangkabau, Jawa, Banjar, Kepulauan Bawean, Aceh dan beberapa suku lain yang sudah lebih dulu melebur, sedangkan tionghoa etnis Khek dan Hokian, dengan bahasa daerahnya melayu, hingga musik  tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu-nya. Bangka tradisional juga terkenal dengan alunan musik dan budaya yang masih sangat kental. Salah satu alat musik Bangka Belitung adalah Dambus, yang mirip seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Alat musik Dambus juga biasanya dipakai untuk mengiringi tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian  khas Bangka Belitung, seperti tarian dan nyanyian Serumpun Sebalai.

9. Badak Bercula Satu

Badak bercula satu adalah hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini karena memiliki cula tunggal, dan masuk dalam kategori hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah. Memiliki badannya besar dan berotot, badak bercula satu adalah hewan terbesar di Pulau Jawa, dengan beratnya bisa mencapai 1,5 ton. Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar, serta sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya hampir tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulitnya cokelat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kukuh.

10. Sungai Serayu

Sungai Serayu merupakan sungai yang bersih dan juga alami, di mana lebar dari sungai serayu mencapai dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar. Tak hanya saja, sungai ini sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi. Bebatuan di tempat ini, kerap digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi

11. Gunung Wayang Windu

Wisata bandung Selatan yang sangat populer adalah gunung Wayang Windu yang secara administratif terletak di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Gunung ini menjadi tempat wisata yang digunakan untuk pendakian, dan patut dicoba bagi para pendaki. Selain memiliki kawah, dari puncak gunung ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri. Wayang Windu Panenjoan juga berada pada ketinggian 1.800 mdpl, dan berada dalam PTPN VIII Kebun Kertamanah. 

12. Ayah

Ayahku bernama Daud, memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi dan berusia sekitar 60 tahun. Rambutnya putih beruban, namun terdapat bekas cukur jenggot putih. Ayah memiliki kulit yang putih, dengan garis wajah yang tegas. Tak hanya itu, ayah memiliki rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Meskipun kelihatannya galak, namun ayah adalah orang yang sabar, serta memiliki raut wajah yang teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ayah juga tidak mudah mengucapkan kata-kata romantis, lebih irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. 

13. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang memiliki pemandangan alam indah, serta dikelilingi asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung gunung tersebut. Terdapat juga sejumlah burung-burung beterbangan di sekitaran gunung. Hamparan pohon hijau di lereng gunung, juga bisa dilihat dari kejahuan, dengan sungai yang mengalir dengan deras. Akan terdengar suara-suara gemericik air menetes dari daun, cuaca di sekitaran gunung sangat dingin sekali. Banyak juga orang yang sedang bermain offroad dengan sepada motor trailnya, dihiasi angin yang berembus kencang menerbangkan pasir-pasir di sekitar gunung. 

14. Hewan Citah

Citah adalah hewan yang masih satu anggota keluarga kucing, serta asli dari Afrika dan Iran tengah. Citah menjadi hewan darat tercepat yang diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 80 hingga 128 km/jam. Tak hanya itu, Citah juga memiliki tubuh yang dirancang untuk bisa berlari cepat, karena memiliki tubuh yang ringan, kakinya yang panjang. Citah dewasa memiliki berat sampai 72 kg, namun dengan kepala yang berbentuk kecil dan bulat, memiliki moncong pendek dan garis-garis hitam yang terlihat seperti bentuk air mata. 

15. Keindahan alam Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam melimpah ruah, serta terbentang dari Sabang hingga Merauke. Tak hanya itu, deretan keindahan alam Indonesia tak ada yang mampu menandingi, dengan pesona alam baik itu daratan hingga laut. Hal ini membuat banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi. Terdapat juga berbagai flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia, dan disebut sebagai paru-paru dunia, sebab 1/3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS