Sukses

16 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cegah Diabetes hingga Kulit Halus

Liputan6.com, Jakarta Manfaat blueberry sangatlah kaya, terutama untuk kesehatan tubuh. Manfaat blueberry yang bisa kita rasakan ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya. Blueberry mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Senyawa itulah yang membuat warna blueberry biru.

Namun tidak hanya itu saja senyawa anthocyanin yang membuat blueberry begitu kaya manfaat. Adapun manfaat blueberry antara lain adalah menjaga kesehatan jantung, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit, mengontrol tekanan darah, dan sebagainya.

Itu hanya sedikit dari manfaat blueberry yang bisa kita rasakan. Lebih dari itu, ada banyak lagi kegunaan blueberry yang bisa dirasakan. Bahkan manfaat blueberry juga dapat meningkatkan kemampuan otak.

Lalu apa saja manfaat blueberry? Berikut adalah sejumlah manfaat blueberry, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat blueberry adalah sifatnya sebagai anti-inflamasi. Ini karena blueberry mengandung antioksidan tertinggi di antara buah dan sayuran lain. Satu cangkir blueberry setara dengan 13.427 antioksidan total. Selain itu, juga kaya akan vitamin A & C, flavonoid seperti quercetin, dan anthocyanidin.

Di samping itu, buah berry satu ini pun memiliki senyawa tanaman alami yang disebut fitokimia, seperti asam ellagic dan anthocyanidins. Kandungan itulah yang memberikan warna pada buah berry. Selain itu, senyawa tersebut pun dianggap dapat membantu mengurangi peradangan.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat blueberry juga dapat menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blueberry dapat menurunkan kolesterol darah. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak blueberry secara signifikan dapat menurunkan kolesterol darah total antara 6 – 12% ketika dikonsumsi selama 6 minggu.

3. Mengurangi Risiko Hipertensi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry tiga butir atau lebih setiap minggunya dapat mengurangi risiko serangan jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi hingga 34 persen. Blueberry juga rendah sodium sehingga aman untuk para penderita hipertensi. 

3 dari 6 halaman

4. Cegah Penyakit Jantung

Salah satu penyebab serangan jantung adalah tekanan darah tinggi. Sementara itu, manfaat blueberry antara lain dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Maka secara tidak langsung, manfaat blueberry juga dapat mencegah serangan jantung.

Di samping itu, blueberry juga mengandung anthocyanidins, yang dapat mengurangi permasalahan pada arteri yang terkait dengan penuaan sehingga membantu jaringan pembuluh darah yang menghubungkan jantung ke seluruh tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam blueberry dapat mencegah penumpukan kolesterol LDL jahat di dinding arteri yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular dan stroke.

5. Cegah Diabetes

Manfaat blueberry lainnya adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Ini karena blueberry rendah gula dan sumber serat yang baik. Dengan kata lain, blueberry memiliki Indeks Glikemik (GI) yang rendah. Selain itu, kandungan flavonoidnya juga membuat blueberry dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang penting untuk mengelola kadar gula darah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi blueberry dipercaya dapat membantu meningkatkan penglihatan dan menjaga degenerasi makula terkait usia. Dengan mengonsumsi blueberry secara rutin dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke mata. Sementara perlindungan antioksidannya dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena katarak dan degenerasi makula.

4 dari 6 halaman

7. Menjaga Kesehatan Usus dan Perut

Manfaat blueberry berikutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan usus, perut, hingga saluran kemih. Blueberry bahkan juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah di saluran pencernaan dan infeksi saluran kemih.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat blueberry lainnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Ini karena kandungan senyawa fenolik dalam ekstrak blueberry yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti Salmonella, Staphylococcus dan Helicobacter Pylori.

9. Cegah Kanker

Blueberry mengandung sejumlah besar antioksidan dan mampu menghuni proliferasi sel di semua lini sel serta menurunkan risiko kanker, termasuk kanker mulut, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak blueberry memiliki efek terbesar pada sel kanker usus besar dan kanker payudara. Blueberry juga ditemukan mengandung fitokimia seperti flavonol, tanin, asam fenolik dan antosianin yang menunjukkan efek terkuat untuk menghambat proliferasi sel kanker.

10. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Blueberry juga berperan dalam menunda perkembangan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. Dalam sebuah percobaan terhadap hewan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak blueberry selama 8 minggu dapat meningkatkan memori sel otak secara signifikan. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa polifenol dapat masuk ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

5 dari 6 halaman

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Blueberry merupakan makanan rendah kalori dengan GI rendah atau tingkat indeks gliyemic, sebab itulah banyak suplemen diet yang menempatkan blueberry sebagai bahan utama. Indeks glikemik blueberry yang rendah membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah ini juga termasuk makanan rendah karbohidrat yang lambat diserap oleh tubuh. Serat yang terkandung dalam blueberry juga membantu mengontrol nafsu makan dan menunda rasa lapar, sehingga Anda dapat memasukan blueberry sebagai daftar makanan jika ada rencana untuk melakukan diet. Dengan kata lain blueberry dapat membantu menurunkan berat badan.

12. Anti Penuaan

Manfaat blueberry antara lain adalah sebagai antipenuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry menduduki peringkat tertinggi sebagai buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan dalam bluberry telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka.

13. Membantu Pemulihan Otot

Latihan fisik yang terlalu keras dapat memicu kerusakan otot atau exercise-induced muscle damage (EIMD). Kerusakan otot ini dapat menimbulkan gejala berupa nyeri otot, berkurangnya kekuatan otot, dan menghambat kinerja atletik. Namun, apa yang dimakan atlet sebelum dan/atau setelah olahraga memengaruhi tingkat risiko EIMD.

Dalam sebuah penelitian, atlet wanita mengonsumsi smoothie bluberi atau minuman plasebo dengan kapasitas antioksidan serupa pada 5-10 jam sebelumnya dan segera setelah 12-36 jam setelah EIMD yang dipicu oleh latihan berat.

Para peneliti menemukan tingkat pemulihan kekuatan otot yang lebih cepat pada kelompok intervensi bluberi. Sehingga melihat hasil seperti itu membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa blueberry dapat memicu peristiwa adaptif dalam tubuh yang mempercepat perbaikan otot.

6 dari 6 halaman

14. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat blueberry selanjutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya juga berguna untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

15. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Blueberry ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C pada Blueberry yang sangat tinggi. Vitamin C berperan penting dalam membangun imunitas tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker.

16. Kulit Lebih Halus dan Sehat

Blueberry juga bisa kamu dapatkan untuk kecantikan. Blueberry memiliki khasiat untuk menyehatkan kulit karena kandungan vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS