Sukses

27 Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu, Secara Alami dan Tanpa Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Memiliki perut yang buncit dan berlemak tentu membuat Anda tidak nyaman, selain tidak percaya diri dengan penampilan yang Anda miliki, juga berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, ada banyak cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang bisa Anda lakukan, secara alami juga efektif dengan berbagai metode. 

Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengecilkan perut buncit secara instan, dengan mengonsumsi obat-obat pelangsing, namun tidak dapat bertahan lama dan memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan. Maka ada cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang bisa Anda lakukan diantaranya konsumsi lebih banyak serat larut, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, memiliki waktu tidur yang cukup, serta mengubah gaya hidup. 

Tak hanya itu saja, cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu tidak selalu diatasi dengan rutin berolahraga, namun Anda bisa lakukan dengan membatasi konsumsi gula, makan lebih banyak makanan berprotein tinggi, kunyah makanan secara menyeluruh, hindari stres dan kurangi alkohol. 

Berikut ini cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

1. Tidur yang cukup

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang bisa Anda lakukan adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti di King's College London menemukan adanya hubungan antara kurang tidur dan mengonsumsi kalori ekstra. Tujuan tidur adalah untuk menyegarkan energi, sehingga saat memiliki waktu tidur yang tidak maksimal, maka tubuh Anda akan menemukan cara lain untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, salah satunya adalah dengan makan lebih banyak.

2. Tetap terhidrasi

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang mudah Anda lakukan adalah, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.  Air minum membantu mencegah Anda makan kalori ekstra, sehingga ketika tubuh cukup terhidrasi, ia dapat menggunakan energi dan nutrisi yang Anda sediakan dengan lebih efektif dan efisien. Minumlah air panas atau hangat sepanjang hari untuk mencairkan lemak, terutama lemak visceral. 

3. Batasi gula

Gula yang berlebihan memiliki risiko membuat hati tegang,di mana tubuh dapat membuat simpanan lemaknya sendiri yang dapat digunakannya saat lonjakan energi dari gula sederhana habis. Maka Anda bisa memilih karbohidrat kompleks yang terurai lebih lambat untuk memberi tubuh energi yang lebih merata dan berkelanjutan. 

4. Makan lebih banyak serat

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu bisa Anda lakukan dengan lebih banyak sayuran berserat tinggi, dan juga makan banyak buah berserat tinggi. Semua serat alami, dapat membantu mendorong kelebihan limbah keluar dari sistem pencernaan, yang menyebabkan kelebihan berat badan. 

5. Makan makanan berprotein tinggi

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan dengan protein tinggi, karena protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Protein juga meningkatkan laju metabolisme Anda dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Banyak studi observasi menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut dibandingkan mereka yang makan makanan rendah protein. 

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

6. Kunyah secara menyeluruh

Makanan apa pun yang Anda makan, pastikan untuk mengunyahnya dengan hati-hati sebelum menelannya, karena sebagian besar penyerapan nutrisi terjadi di mulut sebelum ditelan. Pada saat makanan masuk ke perut maka Anda sudah menyerap sebagian besar nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan itu. maka cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu bisa Anda lakukan dengan mengunyah lebih banyak, untuk menghasilkan lebih sedikit limbah dan lemak.

7. Makan banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa serat jenis ini mendorong penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang, sehingga secara alami Anda makan lebih sedikit. Adapun serat larut yang bisa Anda konsumsi seperti kubis, alpukat, dan kacang-kacangan. 

8. Jangan minum terlalu banyak alkohol

Alkohol memiliki manfaat kesehatan dalam jumlah kecil, tetapi sangat berbahaya jika Anda minum terlalu banyak. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol juga bisa membuat Anda bertambah gemuk. Oleh karena itu, dengan mengurangi alkohol dapat membantu mengurangi ukuran pinggang Anda.

 

9. Minyak kelapa untuk memasak

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu secara alami, adalah dengan mengurangi minyak trans. Kurangi penggunaan lemak trans dan segera menggantinya dengan minyak kelapa yang sehat. Lemak trans ditemukan pada minyak goreng, margarin, fast food, dan makanan olahan lainnya. Selain berpengaruh dalam menambah berat, juga bisa  menyebabkan peradangan, penyakit jantung, hingga resistensi insulin.

10. Kurangi tingkat stres

Stres dapat membuat perut buncit dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Oleh karena itu, untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres seperti yoga, atau bahkan meditasi. 

11. Banyak bergerak

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu bisa dilakukan setiap saat  adalah terus bergerak. Bergerak lebih banyak akan memperkuat otot dan meningkatkan mood. Anda juga bisa menghindari banyak berbaring setiap hari, dan pastikan untuk melakukan peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama. 

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

 

12. Kurangi karbohidrat olahan

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Diet dengan karbohidrat di bawah 50 gram per hari menyebabkan hilangnya lemak perut pada orang yang kelebihan berat badan, mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2, dan wanita dengan sindrom ovarium polikistik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat bertepung yang tidak diproses dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi lemak perut.

13. Lakukan latihan ketahanan (angkat beban)

Latihan ketahanan, juga dikenal sebagai angkat beban atau latihan kekuatan, penting untuk menjaga dan menambah massa otot. Melansir dari laman Healthline, berdasarkan penelitian yang melibatkan remaja dengan kelebihan berat badan, menunjukkan bahwa kombinasi latihan kekuatan dan latihan aerobik menyebabkan penurunan lemak visceral terbesar.

14. Hindari minuman manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula sarat dengan fruktosa cair, yang bisa membuat Anda bertambah gemuk. Sebuah studi menunjukkan bahwa minuman manis menyebabkan peningkatan lemak di hati. Minuman manis tampaknya lebih buruk daripada makanan tinggi gula, karena otak Anda tidak memproses kalori cair dengan cara yang sama seperti otak padat, kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi terlalu banyak kalori di kemudian hari dan menyimpannya sebagai lemak.

15. Ramuan jeruk nipis dan madu

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu secara alami, secara efektif yakni membuat ramuan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan ini dipercaya dapat mendetoks racun sehingga ampuh mengecilkan perut buncit. Jeruk nipis dan madu mampu membakar lemak, hanya dengan mencampur satu sendok teh madu dengan setengah perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan air hangat pada pagi hari.

16. Lacak asupan makanan dan olahraga

Banyak hal yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan lemak perut, tetapi mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat badan adalah kuncinya. Dengan menyimpan buku harian makanan atau menggunakan pelacak atau aplikasi makanan online dapat membantu Anda memantau asupan kalori Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

 

17. Makan ikan berlemak setiap minggu

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu adalah makan ikan berlemak setiap minggu, karena kaya akan protein berkualitas tinggi dan lemak omega-3 yang melindungi Anda dari penyakit. Selain itu, studi pada orang dewasa dan anak-anak dengan penyakit hati berlemak menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mengurangi lemak hati dan perut secara signifikan. 

18. Berhenti minum jus buah

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu yang bisa Anda lakukan adalah, kurangi konsumsi jus buah. Meskipun jus buah menyediakan vitamin dan mineral, namun memiliki gula yang sama tingginya dengan soda dan minuman manis lainnya. Dengan minum dalam jumlah besar, dapat membawa risiko yang sama untuk penambahan lemak perut.

19. Tambahkan cuka sari apel ke dalam diet

Minum cuka sari apel, memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena cuka sari apel mengandung asam asetat, yang telah terbukti mengurangi penyimpanan lemak perut pada beberapa penelitian pada hewan. Dalam studi terkontrol selama 12 minggu pada pria yang didiagnosis obesitas, mereka yang mengonsumsi 1 sendok makan (15 mL) cuka sari apel per hari kehilangan setengah inci (1,4 cm) dari pinggang mereka (63).

20. Makan makanan probiotik atau minum suplemen probiotik

Probiotik adalah salah satu bakteri yang ditemukan di beberapa makanan dan suplemen, yang memang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Melansir dari sumber yang sama, para peneliti telah menemukan bahwa berbagai jenis bakteri berperan dalam pengaturan berat badan dan memiliki keseimbangan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut.

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu lainnya, yang bisa Anda lakukan adalah:

- Melakukan puasa intermiten sebagai metode penurunan berat badan.

- Mengonsumsi teh hijau yang mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate, untuk meningkatkan metabolisme.

- Terapkan meotde gaya hidup sehat secara keseluruhan, denga jangka panjang untuk menghilangkan lemak perut dan mempertahankannya.

- Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu bisa Anda lakukan dengan jangan makan terlalu cepat.

- Membatasi asupan sodium, yang memang cenderung memiliki kadar natrium yang juga tinggi dan rendah serat.

- Konsumsi smoothie semangka yang kaya akan asam amino, berkhasiat mengurangi lemak tubuh dan merampingkan massa otot.

- Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jahe, yang membantu mengurangi kembung dan menjaga usus, tapi juga mampu menghilangkan kelebihan gas dalam tubuh. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS