Sukses

Ansambel Adalah Permainan Musik Secara Bersama-sama, Kenali Jenisnya

Ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama.

Liputan6.com, Jakarta Ansambel adalah istilah yang mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah ini berkaitan dengan dunia musik, di mana ansambel adalah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan satu atau banyak alat musik.

Ansambel merupakan kombinasi musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih, yang mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Dengan berbagai jenis alat musik yang dimainkan secara bersamaan ini, akan menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.

Ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama. Ansambel menggunakan beberapa alat musik tertentu dan memainkan lagu-lagu secara bersama-sama.  Kamu perlu mengenali jenis-jenis dari musik ansambel ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022) tentang ansambel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Ansambel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ensambel atau ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. Ansambel adalah istilah yang berasal dari bahasa Prancis, yang artinya bersama-sama.

Musik ansambel merupakan kombinasi musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih, serta mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Ansambel adalah sebuah sajian musik yang dilagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik.

Dengan berbagai jenis alat musik yang dimainkan secara bersamaan, maka akan menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati. Secara umum, ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan juga memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana. 

Ansambel adalah permainan musik yang disajikan dengan jumlah beberapa orang atau sekelompok orang dan juga dengan sejumlah alat musik tertentu, baik alat musik sejenis maupun alat musik yang berbeda. Pada awalnya, musik ansambel disebut dengan musik kamar (Chamber Music, Musica de Camera).

Dulunya, musik ansambel dilantunkan dengan jenis musik yang terdiri dari alat musik gesek dan alat musik tiup saja. Nama musik ansambel dikaitkan dengan kondisi sebuah ruangan khusus yang tidak terlalu luas. Hingga pada tahun 1750, ansambel atau musik kamar ini menjadi dipentaskan pada orang banyak, dan dikenal seperti saat ini.

3 dari 5 halaman

Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Penyajiannya

Jenis musik ansambel tentunya perlu kamu pahami. Jenis musik ansambel bisa dikelompokkan berdasarkan penyajian musik, peranan serta fungsi alat-alat musik, dan berdasarkan golongan alat musiknya. Jenis ansambel adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Penyajiannya

Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

- Musik ansambel sejenis

Pengertian musik ansambel sejenis adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik sejenis. Alat musik yang dapat digunakan yaitu alat musik ritmis maupun melodis, seperti gitar, pianika, drum, hingga rekorder. Contoh musik ansambel sejenis adalah ansambel rekorder dan ansambel gitar, di mana semua pemusik menggunakan alat musik tersebut.

Musik ansambel sejenis terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu ansambel perkusi, ansambel gesek, ansambel tiup, dan kuartet gesek.

- Musik ansambel campuran

Pengertian musik ansambel campuran adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contoh musik ansambel campuran adalah biola, cello, viola, contra bass, dan simbal. Pada ansambel campuran terdapat alat musik yang bermain sebagai harmonis atau alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga ritmis.

4 dari 5 halaman

Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Peranan dan Fungsinya

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu:

- Ansambel melodis. Pengertian musik ansambel melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh ansambel melodis: piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin, dan harmonika.

- Ansambel ritmis. Pengertian musik ansambel ritmis adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh ansambel ritmis: tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.

- Ansambel harmonis. Pengertian musik ansambel harmonis adalah alat musik yang berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan mengatur irama lagu. Contoh ansambel harmonis: biola, cello, gitar.

5 dari 5 halaman

Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Sumber Bunyi

Jenis musik ansambel berdasarkan sumber bunyinya yaitu, sebagai berikut:

- Akrofon. Akrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contoh akrofon: seruling dan terompet.

- Membranofon. Membranofon adalah alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik. Contoh membranofon: gendang, rebana, dan drum.

- Kordofon. Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya didapatkan dari dawai atau tali. Contoh kordofon: gitar, kecapi, biola.

- Idiofon. Idiofon adalah alat musik yang sumber bunyinya terletak pada bunyi alat itu sendiri apabila dimainkan. Contoh idiofon: angklung, gong.

- Elektrofon. Elektrofon adalah alat musik yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contoh elektrofon: organ listrik dan gitar listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.