Sukses

Medium Seni Musik adalah Nada, Simak Penjelasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Musik merupakan salah satu bagian dari seni yang menggunakan bunyi sebagai media penciptaannya. Dengan kata lain, musik adalah salah satu cabang kesenian di mana pengungkapannya dilakukan melalui bunyi-bunyian atau suara. Kesenian ini banyak digemari oleh berbagai kalangan sebagai penikmat maupun sebagai pemainnya.

Medium seni musik adalah salah satu dasar yang harus diketahui ketika mempelajari seni bunyi ini. Seperti kanvas yang merupakan medium seni rupa, kayu dan batu yang merupakan medium seni ukur, medium seni musik adalah nada. Memiliki pengetahuan tentang nada dan unsur-unsur lain yang ada pada seni musik menjadi modal untuk mempelajari kesenian ini.

Medium dalam seni merupakan sesuatu yang digunakan untuk mewujudkan seni tersebut, dengan begitu medium seni musik adalah bunyi-bunyian. Berikut ulasan Liputan6.com tentang medium seni musik yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Medium Seni Musik adalah Nada

Seni musik menjadi salah satu kesenian yang tidak hanya menarik untuk dinikmati tapi juga dipelajari. Dalam mempelajari seni musik, medium seni musik adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Sebab, medium seni musik adalah dasar dari keseniaan ini.

Dalam musik, medium seni musik adalah komponen yang sangat vital. Tanpa medium seni musik, sebuah seni tidak dapat disebut dengan musik.Tanpa medium, seni musik tidak akan dapat menyampaikan pesan dan makna pada penikmatnya. Oleh karena itu, medium seni musik adalah sarana bagi komponis untuk berkomunikasi dengan para pendengar yang menikmati karya-karyanya.

Medium seni musik adalah nada yang merupakan perpaduan antara bunyi dan irama. Suara dihasilkan oleh instrumen yang bergetar secara periodik dan dapat dikontrol oleh pemainnya. Nada adalah media musik dan mengacu pada suara yang mengalir di udara dan mencapai penonton. Dengan begitu, nada menjadi medium seni musik yang paling utama.

3 dari 3 halaman

Medium Seni Musik adalah Unsur Pembentuknya

Pengertian Musik

Setelah mengenali apa itu medium seni musik, tidak ada salahnya juga mengenal lebih jauh apa itu Musik. Musik merupakan seni yang dibentuk dari kumpulan suara dan irama yang harmonis. Para komponis atau penggubah lagu menyusun suara-suara dengan nada tertenti menjadi musik yang enak didengarkan telinga. Musik mampu mengantarkan atau mengubah suasana tertentu, seperti haru, bahagia, sedih, dan lain sebagainya.

Sama seperti jenis seni lainnya, musik juga dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan pesan. Penikmat yang memiliki pengalaman serupa dengan pesan yang terkandung dalam sebuah seni biasanya akan merasa tersentuh karena merasa memiliki kaitan dengan karya seni tersebut, termasuk seni musik.

Komponen Nada

Seperti sudah dijelaskan, medium seni musik adalah nada. Nada menjadi komponen perpaduan antara bunyi dan irama dalam lagu atau musik. Nada yang merupakan medium seni musik tersusun dari beberapa unsur atau komponen, berikut komponen nada

1. Timbre

Timbre merupakan perbedaan sifat antara dua nada yang sama kuat dan sama tinggi nadanya dalam konstruksi instrumen yang menjadi kualitas kekhasan suatu nada dalam musik. Keberadaan timbre akan turut memperkaya jenis produksi suara yang dihasilkan, misalnya suara dari berbagai jenis alat musik yang bisa dirasakan dari notasi, suara, atau nada.

2. Harmoni

Harmoni merupakan komposisi kumpulan nada yang dimainkan secara bersama, sehingga menghasilkan sebuah instrumen yang indah dan merdu untuk di telinga. Harmoni memadukan berbagi timbre yang membentuk keselarasan keselarasan paduan nada yang enak untuk didengar

3. Pitch

Komponen nada selanjutnya adalah Pitch yang merupakan istilah yang mengacu pada ketepatan tinggi dan rendahnya nada. Suara dengan tinggi rendah nada ditentukan oleh laju getaran atau bisa juga bergantung pada panjang benda yang bergetar. Pitch menjadi penentu fals atau tidak fals-nya suatu nada.

4. Intensitas

Intensitas dalam medium seni musik adalah tingkat kenyaringan dan kelembutan suara dalam berbagai tingkat tekanan pada instrumen. Intensitas yang juga dikenal dengan  dinamika dapat membangkitkan hal-hal bersifat emosional dalam musik, terlebih saat musik bergerak dari keras ke lembut atau sebaliknya.

5. Tempo

Dalam seni musik, tempo mempunyai kedudukan yang penting. Keberadaan tempo akan membantu menyesuaikan kecepatan lagu dengan iringan musik. Tempo juga menjadi pengatur intensitas cepat atau lambat suatu musik atau lagu dimainkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS