Sukses

6 Potret Satwa Hidup di Tempat Tak Tersentuh Cahaya Matahari Ini Menakjubkan

Hewan berwarna-warni jauh di kegelapan.

Liputan6.com, Jakarta Sudah selayaknya manusia, hewan, dan tumbuhan hidup berdampingan. Daripadanya, keseimbangan alam akan terbentuk. Bahkan manusia bisa mengagumi keberadaan makhluk hidup sesama penghuni bumi. Siapa sangka, meski sudah banyak hewan dan tumbuhan di sekitar kita, masih lebih banyak yang belum kita ketahui, bahkan menjumpainya secara langsung.

Salah satunya satwa yang hidupnya jauh dari keberadaan manusia. Deretan satwa ini ditakdirkan untuk hidup jauh dari sentuhan sinar matahari. Menariknya, potret hewan yang jarang dilihat manusia ini justru punya wujud yang menakjubkan. Tubuhnya juga terlihat didominasi warna yang mencolok bak makhluk asing.

Foto-foto satwa menakjubkan ini berhasil dikemas oleh fotografer satwa liar Danté Fenolio. Wakil Presiden Pusat Konservasi dan Penelitian, Kebun Binatang San Antonio itu berhasil menuju ke daerah yang tidak tersentuh oleh sinar matahari seperti laut dalam, gua dan bawah tanah.

Fotografer sekaligus ahli biologi itu kerap membagikan potret satwa unik lewat unggahan media sosial pribadinya. Sedangkan jepretan foto hewan-hewan yang tak pernah tersentuh cahaya matahari ini sukses memberikan gambaran betapa luasnya dunia. 

Berikut Liputan6.com merangkum potret satwa hidup di tempat tak tersentuh cahaya melansir dari The Guardian, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Seekor ikan yang dijuluki loach ini terlihat mirip naga dengan keempat sayapnya, loach ini difoto di Thailand utara dan bisa merangkak keluar dari air untuk memakan bakteri yang tumbuh di bebatuan lembab.

3 dari 7 halaman

2.Warna-warni bak pelangi, Dottyback bicolour mendiami terumbu karang di samudera Indo-Pasifik pada kedalaman hingga 27 meter.

4 dari 7 halaman

3. Inilah penampakan Ikan pisau listrik Amerika Selatan di perairan dalam Amazon, matanya hanya bisa membedakan terang dari gelap.

5 dari 7 halaman

4. Seekor gurita unik ini ditangkap di pukat-hela di kedalaman antara 200 dan 400 meter di Teluk Meksiko, mungil dan hidup di tempat gelap.

6 dari 7 halaman

5. Meski sedikit menyeramkan, Boafish Günther, sejenis ikan naga dengan jaringan photophores di sepanjang tubuhnya, ditangkap di Teluk Meksiko ini punya bentuk unik.

7 dari 7 halaman

6. Begitu pula Salamander gua penghuni gua dari pegunungan Ozark di Amerika Serikat, yang matanya tidak berfungsi, gelap bukan lagi hambatan untuk hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.