Sukses

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis, Ketahui Tips Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lilin aromaterapi perlu diketahui, terutama oleh para penggemar lilin yang satu ini. Lilin aromaterapi mengandung minyak esensial. Meskipun masih sedikit penelitian yang pasti, tetapi beberapa contoh minyak esensial, seperti minyak atsiri dan lavender diyakini dapat membantu menghilangkan stres.

Oleh karena itu, tidak heran lilin aromaterapi disukai mereka yang telah menghabiskan waktu seharian untuk bekerja dan menggunakan lilin ini untuk membantunya tidur atau sekadar menemani istirahat. Dilansir dari Medical News Today, pada studi tahun 2019 menyebutkan bawah menghirup minyak esensial lavender juga dapat mengurangi kecemasan.

Lilin aromaterapi yang dapat menenangkan bagi sebagian orang. Akan tetapi, penggunaan wewangian buatan, ternyata dapat merugikan kesehatan. Selain itu, harga lilin aromaterapi cukup bisa menambah pengeluaran Anda. Sehingga cara yang mungkin lebih baik untuk tetap melakukan kebiasaan penggunaan lilin aromaterapi, selain menggunakan wewangian alami, Anda juga dapat membuatnya secara mandiri.

Cara membuat lilin aromaterapi tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda bisa menggunakan lilin, minyak esensial dan beberapa alat tambahan untuk membuatnya. Anda juga bisa melakukan semua langkah-langkahnya dengan mudah di rumah. Berikut liputan6.com rangkum tentang cara membuat lilin aromaterapi dari Better Homes & Gardens, Senin (14/11/22) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

1. Perlengkapan yang Diperlukan

Sebelum menuju cara membuat lilin aromaterapi, berikut perlengkapan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu :

a. Lilin

b. Toples kaca tahan panas

c. Panci ketel

d. Spatula silikon

e. Minyak esensial

f. Sumbu lilin

g. Sumpit untuk memusatkan sumbu

h. Pemangkas sumbu

2. Langkah-Langkah Membuat Lilin Aromaterapi

Berikut rangkaian cara membuat lilin aromaterapi :

a. Siapkan wadah

Cara membuat lilin aromaterapi yang pertama adalah menyiapkan wadah untuk menampung lilin yang nantinya akan dilelehkan dan mencampurkannya dengan aroma. Wadah yang disarankan adalah wadah kaca (toples) yang kokoh, misalnya toples Mason 16 ons. Bersihkan toples tersebut sampai kering dan bersih sebelum digunakan. Setelah itu, lelehkan lilin yang telah Anda siapkan.

b. Takar Lilin

Anda dapat membeli seperangkat perlengkapan membuat lilin aromaterapi ini dalam satu set karena akan lebih ekonomis. Kit ini biasanya menggunakan lilin kedelai alami yang membakar lebih bersih daripada lilin beraroma lainnya yang bisa dibeli di toko. Isi wadah dengan serpihan lilin sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu tuangkan serpihan lilin tersebut ke dalam ketel. Anda membutuhkan dua kali jumlah serpihan lilin tersebut untuk membuat satu lilin.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

c. Lelehkan Lilin dan Tambahkan Minyak Esensial

Cara membuat lilin aromaterapi yang selanjutnya adalah dengan melelehkan di atas api sedang dan disarankan menggunakan ketel ganda atau menggunakan mangkok logam di atas panci berisi air. Aduk perlahan, lalu tambahkan 10-20 tetes minyak esensial. Anda dapat menggunakan 6 tetes minyak eucalyptus dan 6 tetes minyak lavender untuk lilin 16 ons.

d. Pasang Sumbu dan Tuang Lilin

Sebelum menuangkan lilin ke dalam toples, tempelkan terlebih dahulu sumbu pada dasar toples. Setiap sumbu harus dilengkapi dengan dasar logam data, lalu celupkan bagian logam ke dalam lilin leleh dan letakkan di tengah bagian bawah toples. Tahan sampai lilin mengeras dan sumbu dapat berdiri sendiri. Anda dapat menggunakan alat penyangga sumbu atau dengan melilitkan bagian atas sumbu dengan sumpit yang telah disiapkan sebelumnya agar sumbu tetap seimbang berada di tengah. Cara membuat lilin aromaterapi ini kemudian dilanjutkan dengan menuangkan lilin leleh perlahan ke dalam toples.

e. Biarkan Hingga Lilin Mengeras

Cara membuat lilin aromaterapi telah selesai. Butuh beberapa jam hingga lilin benar-benar mengeras dan Anda bisa membiarkannya semalaman. Setelah lilin mengeras,Anda perlu memotong sumbu, misalnya dengan menggunakan gunting. Pangkas sumbu menjadi sekitar seperempat inci dan lilin Anda siap untuk dinyalakan. Anda juga tidak disarankan untuk membuang sisa pembuatan lilin aromaterapi ke saluran pembuangan.

4 dari 4 halaman

Tips Penggunaan Lilin Aromaterapi

3. Tips-Tips Seputar Penggunaan Lilin Aromaterapi

Setelah mengenali cara membuat lilin aromaterapi, berikut dilansir dari Medical News Today tentang tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko merugikan dari lilin aromaterapi berdasarkan 8.200 kasus kebakaran rumah di AS setiap tahun ketika menggunakan lilin :

a. Jangan pernah meninggalkan lilin menyala tanpa pengawasan.

b. Jangan pernah meletakkan lilin di dekat sesuatu yang mudah terbakar, seperti tirai.

c. Jangan pernah meninggalkan anak-anak atau hewan peliharaan sendirian dengan lilin menyala.

d. Tempatkan lilin jauh dari angin dan ventilasi.

e. Jangan pernah menyentuh atau memindahkan lilin saat masih menyala.

f. Tempatkan beberapa lilin yang menyala sekitar tiga inci dari satu sama lain.

g. Minyak atsiri yang mungkin Anda gunakan juga dapat menyebabkan efek samping. Meskipun cenderung aman digunakan di sekitar rumah pada konsentrasi tertentu, beberapa orang mungkin bisa saja mengirup minyak esensial tersebut dan mengalami iritasi kulit atau reaksi alergi.

h. Gunakan minyak aroma alami, bukan pewangi buatan.

i. Hentikan penggunaan segera ketika terdapat efek samping.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS