Sukses

Bahasa Inggrisnya Apa, Ketahui Penggunaan dan Jenis Kata Tanya Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggrisnya apa adalah what. Apa adalah salah satu kata tanya yang sering digunakan untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan. Kata tanya apa ini kerap kali diperbincangkan dalam obrolan sehari-hari.

Bahasa Inggrisnya apa adalah what. What dalam kamus Bahasa Inggris memiliki makna yang luas. Tidak melulu bermakna apa. Melansir dari Pustaka Digital Indonesia, terdapat 8 arti what dalam bahasa Indonesia yang terdiri dari pronomina sebagai kata ganti dan adjektiva sebagai kata sifat.

Mengetahui bahasa Inggrisnya apa adalah what sangatlah penting saat berkomunikasi dengan orang asing. Selain itu, anda juga perlu mengenal deretan pertanyaan dalam bahasa Inggris dan penggunaannya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bahasa Inggrisnya apa beserta penggunaan dan daftar pertanyaan lain yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bahasa Inggrisnya Apa

Bahasa Inggrisnya apa adalah what. Dalam bahasa Indonesia, apa adalah salah satu kata tanya yang digunakan untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan. Sedangkan menurut Cambridge Dictonary, bahasa Inggrisnya what digunakan untuk mengajukan pertanyaan dan sebagai kata ganti dan penentu. "What" sering digunakan sebagai kata ganti tanya.

Bahasa Inggrisnya apa adalah what yang bekerja untuk objek, kualitas, maupun tempat. Bahkan kata what sendiri digunakan saat meminta informasi tentang sesuatu.  Ketika menggunakan "what" sebagai kata ganti, itu bisa menjadi subjek, objek, atau pelengkap dari kata kerja.

Bahasa Inggrisnya apa adalah what juga digunakan untuk menanyakan tentang nama seseorang, aktivitas yang dilakukan seseorang, menanyakan waktu, menanyakan kondisi seseorang, dan sebagainya. 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kata Tanya dalam Bahasa Inggris

Selain kata tanya apa, terdapat pula jenis kata tanya dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasannya:

1. Where (Di mana/Ke mana/Dari mana)

Kata tanya bahasa Inggris adalah where yang berguna untuk menanyakan di mana, ke mana, dan dari mana. Kata tanya ini biasanya digunakan untuk menanyakan tentang tempat. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya where atau di mana:

a. Where do you live? (Di mana kamu tinggal?)

b. Where does she study? (Di mana dia bersekolah?)

c. Where are you going? (Ke mana kamu akan pergi?)

d. Where have you been? (Dari mana saja kamu?)

2. When (Kapan)

Kata tanya bahasa Inggris yang selanjutnya adalah when yang berguna untuk menanyakan tentang kapan. Hal ini berhubungan dengan waktu yang ingin anda tanyakan. Berikut adalah beberapa kalimat dengan kata tanya when atau kapan:

a. When is your birthday? (Kapan ulang tahunmu?)

b. When will you come to my house? (Kapan kamu akan ke rumahku?)

c. When did the accident happen? (Kapan kecelakaannya terjadi?)

3. Why (Mengapa/Kenapa)

Kata tanya bahasa Inggris yang berikutnya adalah why yang berguna untuk menanyakan tentang suatu sebab atau alasan. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya why atau kenapa:

a. Why is Leonard late? (Mengapa Leonard terlambat?)

b. Why do we go this way? (Kenapa kita lewat sini?)

c. Why did you break the jar? (Kenapa kamu memecahkan gucinya?)

4. Which (Yang mana)

Kata tanya bahasa Inggris yang berikutnya adalah which yang berguna untuk menanyakan tentang pilihan. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya which atau yang mana:

a. Which one is your sister? (Yang manakah saudara perempuanmu?)

b. Which bicycle is yours? (Yang manakah sepedamu?)

c. Which painting did your uncle bought? (Lukisan mana yang pamanmu beli?)

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kata Tanya dalam Bahasa Inggris

5. Whose (Siapa/Milik Siapa)

Kata tanya bahasa Inggris yang lainnya adalah whose yang berguna untuk menanyakan tentang kepemilikan. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya whose atau siapa atau milik siapa:

a. Whose wallet is this? (Dompet siapakah ini?)

b. Whose book did you bring? (Buku milik siapa yang kamu bawa?)

c. Whose number are you calling? (Nomor siapa yang kamu hubungi?)

6. Who (Siapa/Siapakah)

Kata tanya bahasa Inggris yang selanjutnya adalah who yang berguna untuk menanyakan tentang siapa atau siapakah atau lebih tepatnya tentang subjek. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya who atau siapa:

a. Whos is that boy? (Siapakah laki-laki itu?)

b. Who is paying for this? (Siapakah yang membayar ini?)

c. Who will go with Riana to the party? (Siapa yang akan pergi dengan Riana ke pesta?)

d. Who called? (Siapakah yang menelepon?)

7. Whom (Siapa/ Dengan siapa)

Kata tanya bahasa Inggris berikutnya adalah whom yang berguna untuk menanyakan tentang siapa atau dengan siapa atau lebih tepatnya kepada objek. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya whom atau dengan siapa:

a. Whom is he talking to? (Dengan siapa dia berbicara?)

b. For whom? (Untuk siapa?)

c. Whom did you go with last night? (Dengan siapa kamu pergi semalam?)

8. How (Bagaimana/Berapa/Seberapa)

Kata tanya bahasa Inggris yang terakhir adalah how yang berguna untuk menanyakan tentang bagaimana atau berapa atau seberapa. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan kata tanya how atau bagaimana:

a. How are you doing? (Bagaimana kabarmu?)

b. How many books have you read? (Berapa banyak buku yang telah kamu baca?)

c. How far is Semarang from Jakarta? (Seberapa jauhkah Semarang dari Jakarta?)

d. How long will you spend the holiday? (Berapa lama kamu akan berlibur?)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS