Sukses

6 Manfaat Mempelajari Biologi dalam Kehidupan, Sediakan Pangan hingga Jaga Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya, tentunya ada banyak sekali manfaat mempelajari biologi, terutama untuk mengetahui cara kerja organ tubuh manusia.

Tidak hanya itu, manfaat mempelajari biologi juga bagus untuk kehidupan sehari-hari. Dengan memahami kondisi tubuh dan cara kerja organ tubuh, tentu akan dapat memberikan pemahaman tentang cara menjaga kesehatan.

Tidak hanya sebatas bermanfaat untuk memberikan panduan tentang cara menjaga kesehatan, manfaat mempelajari biologi masih banyak lagi. Manfaat mempelajari biologi ini dapat dilihat dari banyaknya cabang ilmu biologi.

Misalnya Biologi mempelajari cara menanam tanaman, mengelola lahan pertanian dan memberantas hama. Hal ini jelas bermanfaat bagi manusia sebagai panduan dalam mengelola sumber daya alam berupa tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan.

Selain contoh tersebut, masih ada banyak lagi manfaat mempelajari biologi, dan berikut adalah beberapa manfaat lainnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Pertanian dan Perkebunan

Pangan adalah kebutuhan utama manusia untuk bisa tetap bertahan hidup. Sebagian besar bahan pangan berasal dari tumbuhan. Nah, inilah salah satu manfaat mempelajari biologi adalah terpenuhinya kebutuhan pangan.

Tanpa cabang ilmu biologi, yang tak lain adalah botani dan agronomi, mungkin sampai sekarang manusia tidak akan mengerti cara membudidayakan tanaman agar bisa menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas.

Botani sendiri merupakan ilmu yang mempelajari khusus tentang tumbuh-tumbuhan dan tanaman. Sedangkan agronomi adalah ilmu yang mempelajari tanaman budidaya. Biasanya mengkaji pemilihan benih yang baik, teknologi aplikasi pupuk yang tepat, jarak penanaman, serta kedalaman tanam untuk hasil yang maksimal bahkan sampai membuat biji yang baik dan berkualitas.

Dari situ sudah jelas, bahwa manfaat mempelajari biologi adalah kita dapat memenuhi kebutuhan akan pangan dengan meningkatkan hasil panen.

3 dari 7 halaman

2. Kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat mempelajari biologi adalah kita dapat mengetahui cara menjaga kesehatan. Dengan biologi, kita bisa mengetahui cara kerja tubuh kita, nutrisi seperti apa yang dibutuhkan untuk melancarkan kerjanya, dan jenis zat yang seperti apa yang harus dihindari.

Di samping itu, banyak cabang ilmu biologi yang terkait dengan penyakit, di antaranya patologi, virologi, dan bakteriologi. Ketiga cabang ilmu tersebut mempelajari hal-hal yang terkait dengan penyakit.

Dengan memahami karakteristik penyakit, makan ada kemungkinan untuk dibuat penangkal atau obatnya. Dengan kata lain, manfaat mempelajari biologi ini sangatlah penting untuk dunia kesehatan.

4 dari 7 halaman

3. Peternakan

Biologi tidak hanya mempelajari tentang manusia dan tumbuhan saja, melainkan juga hewan. Ada satu cabang ilmu biologi yang secara khusus mempelajari tentang hewan, yakni Zoologi. Zoologi adalah ilmu serius yang mempelajari tidak hanya perilaku, anatomi, dan struktur internal hewan, tetapi juga organisme secara keseluruhan.

Beberapa topik yang akan Anda temui termasuk habitat alami, kondisi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup, adaptasi, dan evolusi hewan. Pengetahuan semacam ini tentu sangat penting untuk kepentingan budidaya hewan di peternakan.

Dengan mengetahui apa yang terbaik untuk hewan ternak, termasuk bagaimana tempat tinggal terbaik dan pakan terbaik, tentu akan dapat meningkatkan hasil produksi. Dengan hasil ternak yang baik, tentu pemenuhan kebutuhan terhadap bahan pangan dan bahan lainnya, akan dengan mudah bisa terpenuhi.

5 dari 7 halaman

4. Industri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, termasuk manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam beberapa industri, seperti industri makanan, manfaat mempelajari biologi adalah pengetahuan tentang penggunaan bakteri dalam mendukung produksi makanan.

Ini terutama dalam kaitannya produksi makanan dan minuman fermentasi. Jika kamu sering mengonsumsi yogurt dan nata de coco, maka kamu sudah menikmati makanan hasil fermentasi yang dikaji dalam ilmu biologi.

6 dari 7 halaman

5. Energi

Sebagian sumber energi yang kita gunakan sekarang ini merupakan hasil dari tambang. Sumber energi tersebut tidak akan bertahan lama, dan lama-kelamaan akan habis. Oleh karena itu penting untuk mencari sumber energi alternatif, yang dapat menggantikan sumber energi dari tambang itu.

Nah, inilah manfaat mempelajari biologi, yakni kita dapat mencari dan menghasilkan sumber energi alternatif seperti biogas dan biodiesel.

Biogas dihasilkan dari kotoran ternak yang hasilnya berupa gas alami, sedangkan biodiesel dihasilkan dari tanaman seperti pohon jarak atau pohon singkong yang hasilnya berupa alkohol atau etanol.

7 dari 7 halaman

6. Bioteknologi

Selain mencari sumber energi alternatif, manfaat mempelajari biologi juga dapat memungkinkan kita untuk menghasilkan varietas tanaman baru yang lebih baik dengan rekayasa genetika dan kultur jaringan. Rekayasa genetika merupakan proses modifikasi atau manipulasi gen yang berfungsi menghasilkan organisme baru yang lebih unggul dari organisme sebelumnya.

Sedangkan kultur jaringan merupakan proses yang dilakukan dengan pengisolasian (pemisahan) bagian dari suatu tanaman, bisa berupa sekelompok sel atau jaringan ke tempat yang bebas dari penyakit. Sehingga, bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan memperbanyak diri.

Itu adalah sejumlah contoh manfaat mempelajari biologi. Di samping itu, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan dengan mempelajari biologi, termasuk memberikan pengetahuan bagi kita tentang bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik, sehingga nyaman untuk ditinggali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS