Sukses

9 Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Mudah, Aman dan Efektif

Cara menghilangkan kutu anjing dengan mudah dapat dilakukan dengan rutin memandikan anjing, membersihkan kandangnya, dan masih banyak sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutu anjing dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Hewan mamalia yang memiliki rambut dalam tubuhnya seperti anjing dinilai cukup rentan dihinggapi oleh kutu. Tak jarang tubuhnya juga dapat dijadikan sarang bagi kutu tersebut.

Cara menghilangkan kutu anjing sangat penting diketahui oleh para pemilik anjing. Sebab kutu pada anjing dapat membuat hewan peliharaan gatal dan tak jarang sampai jatuh sakit. Untuk itu, perlu untuk segera diobati agar kutu tidak berkembang biak.

Cara menghilangkan kutu anjing dengan mudah ternyata dapat dilakukan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain aman digunakan, bahan alami juga tidak akan menimbulkan efek samping bagi anjing.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan kutu anjing dengan mudah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Mudah

Berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan kutu anjing dengan mudah, yakni:

1. Mandikan Hewan Peliharaan

Dikutip dari laman pets.webmd.com, cara menghilangkan kutu anjing yang pertama adalah dengan memandikan hewan peliharaan. Mandikan anjing anda menggunakan air hangat dan sabun, kemudian gosok-gosok bagian badannya dengan lembut.

Jika Anda berpikir untuk menggunakan sampo antikutu atau yang serupa, konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu. Jika hewan peliharaan Anda alergi terhadap kutu, kulitnya mungkin bisa sangat sensitif. Beberapa bahan kimia dalam produk kutu biasanya dapat memperburuk iritasi dan infeksi.

2. Bunuh Kutu

Dikutip dari laman pets.webmd.com, cara menghilangkan kutu anjing yang berikutnya adalah dengan membunuh kutu ketika tertangkap. Kutu kecil biasanya berukuran antara biji poppy dan biji wijen, dan warnanya cokelat atau cokelat kemerahan.

Jika Anda melihat ada kutu pada sisir anjing, celupkan sisir ke dalam air sabun panas untuk membunuh kutu. Jangan mencoba menghancurkan kutu. Mereka akan melompat dengan cepat dan akan sulit dibunuh dengan tangan.

3. Sisir Rambut Hewan Peliharaan

Dikutip dari laman pets.webmd.com, cara menghilangkan kutu anjing yang selanjutnya adalah dengan menyisir rambut anjing menggunakan sisir kutu. Gigi pada sisir kutu diberi jarak untuk menjebak kutu sambil membiarkan bulu hewan peliharaan Anda lewat.

Sisir kutu tersebut membantu menghilangkan kotoran kutu, yang berbentuk seperti bintik cokelat tua atau hitam yang terlihat seperti serpihan lada. Pastikan untuk melakukan perawatan khusus saat Anda menyisir area leher dan ekor hewan peliharaan Anda. Sebab, di area tersebut kutu anjing bersarang dan mendapatkan makanannya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Mudah

4. Lakukan Pemeriksaan Reguler

Dikutip dari laman pets.webmd.com, cara menghilangkan kutu anjing yang selanjutnya dengan melakukan pemeriksaan regular. Apabila hewan peliharaan Anda memiliki riwayat kutu, sisirlah hewan tersebut dengan sisir khusus untuk kutu setidaknya seminggu sekali sampai Anda yakin bahwa rumah dan hewan peliharaan Anda bebas dari kutu. Untuk merawatnya lebih maksimal, maka periksakan hewan peliharaan anda ke dokter hewan secara rutin.

5. Lemon

Cara menghilangkan kutu anjing yang berikutnya yaitu bisa menggunakan lemon. Buah dengan cita rasa asam ini terbukti ampuh digunakan sebagai obat semprot kutu. Cara menggunakannya yakni iris terlebih dahulu buah lemon lalu rebus dengan sedikit air sampai mendidih. Kemudian tunggu hingga larutan tersebut dingin, setelah itu siap disemprotkan pada anjing. Namun, perlu kalian ingat untuk selalu berhati-hati dan jangan sampai mengenai mata anjing.

6. Menjaga Kebersihan Kandang

Cara menghilangkan kutu anjing yang lainnya adalah dengan menjaga kebersihan kandang atau tempat tidur anjing. Oleh sebab itu, sudah seharusnya melakukan pembersihan kandang secara rutin agar tidak menimbulkan bau serta membuat anjing lebih terjaga kesehatannya dan tidak mudah diserang oleh kutu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Mudah

7. Minyak Lavender

Aroma lavender adalah aroma yang cukup populer digunakan untuk mengusir segala jenis serangga hingga kutu pada hewan, termasuk kutu anjing. Aroma lavender sangat tidak disukai oleh kutu. Cara menghilangkan kutu anjing menggunakan minyak lavender yakni kalian hanya perlu menyiapkan minyak lavender lalu menyemprotkannya ke anjing. Supaya aroma dari lavender ini lebih maksimal, gunakan setelah memandikan anjing.

8. Rosemary

Rosemary yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata juga dikenal sebagai obat alami pembasmi kutu. Hal ini lantaran aroma dari rosemary sangat tidak disukai dan membuat kutu segera hilang dari bulu anjing.

Cara menghilangkan kutu anjing menggunakan rosemary ini yakni cukup menanam bunga rosemary di dalam pot, kemudian taruh tanaman tersebut disebelah kandang anjing dan tempat bermain anjing anda.

9. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutu anjing selanjutnya dengan menggunakan cuka apel. Kalian bisa menambahkan cuka apel dalam air minum anjing. Satu sendok teh cuka untuk setiap empat gelas air minum adalah takaran yang baik untuk membuat campuran ini. Selain berkhasiat untuk menghilangkan kutu anjing, cuka apel dapat membuat bulu dan kulit anjing sehat dari dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.