Sukses

10 Cara Sukses di Usia Muda yang Sering Diremehkan, Simak Tipsnya

Kumpulan cara sukses menurut Marry Riana dan Maudy Ayunda.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang Motivator, Merry Riana dan Story Teller & Edukator, Maudy Ayunda, membenarkan cara sukses di usia muda harus dilakukan dari hal-hal sederhana yang selama ini sering dianggap remeh.

Cara sukses di usia muda menurut Merry, kuncinya membangun kebiasaan baik di pagi hari. Mulai dari bersyukur, menciptakan energi baik, hingga afirmasi positif yang dilakukan secara konsisten.

Sementara Maudy, menjelaskan cara sukses di usia muda harus didasarkan pada pikiran. Mulai dari memberi ruang berpikir jangka panjang hingga mau melakukan hal-hal menarik lainnya. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara sukses di usia muda menurut Marry Riana dan Maudy Ayunda, Jumat (11/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Sukses di Usia Muda Menurut Merry Riana

Seorang motivator hebat Merry Riana membagikan cara sukses di usia muda yang sering diremehkan banyak orang. Ini kiat sukses Merry Riana yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Selalu Bersyukur

Merry Riana meyakini cara sukses di usia muda yang paling mendasar adalah mampu selalu bersyukur dengan yang dimiliki. Ketika bangun tidur, jangan gosok gigi dan jangan mandi terlebih dahulu, apalagi cek status di Instagram.

Akan tetapi lakukan satu hal yang paling penting yaitu bersyukur. Ketika ingin mengeluh tentang pekerjaan yang dimiliki, cobalah mengingat ada begitu banyak orang di luar sana yang setiap hari berdoa untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sudah dimiliki saat ini.

2. Menciptakan Energi Baik

Energi dalam diri sangat memengaruhi hidup seseorang. Antara energi dan rezeki itu hubungannya sangat erat. Cara sukses di usia muda, selalu ciptakan energi baik terutama di pagi hari saat bangun tidur.

Jika energi baiknya besar, maka rezekinya pun juga akan besar. Sebaliknya jika energi baiknya kecil, maka rezekinya pun juga kecil. Jika menginginkan rezeki yang jauh lebih besar lagi, energi baiknya juga harus lebih besar.

3. Menghindari Snooze

Ketika jam alarm berbunyi dan akhirnya kita snooze, dipencet lima menit lagi dan seterusnya. Ketika sadar alarm itu berbunyi, artinya seseorang tahu waktunya untuk bangun dan siap-siap beraktivitas di hari tersebut.

Cara sukses di usia muda, terapkan kebiasaan menunda segala sesuatu. Salah satunya menunda bangun.

Pada saat alarm berbunyi, pikiran tahu harus bangun pagi, tetapi sebenarnya logika kita dikalahkan dengan perasaan kantuk tersebut. Akhirnya bunyi alarm ditunda atau di-snooze lima menit kemudian.

4. Selalu Merapikan Tempat Tidur

Cara sukses di usia muda versi Merry Riana, selalu berupaya merapikan tempat tidur. Jika bisa merapikan tempat tidur setiap pagi secara konsisten, sesuatu yang kita lakukan berulang kali akan menjadi kebiasaan dan membentuk karakter.

Karakter yang sedang dibentuk adalah karakter yang bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pertama di hari itu. Walaupun ini hal yang sangat sederhana, justru ini bisa membuat seseorang lebih semangat.

Jangan meremehkan hal-hal yang kecil, karena jika hal yang kecil saja tidak bisa dilakukan atau diselesaikan, bagaimana nanti jika di kemudian hari mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar lagi.

5. Memiliki Afirmasi Positif

Meneguhkan dalam diri tentang afirmasi positif. Kata-kata yang sering diucapkan adalah doa. Cara sukses di usia dini adalah mulailah hari dengan mengucapkan hal yang baik karena itu akan membawa dampak yang positif terhadap hidup seseorang.

Afirmasi positif memberikan dampak yang baik di kehidupan sehari-hari. Adanya afirmasi positif membantu kemajuan, semangat, dan perubahan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Cara Sukses di Usia Muda Menurut Maudy Ayunda

Cara sukses di usia muda juga dibagikan oleh aktris, penyanyi, storyteller, dan edukator Maudy Ayunda di kanal YouTube centang birunya.

Maudy mengutip kiat sukses dari buku berjudul The Long Game oleh Dorie Clark:

1. Memberi Ruang Berpikir Jangka Panjang

Apa yang bisa dilakukan untuk sukses di usia muda? Situasi kerja tanpa napas bisa berbahaya karena tidak sempat berhenti, mengevaluasi, dan melakukan planning untuk hal-hal yang sifatnya jangka panjang.

Cara sukses dan membangun hidup lebih bermakna menurut Maudy Ayunda, cobalah membuat ruang untuk reflection atau berpikir. Ditegaskan olehnya, untuk beranikan diri menolak berkata tidak pada sesuatu atau hal-hal yang memakan waktu.

2. Berhenti Membuat To Do List

Cara sukses di usia muda, mulailah berhenti membuat to do list dan langsung saja menjadwalkan di kalender apa yang harus dikejar.

Hal ini bisa membuat seseorang lebih disiplin dengan penggunaan waktu dan bisa lebih selektif dalam merancang jadwal.

3. Membuat Keputusan dengan Yakin

Maudy mengatakan jika ingin memutuskan sesuatu, harus yakin terlebih dahulu, harus disiplin, dan berani berkata tidak. Keyakinan sebelum memutuskan sesuatu bisa didapat seseorang dengan memikirkannya sedalam mungkin.

4. Berpikir seperti Gelombang

Maudy mengatakan hidup itu ibarat seperti gelombang akan ada masa heads up dan heads down. Waktu heads up adalah waktu mencari peluang, hal baru, melihat sekitar dan networking.

Adapun waktu heads down adalah saat benar-benar dalam mode kerja yang mendalam dan fokus berkreasi. Cara sukses di usia muda yang dimaksudkan adalah lebih terstruktur dalam melakukan sesuatu.

"Ini menurut aku cocok banget buat orang yang sudah punya struktur untuk dirinya sendiri, dengan itu kita bisa fokus dan disiplin mengerjakan satu hal dalam beberapa bulan dan beralih ke fase yang lain dan fokus ngerjain yang lain," jelas Maudy.

5. Melakukan Hal yang Menarik

Cara sukses yang terakhir, jangan ragu-ragu lagi untuk bisa menemukan passion dan purpose. Bagi yang masih menacari-cari passion, tips dari Maudy adalah coba melakukan apapun yang dianggap menarik.

Meskipun berawal dari sebuah pertanyaan sederhana, tetapi rasa ingin tahu dan ketertarikan lambat laun bisa menjadi skill atau pun keahlian yang mengarahkan kepada kesempatan baik lainnya.

Melakukan hal baru yang dianggap menarik, tidak harus berhenti bekerja di tempat lama. Maudy merekomendasikan cara sukses di usia muda ini dengan step by step.

Seperti dengan menghabiskan 20 persen dari waktu yang kita miliki untuk eksplore dan mencoba hal-hal baru. Bila begitu, seseorang secara perlahan bisa membangun passion atau ketertarikan di bidang yang menurutnya menarik itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.