Sukses

Viral Kisah Anjing Pelacak Bernama Coco, Bantu Relawan Temukan Korban Cianjur

Liputan6.com, Jakarta Pasca gempa mengguncang Cianjur pada 21 November lalu, Badan SAR Nasional (Basarnas) masih terus berupaya temukan korban hilang bahkan kini memperpanjang masa pencarian korban Cianjur. Diketahui hingga saat ini tercatat ada 321 korban yang meninggal dunia.

Selain tim SAR, beberapa anjing pelacak juga dikerahkan untuk membantu mencari korban Cianjur yang masih hilang atau tertimbun reruntuhan, salah satunya adalah anjing pelacak bernama Coco.

Bantu Tim SAR menemukan 3 korban gempa Cianjur, kisah Coco viral di media sosial. Bukan pertama kali, Coco sering diturunkan untuk membantu Basarnas atau relawan dalam menemukan korban.

Anjing pintar dan dicintai banyak orang ini merupakan anjing labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Sederet fakta lainnya tentang Coco ini diunggah di akun Twitter @WidyoLita bikin warganet salut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kisah Coco anjing pelacak yang bantu relawan teemukan korban Cianjur, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bantu Temukan 3 Korban Cianjur

Berkat bantuan Coco, Basarnas berhasil temukan 3 korban Cianjur yang hilang. Diterjunkannya beberapa anjing pelacak, salah satunya adalah Coco tentunya sangat membantut Tim SAR dan relawan.

Digendong relawan pasca bertugas mencari korban yang hilang, foto Coco ini bikin warganet tersentuh. Coco anjing pelacak pintar ini dapat banyak ucapan semangat dan terima kasih dari warganet.

"Inget Coco?Di antara duka Cianjur, dpt info kalo Coco ikut terjun bantu relawan d sana. Anjing loyal itu sdh temukan 3 korban tertimbun. Dia digendong pasca bertugas utk efisiensi menempuh medan yg berlumpur.Smoga lbh byk lagi korban ktemu 🥺🙏Salut utk para relawan, jg Coco⚘." Tulis akun Twitter @WidyoLita (26/11/2022).

3 dari 5 halaman

Sering Diterjunkan Bantu Pencarian Korban

Bukan pertama kali, Coco sering diterjunkan untuk membantu relawan atau Tim SAR menemukan korban hilang karena suatu peristiwa. Selain bantu mencari korban gempa Cianjur, Coco juga pernah ikut terjun ketika ada musibah besar tropical cyclone Seroja tahun 2021.

"Ini Coco, labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Di musibah besar tropical cyclone Seroja tahun 2021, di Kupang ia ikut terjun & berhasil bantu temukan 5 korban.Love u, Coco ❤." Tulis @WidyoLita (26/10/2022).

4 dari 5 halaman

Anjing Pelacak Pintar

Pemilik akun Twitter @WidyoLita tuliskan sederet fakta tentang Coco, labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Sudah terlatih menjadi anjing pintar, Coco tentunya paham ketika dia dipanggil atau diarahkan untuk melakukan sesuatu.

"Anak ini anteng duduk manis nunggu dipanggil MC tampil di depan ratusan adek2 pramuka. Malahan pesertanya yg gelisah nggak sabaran nunggu dia beratraksi.Selesai tampail dgn lancar, giliran peserta rebutan mengelu-elukan dia.Good job, Coco ganteng 👍⚘." Tambah @WidyoLita.

5 dari 5 halaman

Dirawat dengan Sangat Baik

Ramai di media sosial, Coco si anjing pelacak pintar ini bikin netizen salut. Rupanya ada salah satu netizen yang pernah bertemu dengan Coco saat anjing pelacak ini diajak ke CFD (Car Free Day) Simpang Lima, Semarang.

“Aku juga pernah nih, poto sama coco. Waktu itu coco dibawa ke cfd simpang lima. Kebetulan sar dog nya teman kuliahku hhhe.. hebat kamuu co, sehat terus.” Tulis pemilik akun Twitter @kenyangbngetdeh.

Sangat membantu ketika diterjunkan membantu pencarian korban, pemilik Twitter @WidyoLita ungkap jika Coco dirawat dengan sangat baik dan tentunya penuh dengan kasih sayang.

"Maaf teman2, sy ngga bs merespon smua reply/QRT.Tapi rasa sayang, apresiasi, cinta serta doa utk ksehatan+ksejahteraan Coco sdh sy sampaikan ke trainer-nya yg kbetulan kawan sy.Jangan kawatir, Coco dirawat dgn sgt baik 💜💙💚🧡Terima kasih utk atensi kalian. Sehat selalu⚘🙏." Jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS