Sukses

Emosi Adalah Reaksi Manusia, Pahami Juga Elemen dan Jenisnya

Emosi adalah reaksi yang dialami manusia dalam menanggapi peristiwa atau situasi. berikut ini pengertian emosi, elemen kunci emosi dan jenis-jenis emosi pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Emosi adalah reaksi yang dialami manusia dalam menanggapi peristiwa atau situasi. Jenis emosi yang dialami seseorang ditentukan oleh keadaan yang memicu emosi tersebut. Misalnya, seseorang mengalami sukacita ketika menerima kabar baik. Seseorang mengalami ketakutan ketika mereka terancam.

Emosi adalah perasaan senang, marah, sedih, bosan atau frustrasi yang kita rasakan. Memiliki banyak bentuk, emosi menjadi hal yang kita alami setiap harinya. Baik positif maupun negatif, emosi penting untuk dikendalikan dan dipahami.

Emosi adalah kondisi yang memiliki pengaruh kuat dalam kehidupan kita sehari-hari. Manusia kerap kali membuat keputusan berdasarkan emosi,seperti saat memilih kegiatan dan hobi berdasarkan emosi yang mereka timbulkan. Memahami emosi dapat membantu kita menavigasi kehidupan dengan lebih mudah dan stabil.

Untuk lebih memahami emosi manusia, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/11/2022) tentang pengertian emosi, elemen kunci emosi dan jenis-jenis emosi pada manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Emosi

Dalam buku Discovering Psychology (2010) penulis Don Hockenbury dan Sandra E. Hockenbury menyarankan bahwa emosi adalah keadaan psikologis yang kompleks yang melibatkan tiga komponen berbeda: pengalaman subjektif, respon fisiologis, dan respon perilaku atau ekspresif. 

Emosi adalah keadaan kesadaran afektif dimana kegembiraan, kesedihan, ketakutan, kebencian, atau sejenisnya dialami, yang dibedakan dari keadaan kesadaran kognitif dan kehendak. Emosi adalah perasaan senang, sedih, takut, benci, cinta, dan lain sebagainya.

Emosi juga diartikan sebagai setiap agitasi kuat dari perasaan yang dipicu oleh pengalaman cinta, benci, takut, dan lain sebagainya, yang biasanya disertai dengan perubahan fisiologis tertentu, seperti peningkatan detak jantung atau pernapasan, dan seringkali manifestasi nyata, seperti menangis atau gemetar.

Selain mencoba mendefinisikan apa itu emosi, para peneliti juga mencoba mengidentifikasi dan mengklasifikasikan berbagai jenis emosi. Deskripsi dan wawasan emosi nyatanya telah berubah seiring waktu.

- Pada tahun 1972, psikolog Paul Ekman menyarankan bahwa ada enam emosi dasar yang universal di seluruh budaya manusia: takut, jijik, marah, terkejut, bahagia dan sedih. 

- Pada 1980-an, Robert Plutchik memperkenalkan sistem klasifikasi emosi lain yang dikenal sebagai "roda emosi". Model ini menunjukkan bagaimana emosi yang berbeda dapat digabungkan atau dicampur bersama, seperti cara seorang seniman mencampur warna primer untuk menciptakan warna lain. 

- Pada tahun 1999, Ekman memperluas daftarnya untuk memasukkan sejumlah emosi dasar lainnya, termasuk rasa malu, kegembiraan, penghinaan, rasa malu, kebanggaan, kepuasan dan hiburan. 

3 dari 5 halaman

Elemen Kunci Emosi

Emosi adalah reaksi yang memiliki fokus pada tiga elemen kunci yaitu pengalaman subjektif, respon fisiologis dan respon perilaku. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pengalaman Subyektif

Para ahli percaya bahwa ada sejumlah emosi universal dasar yang dialami oleh orang-orang di seluruh dunia terlepas dari latar belakang atau budaya, para peneliti juga percaya bahwa mengalami emosi bisa sangat subjektif, tergantung dari pengalaman hidup masing-masing orang.

Perasaan campur aduk atas berbagai peristiwa atau situasi dalam hidup kita adalah hal biasa. Saat dihadapkan dengan memulai pekerjaan baru, anda mungkin merasa senang sekaligus gugup. Menikah atau memiliki anak mungkin ditandai dengan berbagai macam emosi mulai dari kegembiraan hingga kecemasan. 

2. Respon Fisiologis

Jika anda pernah merasakan perut anda keroncongan karena kecemasan atau jantung anda berdebar karena ketakutan, maka anda menyadari bahwa emosi juga menyebabkan reaksi fisiologis yang kuat. 

Banyak respons fisiologis yang anda alami selama emosi, seperti telapak tangan berkeringat atau detak jantung yang berpacu, diatur oleh sistem saraf simpatik, cabang dari sistem saraf otonom .

Sistem saraf otonom mengontrol respons tubuh yang tidak disengaja, seperti aliran darah dan pencernaan. Sistem saraf simpatik bertugas mengendalikan reaksi tubuh melawan atau lari . Saat menghadapi ancaman, respons ini secara otomatis mempersiapkan tubuh anda untuk melarikan diri dari bahaya atau menghadapi ancaman secara langsung.

Sementara studi awal tentang fisiologi emosi cenderung berfokus pada respons otonom ini, penelitian yang lebih baru telah menargetkan peran otak dalam emosi. Pemindaian otak telah menunjukkan bahwa amigdala, bagian dari sistem limbik, memainkan peran penting dalam emosi dan ketakutan.

Amigdala itu sendiri adalah struktur kecil berbentuk almond yang telah dikaitkan dengan keadaan motivasi seperti lapar dan haus serta memori dan emosi. Para peneliti telah menggunakan pencitraan otak untuk menunjukkan bahwa ketika orang diperlihatkan gambar yang mengancam, amigdala menjadi aktif. Kerusakan pada amigdala juga telah terbukti mengganggu respons rasa takut. 

3. Respon Perilaku

Komponen terakhir mungkin salah satu yang paling dikenal. Peneliti menghabiskan banyak waktu untuk menafsirkan ekspresi emosional orang-orang di sekitar. Kemampuan kita untuk secara akurat memahami ekspresi ini terkait dengan apa yang disebut psikolog sebagai kecerdasan emosional dan ekspresi ini memainkan peran utama dalam bahasa tubuh kita secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan bahwa banyak ekspresi bersifat universal, seperti senyum untuk menunjukkan kebahagiaan atau cemberut untuk menunjukkan kesedihan. Norma sosial budaya juga berperan dalam cara kita mengekspresikan dan menafsirkan emosi. 

Di Jepang, misalnya, orang cenderung menutupi rasa takut atau jijik saat figur otoritas hadir. Orang-orang di Amerika Serikat lebih cenderung mengekspresikan emosi negatif baik sendirian maupun di hadapan orang lain, sementara orang-orang di Jepang lebih cenderung melakukannya saat sendirian. 

4 dari 5 halaman

Jenis Emosi

Ada berbagai teori tentang berapa banyak jenis emosi yang dialami manusia. Seperti yang disebutkan, psikolog Paul Ekman menetapkan enam emosi universal berikut :

1. Kebahagiaan : Banyak orang berjuang untuk kebahagiaan, karena itu adalah emosi yang menyenangkan disertai dengan rasa sejahtera dan kepuasan. Kebahagiaan sering diungkapkan dengan tersenyum atau berbicara dengan nada suara yang optimis.

2. Kesedihan : Kita semua mengalami kesedihan sekarang dan kemudian. Seseorang mungkin mengungkapkan kesedihan dengan menangis, diam, dan/atau menarik diri dari orang lain.  Jenis kesedihan meliputi kesedihan , keputusasaan , dan kekecewaan .

3. Ketakutan : Ketakutan dapat meningkatkan detak jantung, menyebabkan pikiran yang berkecamuk, atau memicu respons fight-or-flight. Ini bisa menjadi reaksi terhadap ancaman aktual atau yang dirasakan. Beberapa orang menikmati adrenalin yang menyertai rasa takut berupa menonton film seram, naik roller coaster, atau terjun payung. 

4. Jijik : Jijik dapat dipicu oleh pengalaman fisik, seperti melihat atau mencium bau makanan busuk, darah, atau kebersihan yang buruk. Rasa jijik moral dapat terjadi ketika seseorang melihat orang lain melakukan sesuatu yang mereka anggap tidak bermoral atau tidak menyenangkan. 

5. Kemarahan : Kemarahan dapat diekspresikan dengan ekspresi wajah seperti cemberut, berteriak, atau perilaku kekerasan. Kemarahan dapat memotivasi Anda untuk membuat perubahan dalam hidup Anda, tetapi Anda perlu menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan kemarahan sehingga tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain. 

6. Kejutan : Kejutan bisa menyenangkan atau tidak menyenangkan. Anda mungkin akan membuka mulut atau terkesiap saat terkejut. Kejutan, seperti rasa takut, dapat memicu respon fight-or-flight.

5 dari 5 halaman

Emosi, Perasaan dan Suasana Hati

Emosi, Perasaan dan Suasana Hati

Dalam bahasa sehari-hari, orang sering menggunakan istilah emosi, perasaan, dan suasana hati secara bergantian, tetapi istilah ini sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Emosi biasanya berumur pendek, tetapi intens. Emosi juga cenderung memiliki penyebab yang pasti dan dapat diidentifikasi. 

Contoh: setelah berselisih paham dengan teman tentang politik, Anda mungkin mengalami kemarahan.

Emosi adalah reaksi terhadap rangsangan, tetapi perasaan adalah apa yang kita alami sebagai hasil dari emosi. Perasaan dipengaruhi oleh persepsi kita tentang situasi, itulah sebabnya emosi yang sama dapat memicu perasaan yang berbeda di antara orang-orang yang mengalaminya.

Contoh: anda tidak setuju dengan teman. Anda berdua mungkin meninggalkan percakapan setelah mengalami emosi marah. Kemarahan anda mungkin terasa seperti frustasi sedangkan Kemarahan teman anda, di sisi lain, mungkin terasa seperti kecemburuan. Keduanya memiliki emosi yang sama, tetapi perasaan berbeda berdasarkan interpretasi yang terpisah.

Suasana hati dapat digambarkan sebagai keadaan emosional sementara. Terkadang suasana hati disebabkan oleh alasan yang jelas, seperti ketika anda merasa semuanya berjalan sesuai keinginan anda minggu ini, jadi anda berada dalam suasana hati yang bahagia. Tetapi dalam banyak kasus, sulit untuk mengidentifikasi penyebab spesifik dari suatu suasana hati. 

Contoh: Anda merasa senang karena akan mendapatkan banyak hadiah di hari ulang tahun anda minggu depan.

Jika anda telah berjuang dengan suasana hati yang buruk atau emosi yang sulit, bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan mental tentang kekhawatiran anda. Mereka dapat menawarkan dukungan, bimbingan dan solusi yang dapat membantu anda kembali merasakan yang terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.