Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Peta? Pahami Pengertian dan Kegunaannya

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan peta merupakan pertanyaan yang kerap diperbincangkan oleh masyarakat. Peta sendiri sudah ada sekitar tahun 30.000 SM. Hal ini diketahui dengan ditemukannya sketsa dan ukuran yang terdapat pada permukaan batu.

Apa yang dimaksud dengan peta penting untuk dipahami sebagai pengetahuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa yang dimaksud dengan peta adalah gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan peta sangat berkaitan dengan gambar suatu wilayah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, sifat permukiman, dan denah. Peta sendiri memiliki kegunaan yakni sebagai petunjuk arah.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa yang dimaksud dengan peta beserta kegunaan dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Peta

Menurut Kemenkeu, apa yang dimaksud dengan peta adalah suatu gambaran dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.

Sedangkan secara umum, apa yang dimaksud dengan peta adalah  gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Secara etimologi, kata peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Dengan begitu, apa yang dimaksud dengan peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

3 dari 5 halaman

Kegunaan Peta

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan peta, anda perlu mengetahui kegunaan dari peta. Berikut ini penjelasannya:

1. Untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.

2. Untuk memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.

3. Untuk menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya

4. Untuk membantu peneliti sebelum melakukan survei mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.

5. Untuk menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.

6. Sebagai alat menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.

7. Untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

8. Kondisi fisik non-fisik suatu daerah misalnya kepadatan, jumlah penduduk, persebaran, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Isinya

Terdapat dua jenis peta berdasarkan isinya, yakni peta umum dan peta tematik. Berikut ini penjelasannya:

1. Peta Umum

Peta umum menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat dalam suatu daerah, baik kenampakan alam maupun kenampakan sosial budaya. Peta umum dikelompokan lagi menjadi tiga, diantaranya adalah peta topografi, peta chorografi, dan peta geografi. Berikut penjelasannya:

a. Peta Topografi

Apa yang dimaksud dengan peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

b. Peta Chorografi

Apa yang dimaksud dengan peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala lebih kecil antara 1:250.000 sampai 1:1000.000. Contoh peta ini adalah Atlas, yang biasanya sering kita temui di sekolah.

Fungsi peta ini adalah untuk menggambarkan daerah yang luas, misalnya propinsi, Negara bahkan dunia. Dalam peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll.

c. Peta Geografi, atau Peta Dunia

Apa yang dimaksud dengan peta geografi merupakan peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

2. Peta Tematik (Khusus)

Apa yang dimaksud dengan peta tematik ini merupakan peta yang dibuat untuk menggambarkan informasi khusus dengan tema tertentu. Contohnya seperti peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta persebaran flora dan fauna, peta politik, dan lain sebagainya.

Sekarang juga sudah muncul peta digital yang bahkan dipakai orang setiap hari, yaitu Google Maps. Setiap harinya berbagai aktivitas kamu telah dimudahkan oleh peta digital ini untuk menemukan lokasi yang ingin dicari, dengan hanya menggunakan smartphone.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Bentuknya

Berikut ini terdapat beberapa jenis peta berdasarkan bentuknya, yakni:

1. Peta digital

Apa yang dimaksud dengan peta digital yakni peta yang dibuat menggunakan bantuan komputer. Peta digital akan menampilkan data-data yang disimpan di dalam memori komputer. Untuk melihatnya, peta digital ditayangkan melalui layar monitor komputer dengan menggunakan program map info maupun arc info.

2. Peta timbul

Apa yang dimaksud dengan peta timbul adalah peta yang dibuat secara tiga dimensi. Peta ini terlihat mirip dengan bentuk permukaan bumi sebenarnya. Pada peta timbul, daerah-daerah tertentu diberi warna dan permukaannya timbul, kontur-konturnya jelas. Misalnya, area pegunungan akan tampak menjulang, warna laut, dataran rendah, dan dataran tinggi pun berbeda.

3. Peta datar

Apa yang dimaksud dengan peta datar adalah peta yang dibuat pada bidang yang datar seperti kertas, kain, kanvas, ataupun triplek. Secara umum, peta datar tampak seperti peta yang sering digunakan dalam keseharian. Di dalam peta ini terdapat gambar permukaan bumi, warna yang berbeda-beda, penjelasan skala, serta simbol.

4. Peta garis

Apa yang dimaksud dengan peta garis adalah peta dengan detail planimetris (pemetaan daerah sempit) maupun ketinggian dalam bentuk garis atau simbol. Penyajian datanya bisa dibuat dengan skala dan kontur yang digambar dengan interval tertentu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS