Sukses

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Online dan Offline, Ketahui Jenis Serta Syaratnya

Untuk dapat merasakan layanan kartu kredit BRI, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu cara membuat kartu kredit BRI.

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang banyak dipilih karena menawarkan kepraktisan. Pengguna kartu kredit tidak perlu membawa uang tunai yang akan membuat dompet penuh.

Apa bedanya dengan kartu debit? Kedua kartu ini sama-sama alat pembayaran nontunai, bedanya adalah pembayaran dengan debit akan langsung memotong saldo rekening tabungan. Sedangkan, pembayaran dengan kartu kredit tidak, pengguna kartu kredit dapat membayar tagihan pembelanjaannya dengan dicicil.

Salah satu bank di Indonesia yang menyediakan fasilitas kartu kredit adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI. BRI merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perbankan. Kartu kredit yang diterbitkan oleh BRI memiliki lisensi Visa dan MasterCard. Artinya, kartu kredit BRI dapat digunakan di seluruh merchant yang berlogo VISA atau MasterCard, termasuk merchant yang ada di luar negeri.

Untuk dapat merasakan layanan kartu kredit BRI, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu cara membuat kartu kredit BRI. Selain kepraktisan yang ditawarkan, kartu kredit dipilih karena banyak promo yang ditawarkan oleh bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Berikut tahapan cara membuat kartu kredit BRI online dan offline beserta jenis kartu kredit dan syarat pengajuannya yang sudah dirangkum Liputan6.com dari laman BRI dan Kartu Kredit BRI, Senin (17/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kartu Kredit BRI: Syarat Pengajuan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah untuk dapat memiliki kartu kredit BRI. Pada cara membuat kartu kredit BRI offline nasabah perlu membawa fotokopi dokumen-dokumen yang menjadi syarat pengajuan. Berikut syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit BRI.

1. Nasabah minimum berusia 21 tahun.

2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Memiliki rekening BRI, dibuktikan dengan adanya buku tabungan.

4. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

5. Memiliki slip gaji yang dilegalisir dengan pendapatan minimal tiga juta Rupiah per bulan. Jika tidak ada slip gaji dapat pula menggunakan Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dari kantor.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kartu Kredit BRI: Jenis

Sebelum mengetahui cara membuat kartu kredit BRI, nasabah perlu mengetahui jenis layanan kartu kredit yang disediakan BRI. Setiap jenis kartu memiliki keunggulan masing-masing, nasabah dapat memilih jenis kartu kredit sesuai kebutuhan. 

1. Kartu Kredit BRI Easy Card

Kartu kredit BRI Easy Card merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu untuk memudahkan transaksi sehari-hari. Nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas kartu kredit BRI Easy Card minimal harus memiliki penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan. Limit untuk kartu kredit BRI Easy Card adalah Rp5 juta sampai Rp24,9 juta. Annual basic fee atau biaya tahunan untuk kartu kredit BRI Easy Card adalah Rp250.000. 

2. Kartu Kredit BRI Platinum

Kartu Kredit BRI Platinum adalah kartu kredit yang diterbitkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk dalam rangka memberikan kemudahan transaksi kepada para keluarga muda pengguna Kartu Kredit Bank BRI. 

Nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas kartu kredit BRI Platinum minimal harus memiliki penghasilan sebesar Rp5 juta per bulan. Limit untuk kartu kredit BRI Platinum adalah Rp15 juta sampai Rp75 juta. Annual basic fee untuk layanan kartu kredit BRI Platinum adalah Rp600.000.

3. Kartu Kredit BRI JCB Platinum

Kartu kredit BRI JCB Platinum merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu sebagai produk kartu travel dan sport bagi segment profesional dan pengusaha, khususnya kegiatan traveling destinasi Negara Asia.

Nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas kartu kredit BRI JCB Platinum minimal memiliki penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan. Limit untuk kartu kredit BRI JCB Platinum adalah Rp5 juta sampai Rp24,9 juta. Annual basic kartu kredit BRI JCB Platinum adalah Rp300.000.

4. Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia

BRI Wonderful Indonesia merupakan kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh BRI bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kartu ini diberikan kepada individu yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia.

Nasabah yang dapat memiliki kartu kredit BRI Wonderful Indonesia minimal memiliki penghasilan sebesar Rp5 juta per bulan. Limit untuk kartu kredit BRI Wonderful Indonesia adalah Rp15 juta sampai Rp999 juta. Annual basic fee yang harus dibayar nasabah per tahunnya adalah Rp600.000. 

5.  Kartu kredit BRI World Access

Kartu Kredit BRI World Access merupakan kartu kredit yang berperan sebagai teman dalam melakukan perjalanan bisnis dan traveling, baik di dalam maupun di luar negeri. Nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas kartu kredit BRI World Access minimal memiliki penghasilan sebesar Rp30 juta per bulan. Limit kartu kredit BRI World Access adalah Rp50 juta sampai Rp999 juta. Annual basic fee yang harus dibayar nasabah per tahun sebesar Rp 1.000.000. 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kartu Kredit BRI: Jenis

6. Kartu Kredit BRI Touch

BRI Touch merupakan kartu kredit tambahan yang diberikan untuk memfasilitasi transaksi online dan mempermudah gaya hidup pribadi milenial. Untuk mendapatkan layanan kartu kredit BRI Touch nasabah harus memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan. Limit untuk kartu kredit BRI Touch adalah Rp5 juta sampai R149,9 juta. Annual basic fee kartu kredit BRI Touch adalah Rp 250.000 

7. Kartu Kredit BRI Business Card

Kartu kredit BRI Business Card adalah kartu kredit BRI yang dipasarkan terbatas kepada nasabah karyawan perusahaan atau institusi yang bekerjasama dengan Bank BRI. untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit BRI Business Card, nasabah minimal memiliki penghasilan sebesar Rp5 juta per bulan. Limit kartu kredit BRI Business Card adalah Rp8 juta sampai Rp200 juta. Layanan kartu kredit BRI Business Card tidak dikenakan annual basic fee alias gratis. 

8. Kartu Kredit BRI Infinite 

Kartu kredit BRI Infinite adalah kartu kredit BRI segmen premium khusus untuk nasabah Prioritas BRI dengan positioning sebagai lifestyle card. Nasabah yang dapat memiliki kartu kredit BRI Infinite harus memiliki minimal Asset Under Management (AUM) sebesar Rp500 juta atau sesuai ketentuan AUM BRI Prioritas. Limit kredit pada kartu kredit BRI Infinite adalah Rp150 juta sampai Rp999 juta. Annual basic fee yang harus dibayarkan nasabah pengguna kartu kredit BRI Infinite adalah Rp2,4 juta. 

9. Kartu Kredit BRI Touch Cardless

Kartu Kredit BRI Touch Cardless merupakan kartu kredit yang diterbitkan oleh BRI bekerja-sama dengan Visa Worldwide. Kartu ini digunakan khusus untuk transaksi online (Kartu tidak dicetak). Untuk persyaratan penghasilan minimum nasabah, limit kredit dan annual fee kartu kredit BRI Touch Cardless sama dengan kartu kredit BRI Touch.

10. Kartu Kredit Traveloka PayLater Card

Traveloka PayLater Card adalah kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dengan PT Traveloka Group. Limit untuk kartu kredit  Traveloka PayLater Card adalah Rp5 juta sampai Rp24,9 juta. Annual basic fee yang harus dibayarkan nasabah pengguna kartu kredit Traveloka PayLater Card adalah Rp250.000.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kartu Kredit BRI: Online dan Offline

Setelah mengetahu persayatan dan jenis kartu kredit BRI, kini saatnya beralih ke cara membuat kartu kredit BRI. Ada dua cara yang dapat dilakukan nasabah untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit, yaitu online dan offline.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Online

1. Buka laman Kartu Kredit BRI pada browser, lalu pilih menu Apply Kartu

2. Klik Apply Sekarang. Pilih jenis kartu kredit yang tersedia.

3. Klik tombol Apply Kartu. 

4. Masukan data KTP dan NPWP, lalu klik Lanjutkan. 

5. Baca Syarat dan Ketentuan untuk membuat kartu kredit BRI online. 

6. Pilih Mulai Mengisi. Masukkan identitas dan tujuan pembuatan kartu. 

7. Cetak file pdf yang muncul setelah pengisian formulir selesai. 

8. Kurir BRI akan mengambil formulir cetak yang sudah dibubuhkan tanda tangan. 

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Offline

Pengajuan kartu kredit BRI juga dapat dilakukan langsung di kantor cabang BRI terdekat. Berikut tahapan pengajuan kartu kredit di kantor cabang.

1. Pastikan seluruh dokumen persyaratan pengajuan kartu kredit BRI sudah lengkap

2. Bawa dokumen asli dan fotokopi persyaratan tersebut ke kantor cabang BRI terdekat. Sampaikan ke petugas bank keperluan Anda untuk membuat kartu kredit BRI

3. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit BRI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.