Sukses

12 Manfaat Jus Pare bagi Kesehatan, Ketahui Kandungan dan Cara Membuatnya

Pare merupakan salah satu tanaman yang digemari banyak orang dan bahkan telah digunakan selama berabad-abad.

Liputan6.com, Jakarta Pare merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia. Selain itu pare juga dikenal dengan karela atau pir balsam. Pare merupakan kerabat dekat mentimun dan zucchini. Pare telah digunakan sejak zaman dahulu oleh orang-orang di seluruh dunia sebagai makanan atau obat tradisional.

Pare memang identik dengan rasa pahit, tetapi hal ini jarang menjadi alasan orang-orang untuk tidak mengonsumsinya. Dilansir dari Medical News Today, pare sering diolah menjadi makanan pokok masakan Asia untuk menambah rasa unik pada makanan lokal dengan rasa pahitnya. Selain ditumis atau dicampur dengan makanan lainnya, pare juga sering diolah menjadi jus pare. Orang-orang percaya akan manfaat jus pare bagi kesehatan.

Pare mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, C dan zat besi. Jus atau ekstrak pekat dari pare dinilai cara pengolahan pare yang paling banyak manfaat kesehatannya. Manfaat jus pare berasal dari kandungan yang dimiliki oleh buah pare itu sendiri. Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat jus pare untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (20/10/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya Akan Nutrisi

Dilansir dari Healthline, dalam satu cangkir pare mentah atau sekitar 94 gram anda dapat menemukan, termasuk kalori (20), karbohidrat (4 gram), serat (2 gram), vitamin C (93% Reference Daily Intake (RDI) atau asupan harian refrensi), vitamin A (44% RDI), Folat  (17% RDI), Kalium (8% RDI), Seng (5% RDI)  dan besi (4% RDI).

Pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang dan penyembuhan luka. Adanya asam folat pada pare juga akan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan. Lebih lanjut, pare memiliki banyak antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan. Pare dapat menjadi pilihan makanan ketika diet karena kandungan kalori yang rendah, tetapi kaya akan serat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare bekerja secara signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Akan tetapi efektivitasnya pada manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, pare mengandung banyak kalium yang mampu menyerap natrium berlebihan pada tubuh. Pare juga kaya akan zat besi dan asam folat untuk mengurangi risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

3. Melawan Kanker

Sebuah penelitian dengan ekstrak pare menunjukkan bahwa ini efektif untuk membunuh sel-sel kanker lambung, usus besar, paru-paru dan nesofaring. Di penelitian lain juga menyebutkan bahwa ekstrak pare ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Akan tetapi, penelitian ini menggunakan ekstrak pare yang sangat pekat sehingga penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui berapa jumlah normal pare yang ditemukan dalam makanan yang mampu memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker tersebut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan Tubuh

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus pare selanjutnya adalah dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Seperti yang disebutkan sebelumnya jika pare kaya akan serat, tetapi rendah kalori. Mengkonsumsinya akan membuat Anda kenyang lebih lama serta mengurangi rasa lapar.

5. Menurunkan Risiko Infeksi Mikroba

Pare memiliki banyak kandungan kimia bioaktif yang berperan sebagai anti mikroba. Dilansir dari Medicinenet, ekstrak pulpa pare juga dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri, seperti E Heliobacter, Staphylococcus serta salmonella. Selain itu, beberapa protein dari pare juga mampu melawan virus HSV-1, SINV dan HIV.

6. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Jus pare merupakan sumber vitamin A dan C yang baik serta dapat berperan dalam mencegah penuaan dini dan mengurangi keriput. Manfaat jus pare juga untuk mengurangi jerawat, mengatasi eksim dan psoriasis dan melindungi kulit dari terpaan sinar UV. Selain vitamin A dan C, biotin dan zinc pada pare juga dapat membantu rambut menjadi berkilau.

7. Membantu Detoksifikasi

Manfaat jus pare selanjutnya diperoleh dari senyawa pare yang dapat mencegah gagal hati. Ekstrak pare dapat membantu merangsang detoksifikasi serta meningkatkan kesehatan hati dengan meningkatkan glutathione dan superoksida disutase. Meminum jus pare juga dapat membantu dalam mengendalikan kerusakan oksidatif dengan menghambat akumulasi lemak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan Tubuh

8. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat jus pare juga dapat diperoleh dari antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan dalam pare terlibat dalam mempertahankan tubuh dari penyakit. Studi dalam Pharmaceutical Research Journal tahun 2012 juga menyebutkan bahwa pare memiliki sifat anti-karsinogen dan anti tumor.

9. Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin yang paling terkenal jika membicarakan kesehatan mata adalah vitamin A. Pare merupakan sumber vitamin A yang baik. Oleh karena itu, manfaat jus pare yang bisa Anda peroleh adalah kesehatan mata dan/ atau penglihatan. Vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

10. Mengurangi Risiko Pendarahan Berlebihan

Manfaat jus pare selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko pendarahan berlebihan karena kandungan vitamin K. Mengkonsumsi jus pare satu porsi juga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin K serta mendukung integritas tulang.

11. Mengatasi Sembelit

Jus pare dapat memicu sel-sel usus untuk menghasilkan lebih banyak cairan pencernaan supaya tetap sehat. Pare juga berfungsi sebagai pencahar ringan yang bisa membantu meringankan masalah pencernaan, seperti sembelit. Anda yang menderita ambeien juga dapat mencoba jus pare ini.

12. Menangani Luka Kecil

Jus pare sering dibuat sebagai obat tradisional untuk mengatasi luka kulit dan infeksi dengan dioleskan secara topikal pada kulit. Oleh karena itu, mungkin jus pare saat ini juga masih berguna dalam menangani luka kulit kecil apalagi dengan banyaknya vitamin C yang dimilikinya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Jus Pare

Jika meminum jus pare yang  dicampur dengan air saja mungkin akan sedikit tidak menarik, maka Anda dapat menambahkan beberapa bahan pada jus pare Anda. Berikut salah satu cara membuat jus pare :

1. Bahan

- 1 buah pare

- Air

- Garam secukupnya

- Jus lemon atau perasan lemon secukupnya

2. Cara Membuat

- Cuci pare hingga bersih lalu potong memanjang menjadi dua

- Buang biji dan daging putih yang ada di dalam pare

- Tambahkan pare, air, perasan lemon dan garam secukupnya lalu nyalakan mesin pembuat jus

- Jus pare siap diminum.

Nah, demikian uraian berbagai manfaat jus pare dan cara membuatnya. Saat dinikmati dalam jumlah sedang, pare dapat menjadi tambahan yang sehat dan bergizi. Akan tetapi mengkonsumsi pare, termasuk jus pare dalam jumlah berlebihan mungkin akan memberikan efek samping, seperti diare, muntah dan sakit perut. Terutama untuk ibu hamil, lebih baik berbicara kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya dalam jumlah tertentu.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.