Sukses

12 Manfaat Kencur bagi Kesehatan, Bantu Tambah Nafsu Makan dan Ringankan Flu

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kencur kerap kali digunakan sebagai obat tradisional berupa jamu oleh masyarakat Indonesia. Kencur merupakan salah satu tanaman obat yang tergolong mudah ditemukan di Indonesia. Manfaat kencur dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Kencur biasanya digunakan sebagai bahan masakan, namun manfaat kencur tak hanya sebagai penyedab makanan namun juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan baik di dalam kencur di antaranya pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin dan masih banyak lainnya.

Manfaat kencur dapat didapatkan dari olahan jamu atau campuran makanan. Bahkan suplemen makanan juga kerap menggunakan rempah ini karena manfaat kencur yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat kencur bagi kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

1. Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat kencur yang sangat populer adalah menambah nafsu makan. Ramuan ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki beberapa masalah dengan nafsu makan. Ramuan sederhana yang biasa digunakan sebagai penambah nafsu makan adalah jamu beras kencur.

Jamu ini merupakan ramuan dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. hal ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

2. Ringankan Flu

Sifat hangat pada kencur dapat menyembuhkan pilek. Efek dari hangatnya dapat menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pilek. Selain itu, batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kencur. Kehangatan dalam minuman kencur juga bisa menetralkan batuk dan rasa pegal karenanya. Kencur juga digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain.

3. Segarkan Tubuh

Mengonsumsi kencur setiap hari dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Perasaan segar dan hangat dari kencur bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Kencur mengandung analgesik yang dapat meringankan rasa sakit dan penyakit lainnya. Kencur juga mengandung ekstrak methanol sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak-anak.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi Stres

Manfaat kencur yang lainnya adalah dapat mengurangi stres kamu setiap harinya. Kencur memang dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa kamu peroleh jika mengonsumsi kencur batang dan daun kencur sebagai jamu, suplemen, atau aromaterapi.

5. Mencegah Jerawat

Kencur juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat muncul. Kencur berguna untuk mencegah hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Kencur juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang haid karena haid terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang cepat pada wajah.

Sifat anti inflamasi yang dimiliki kencur mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kencur kaya akan mineral yang menyehatkan kulit. Mengaplikasikannya ke wajah atau mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah jerawat dan menghaluskan kulit secara alami.

6. Sembuhkan Diare

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kencur menganding zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang dapat meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawab untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Air kencur juga mampu menghidrasi tubuh yang dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

7. Mengobati Hipertensi

Manfaat kencur yang selanjutnya adalah untuk mengobati hipertensi. Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik. Kandungan yang terdapat di dalam kencur tersebut diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

8. Menangkal Radikal Bebas

Kencur merupakan tumbuhan yang kaya kandungan antioksidan, misalnya flavonoid. Kandungan tersebut mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dari asap rokok maupun polusi.

9. Menyembuhkan Sariawan dan Sakit Tenggorokan

Manfaat kencur yang berikutnya adalah dapat menyembuhkan masalah sariawan. Kamu hanya perlu meneteskan air kencur pada permukaan bibir yang terdapat sariawan. Rasa hangat dan sifat antibakterinya dapat meringankan sariawan.

Tanaman kencur memiliki kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan, menghilangkan lendir yang menyumpat hidung, sekaligus untuk menghangatkan badan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

10. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Sebagai tumbuhan herbal yang menyehatkan, kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, kamu dapat menggunakan kencur untuk meringankannya. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu, sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

11. Mengobati Infeksi

Manfaat kencur bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mengobati infeksi. Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi kencur mentah. Manfaat kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

12. Mencegah Sel Kanker

Kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan abnormal pada beberapa bagian tubuh tertentu yang disebabkan mutasi atau perubahan genetik. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan semakin sulit diobati atau bermetastasis. 

Ternyata, munculnya sel kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi kencur. Kandungan senyawa di dalam rempah berwarna putih pucat ini diyakini mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS