Sukses

Cara Melacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui, Mudah dan Efektif

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang mungkin sudah banyak diketahui dapat melacak nomor HP adalah Google Maps. Berbagai fiturnya bisa kamu manfaatkan untuk melacak HP yang kamu inginkan.

Tidak hanya untuk melacak nomor asing yang masuk, hal ini juga berguna untuk melacak teman yang lama tidak terdengar kabarnya. Selain itu fitur ini juga bermanfaat sekali untuk menemukan HP yang hilang.

Kamu bisa menggunakan HP sendiri untuk melacak no HP orang lain dengan mudah. Berbagai aplikasi dan fitur yang tersedia pada smartphone bisa membantumu dalam menerapkannya. Kamu bisa menggunakan cara-cara tersebut pada semua provider.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022) tentang cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Google Maps

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui yang pertama adalah melalui aplikasi Google Maps. Berikut cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui:

1. Buka dan jalankan aplikasi Google Maps. Tetapi untuk cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahi ini, kamu harus terhubung dengan koneksi internet karena dilakukan secara online. Supaya kamu bisa lebih hemat kuota, sebaiknya mengatur koneksi internetnya berdasarkan time based atau berdasarkan waktu, bukan berdasar jumlah data yang digunakan atau volume based.

2. Setelah aplikasi Google Maps terbuka, masuklah ke menu Option.

3. Selanjutnya masuk ke Friend List atau Daftar Teman kemudian pilihlah Add Friend atau Tambah Teman.

4. Invite keluarga, teman, pacar, tetangga, atau nomor HP yang posisinya ingin kamu lacak.

5. Pastikan nomor HP yang ditarget sudah menerima invite atau undangan tadi.

6. Klik pada salah satu nomor HP yang ingin kamu lacak, dan Google Maps pun akan secara otomatis melacak dan memberitahu kamu keberadaan target yang dilacak.

3 dari 6 halaman

Situs GPS Tracker

Selain melalui fitur-fitur yang ada di Google Maps, kamu juga bisa menerapkan cara melacak lokasi no HP tanpa diketahui melalui bantuan Global Positioning Sytem atau GPS. Cara ini tidak memerlukan aplikasi apapun. Kamu cukup memanfaatkan GPS yang tertanam di HP yang hilang.

Cukup dengan membuka situs www.SAT-GPS-Tracker.com. Pilih menu track a phone number here. Kemudian pilih negara dimana HP itu hilang, lalu isikan phone number code dengan angka 62, jika berada di Indonesia. Selanjutnya, isi phone number dengan nomor HP lengkap yang ingin di cari tanpa menggunakan angka 0 di depannya. Terakhir klik search.

4 dari 6 halaman

Lewat Email

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui juga bisa menggunakan email. Berikut langkah-langkahnya:

1. Akses gmail.com melalui PC atau personal computer.

2. Login sesuai dengan alamat email dan password yang terpasang di handphone yang hilang.

3. Pilih ikon titik yang berjumlah 9 yang berada di pojok kanan atas.

4. Pilih menu akun Google, lalu masuk ke opsi buka aktivitas saya.

5. Cari menu strip 3 yang berada di pojok kiri tampilan PC dan klik kontrol aktivitas.

6. Setelah itu, klik pilihan kelola aktivitas.

5 dari 6 halaman

Cara Melacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui dengan Aplikasi Lainnya

HLR Lookup

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui yang kedua dilakukan dengan menggunakan aplikasi HRL Lookup. Aplikasi ini memang sudah banyak diinstal dan juga mempunyai tampilan yang bagus. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor HP.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi HRL Lookup di Playstore dan install.

2. Buka aplikasi HRL Lookup, kemudian perhatikan kolom yang tersedia. Masukkan 'Nomor HP', kemudian tap 'Check'.

3. Akan muncul data-data dari nomor HP yang baru saja dimasukkan. Ada kota, negara, provider, dan lainnya.

4. Perlu diketahui bahwa HLR (Home Location Register) bukan lokasi tepat di mana nomor HP saat ini berada, tetapi merupakan di mana kartu provider tersebut didaftarkan di area tertentu.

Aplikasi Number Locator

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui juga bisa menggunakan Number Locator. Berikut langkah-langkahnya:

- Unduh aplikasi Number Locator secara gratis di Play Store.

- Buka aplikasi Number Locator dan hidupkan GPS.

- Pada halaman utama kalian akan melihat menu "Phone Tracker".

- Masukkan nomor target secara lengkap pada kotak yang tersedia.

- Klik menu "Localize!".

- Selanjutnya, kalian akan mendapatkan peta lokasi target secara lengkap.

- Tekan menu "Petunjuk Arah" untuk mengetahui jarak kalian dengan lokasi HP target.

6 dari 6 halaman

Fitur Google Maps

Secara umum, Google Maps berguna sebagai aplikasi penunjuk arah dengan beberapa fitur yang dapat membantu memudahkan para penggunanya. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur tersebut untuk membantu cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki Google Maps yang dapat membantu kamu dalam cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui:

1. Driving Directions (Pemandu Perjalanan). Untuk fitur driving and directions, fitur ini digunakan untuk mengetahui jalur jalan atau arah yang dilewati dari suatu lokasi ke lokasi lain.

2. Transit and Walking Direction. Kemudian transit and walking direction digunakan untuk memperoleh rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

3. Street View. Street View digunakan untuk menampilkan peta jalan termasuk dengan lokasi tempat-tempat di peta tersebut.

4. Business Listings. Business listing biasanya digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu baik bisnis maupun tempat penting yang lain.

5. Latitude. Lattitude digunakan untuk melacak lokasi nomor hp teman.

6. My Location. My Location digunakan untuk mengetahui poisis nomor ponsel walaupun tidak menggunakan perangkat Gps.

7. Traffic. Informasi lalu lintas atau traffic yang berfungsi membantu memantau kondisi lalu lintas jalan raya secara langsung atau real time.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.