Sukses

Leptospirosis Adalah Penyakit Penyerta Banjir, Pahami Gejala dan Pengobatannya

Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang termasuk dalam penyakit penyerta banjir, berikut ini gejala, penyebab dan cara pengobatannya

Liputan6.com, Jakarta Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang termasuk dalam penyakit penyerta banjir, namun masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat. Memasuki musim penghujan, banyak negara khususnya Indonesia yang harus mewaspadai datangnya banjir dan penyakit yang juga mungkin menyerang bersama dengan datangnya banjir.

Salah satunya adalah penyakit Leptospirosis. Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira, bakteri ini ditularkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri, yang kemudian masuk melalui kulit yang luka atau lecet, dan selaput lendir pada tubuh manusia yang melakukan kontak langsung dengan genangan air banjir.

Sering menyerang saat musim penghujan, terutama pada area yang tergenang banjir. Leptospirosis adalah penyakit yang perlu diwaspadai, karena penyakit yang menyerupai penyakit flu ini, jika tidak diobati dengan tepat dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam dan mengancam jiwa.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). Tentang pengertian penyakit Leptospirosis, gejala yang ditimbulkan, penyebab seseorang dapat terkena Leptospirosis dan cara pengobatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Leptospirosis Adalah

Leptospirosis Adalah 

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Anda bisa terkena leptospirosis setelah terkena air atau tanah yang terkontaminasi oleh kencing hewan  di hidung, mulut, mata, atau luka di kulit. Leptospirosis dapat menyebabkan gejala seperti flu yang dapat memburuk menjadi sindrom Weil, penyakit yang mengancam jiwa, pada sejumlah kecil orang.

Leptospirosis adalah penyakit zoonosis, yang berarti ditularkan antara hewan dan manusia. Anda dapat terinfeksi melalui:

- Kontak langsung dengan kencing (urine) atau cairan reproduksi dari hewan yang terinfeksi.

- Kontak dengan air atau tanah yang terkontaminasi.

- Makan atau minum makanan atau air yang terkontaminasi.

Anda bisa terkena leptospirosis di mana pun anda tinggal, tetapi penyakit ini paling sering terjadi di daerah tropis dan iklim yang lebih hangat dengan banyak curah hujan setiap tahun. Anda berada pada peningkatan risiko leptospirosis jika anda tinggal atau bepergian ke daerah-daerah tersebut.

Aktivitas di air tawar, terutama yang membuat anda bersentuhan dengan air yang terkontaminasi untuk jangka waktu yang lama, juga meningkatkan risiko anda terkena penyakit Leptospirosis. Ini termasuk aktivitas yang membuat kepala anda tenggelam atau menyebabkan anda menelan air. Risiko terkena bahkan lebih besar setelah hujan deras atau banjir.

Diperkirakan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia terkena leptospirosis setiap tahunnya dan hampir 60.000 dari mereka meninggal karenanya. Sehingga penting untuk mencegah diri terkena Leptospirosis serta mendapatkan pengobatan yang tepat jika terkena.

3 dari 6 halaman

Fase Leptospirosis

Fase Leptospirosis

Leptospirosis terdiri dari dua fase, yaitu fase leptospiremic (akut) dan fase imun (tertunda). Anda mungkin memiliki gejala ringan atau tidak ada gejala pada fase leptospiremic. Namun beberapa orang juga dapat mengalami gejala parah pada fase imun.

1. Fase Leptospiramik

Selama fase leptospirosis yang juga disebut fase septikemia, anda mungkin mengalami gejala seperti flu yang tiba-tiba muncul. Ini biasanya dimulai dalam dua hingga 14 hari setelah infeksi Leptospira. Fase ini berlangsung antara tiga dan 10 hari. Pada fase ini, bakteri berada di aliran darah anda dan pindah ke organ anda. Tes darah akan menunjukkan tanda-tanda infeksi.

2. Fase Imun

Pada fase imun, bakteri Leptospira telah berpindah dari darah ke organ tubuh anda. Bakteri paling terkonsentrasi di ginjal anda, yang membuat kencing (urin) anda terganggu. Tes urin akan menunjukkan tanda-tanda bakteri dan anda akan memiliki antibodi terhadap Leptospira dalam darah anda. Sejumlah kecil orang akan menjadi sangat sakit dengan sindrom Weil pada fase ini. Sindrom Weil menyebabkan pendarahan internal, kerusakan ginjal, dan kulit dan mata yang menguning parah.

4 dari 6 halaman

Gejala Leptospirosis

Gejala Leptospirosis

Beberapa orang memiliki gejala seperti flu leptospirosis dan beberapa tidak memiliki gejala sama sekali. Dalam kasus leptospirosis yang parah, anda memiliki gejala pendarahan internal dan kerusakan organ. Pada leptospirosis akut, gejala datang tiba-tiba, antara lain:

- Demam tinggi.

- Mata merah..

- Sakit kepala.

- Panas dingin.

- Nyeri otot.

- Sakit perut.

- Mual dan muntah.

- Diare.

- Kulit atau mata kuning.

- Ruam.

 

Gejala leptospirosis (sindrom Weil) yang parah dapat dimulai tiga hingga 10 hari kemudian, diantaranya adalah:

- Batuk berdarah.

- Sakit dada.

- Kesulitan bernapas.

- Menguning parah pada kulit atau mata.

- Kotoran (tinja) berwarna hitam.

- Darah dalam kencing

- Penurunan jumlah cairan saat buang air kecil.

-  Bintik-bintik merah datar pada kulit yang terlihat seperti ruam.

5 dari 6 halaman

Penyebab Leptospirosis

Penyebab Leptospirosis

Bakteri Leptospira merupakan penyebab utama penyakit  leptospirosis. Bakteri masuk ke tubuh melalui mulut, hidung, mata atau melalui luka di kulit. Bakteri ini  melakukan perjalanan melalui darah ke organ, dan kemudian mengumpulkan di ginjal.

Ginjal anda membuang materi yang tidak perlu atau beracun dalam kencing. Bakteri dari ginjal anda meninggalkan tubuh anda dalam urin, yang kemudian dapat menyebarkan leptospirosis ke orang atau hewan lain.

Leptospirosis biasanya menyebar ke manusia dari air kencing hewan yang mengandung bakteri Leptospira. Hampir semua mamalia bisa terkena leptospirosis. Mereka mungkin memiliki sedikit atau tanpa gejala penyakit. Hewan dengan leptospirosis dapat mencemari air tanah, yang menyebarkan bakteri ke hewan lain atau manusia. Anda bisa mendapatkan leptospirosis jika:

- Menyentuh langsung air kencing atau cairan tubuh lain dari hewan penderita leptospirosis.

- Terkena air atau tanah yang terkontaminasi di mata, hidung, mulut atau pada kulit yang pecah.

Banyak orang bisa terkena leptospirosis sekaligus (wabah) setelah hujan lebat dan banjir. Air banjir mengalir ke sungai, danau, dan kanal, membawa bakteri. Untungnya Leptospirosis jarang menular dari satu orang ke orang lain.

6 dari 6 halaman

Pengobatan Leptospirosis

Pengobatan Leptospirosis

Penyedia layanan kesehatan akan mengobati leptospirosis dengan antibiotik. Jika anda memiliki kasus ringan, mereka mungkin meminta anda mengawasi gejala anda untuk melihat apakah anda dapat sembuh tanpa pengobatan.

Jika anda menderita leptospirosis parah, anda akan dirawat di rumah sakit. Pihak rumah sakit akan memberi anda antibiotik langsung melalui infus. Tergantung pada organ mana yang terpengaruh, anda mungkin memerlukan obat atau prosedur tambahan. Berikut adalah obat dan prosedur yang digunakan untuk mengobati leptospirosis:

- Antibiotik : Jenis antibiotik yang mengobati leptospirosis termasuk doksisiklin, amoksisilin, ampisilin, penisilin-G dan seftriakson. Rumah sakit  akan memutuskan mana yang akan digunakan berdasarkan seberapa sakit dan riwayat kesehatan.

- Ventilasi mekanik : Jika paru-paru anda terinfeksi bakteri, anda mungkin mengalami kesulitan bernapas dan membutuhkan bantuan mesin untuk bernapas. Rumah sakit akan memberi anda obat untuk membuat anda tetap tertidur saat anda terhubung ke mesin.

- Plasmaferesis : Juga disebut pertukaran plasma, plasmapheresis membantu jika anda berisiko mengalami kerusakan organ akibat leptospirosis. Selama prosedur ini, pihak layanan kesehatan mengeluarkan darah menggunakan tabung yang terpasang pada vena. Sebuah mesin memisahkan plasma anda dari darah dan menggantinya dengan pengganti plasma. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.