Sukses

11 Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani, Muslim Wajib Tahu

Beriku adalah sejumlah manfaat wudhu untuk eksehatan jasmani dan rohani yang wajib diketahui oleh muslim.

Liputan6.com, Jakarta Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu untuk dikerjakan, kecuali ada hikmah dan manfaatnya, termasuk wudhu. Selain sebagai syarat sahnya shalat, manfaat wudhu ada banyak sekali. Karena wudhu adalah kegiatan membasuh beberapa anggota tubuh tertentu, tentu saja salah satu manfaat wudhu adalah membersihkan tubuh.

Namun tidak hanya itu saja. Manfaat wudhu tidak hanya untuk kebersihan tubuh, tapi juga memberikan manfaat untuk ketenangan jiwa. Disebutkan dalam sebuah hadits, berkat wudhu, dosa anggota tubuh akan berjatuhan.

Demikian seperti yang digambarkan dalam hadits berikut, yang artinya:

“Tidaklah seorang pun dari kalian yang mendekati wudhunya, kemudian berkumur, menghirup air, dan melepaskannya, kecuali akan keluar kesalahan-kesalahan dari mulut dan hidungnya bersama air. Kemudian, tidaklah ia membasuh wajah sebagaimana yang diperintahkan Allah kecuali kesalahan-kesalahan wajahnya akan keluar dari ujung-ujung jenggotnya bersama air. Kemudian tidaklah ia mencuci kedua tangannya hingga siku kecuali kesalahan-kesalahan tangannya akan keluar dari ujung jari-jarinya. Kemudian, tidaklah ia mengusap rambutnya kecuali kesalahan-kesalahan kepalanya akan keluar dari ujung-ujung rambutnya bersama air. Kemudian, tidaklah ia membasuh kedua kakinya hingga dua mata kaki, sebagaimana yang diperintahkan Allah, kecuali kesalahan-kesalahan telapak kaki akan keluar dari ujung jari-jarinya bersama air. Kemudian, tidaklah ia berdiri dan mengucap hamdalah dan memuji Allah dengan pujian yang pantas untuk-Nya, kemudian shalat dua rakaat, kecuali ia akan keluar dari dosa-dosanya seperti pada saat dilahirkan oleh ibunya,” (HR. Ahmad).

Ada banyak lagi manfaat wudhu yang bisa kita rasakan, jika kita mau menjaga wudhu, meski tidak sedang akan shalat. Berikut adalah manfaat wudhu, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membersihkan Tubuh dari Kuman

Sudah disebutkan sebelumnya, karena wudhu merupakan membasuh beberapa anggota tubuh tertentu, maka manfaat wudhu yang paling dapat dirasakan adalah manfaat kebersihan. Manfaat kebersihan ini termasuk kebersihan dari kuman.

Misalnya dalam kehidupan sehari-hari, Anda menyentuh berbagai hal saat beraktivitas. Sehingga jika rajin berwudhu, sudah pasti Anda mencuci tangan hingga muka dengan air mengalir. Kuman pun akan hilang. Dari sudut pandang pengobatan secara medis oleh Mokhtar Salem dalam bukunya berjudul "Prayers: a Sport for the Body and Soul (Sholat: Olahraga untuk Jasmani dan Rohani)" menjelaskan bahwa wudhu bisa mencegah kanker kulit.

Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan karena terpaparkan kulit oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Membersihkannya dengan air (berwudhu) minimal lima kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegahnya.

2. Melindungi Kulit dari Kerutan

Manfaat wudhu yang lainnya yaitu melindungi kulit dari kerutan. Berwudhu dengan cara membasuh wajah ternyata bisa membantu melindungi wajah dari kerutan. Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput.

Selain itu, kita juga disarankan untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini termasuk sunnah Rasulullah yang tujuannya agar setiap muslim dalam kondisi suci di setiap keadaan, meskipun saat tidur. Tentang sunnah ini, Rasulullah telah menjelaskan dalam sabda beliau yang diriwayatkan dari sahabat Al Barra' bin 'Azib bahwasanya beliau berkata:

"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat." (HR. Al Bukhari No. 6311 dan Muslim No. 2710).

3 dari 5 halaman

3. Membuat Perasaan Tenang dan Nyaman

Selain manfaat kebersihan dan kesehatan, manfaat wudhu juga bisa untuk membuat perasaan menjadi lebih tenang. Dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur, akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, air wudhu juga dapat membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Ketika otot tubuh rileks dan pikiran nyaman, maka kualitas tidur akan selalu terjaga.

4. Wajah Berseri-seri

Manfaat wudhu yang lainnya yaitu wajah akan terlihat berseri-seri. Setiap muslim yang terbiasa berwudhu, akan memberikan bekas pada wajah dan tangannya. Bahkan di hari kiamat nanti, orang yang senantiasa berwudhu wajahnya akan terlihat terang. Rasulullah SAW sendiri menyarankan untuk melebihi tubuh yang dibasuh ketika berwudhu, supaya di hari kiamat nanti terlihat berseri-seri. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut, artinya:

"Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah!," (HR. Ahmad).

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Berwudhu memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit kulit. Seseorang yang melaksanakan wudhu, setidaknya lima kali dalam sehari, bisa menjaga kebersihan kulitnya. Selain itu, wudhu juga berfungsi efektif untuk menjaga kulit dari berbagai serangan penyakit.

4 dari 5 halaman

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat wudhu bahkan dapat menjaga daya tahan tubuh. Seperti dikutip dari NU Online, psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels, mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh lebih sehat. Pasalnya, air wudhu dapat merangsang saraf-saraf tubuh, sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh.

7. Menghapus Dosa

Manfaat wudhu tidak hanya bagus untuk kepentingan jasmani, tapi juga rohani, salah satunya mengangkat derajat dan menghapus dosa. Allah akan akan mengampuni kesalahan-kesalahan orang yang berwudhu. Selain itu, berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda:

"Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?" Para sahabat menjawab, "Tentu, ya Rasul." Beliau melanjutkan, “Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menanti shalat setelah shalat. Itulah ribath," (HR. Muslim)

8. Mengatasi Insomnia

Manfaat wudhu yang selanjutnya, yaitu mengatasi masalah insomnia. Wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran lebih tenang dan nyaman, serta malaikat senantiasa menemani Anda tidur. Selain itu, dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur, akan membuat tubuh lebih rileks dan tidak tegang. Maka dari itu, hendaknya setiap muslim mengerjakan wudhu sebelum tidur agar selalu dilindungi Allah SWT.

5 dari 5 halaman

9. Melancarkan Peredaran Darah

Dikutip dalam buku "Dahsyatnya Terapi Wudhu" oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, berwudhu yang dilakukan secara teratur bisa membantu lancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran lancar. Ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

10. Mencegah Jamur Kaki

Manfaat wudhu yang lainnya yaitu dapat mencegah jamur kaki. Berwudhu dengan membasuh kedua kaki dapat menyingkirkan kotoran, bau kaki, mencegah jamur, dan kotoran di area kuku. Biasanya kaki yang kotor akan lebih mudah terserang jamur. Dengan demikian kaki yang selalu dibersihkan dengan air wudhu akan lebih bersih daripada kaki yang tidak pernah terkena air wudhu.

11. Mulut Bersih dari Penyakit

Salah satu cara melakukan wudhu adalah dengan berkumur untuk membersihkan rongga mulut. Meskipun berkumur merupakan sunnah ketika wudhu, namun ketika berkumur, air dalam rongga mulut otomatis akan membersihkan mulut berbagai penyakit dan sisa makanan yang sering mengendap di dalam sela gigi.

Dengan melakukan wudhu ini, maka mulut dan tenggorokan akan selalu terjaga kebersihannya dan menguatkan otot-otot yang ada di bagian wajah. Sebab salah satu tahap wudhu yakni berkumur dilakukan dengan menggerakan otot wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.