Sukses

25 Tempat Wisata di Bali Terbaru, Dari Hidden Gems Hingga Ramah Anak

Liputan6.com, Jakarta Sudah mendekati akhir tahun 2022 dan Anda masih bingung akan berlibur kemana, maka Bali adalah salah satu jawaban terbaik untuk Anda. Siapa yang tidak ingin mengunjungi salah satu surganya tempat wisata di Indonesia. Bali memiliki berbagai tempat wisata yang tidak ada habisnya. Mulai dari wisata pantai, resor, desa wisata, wisata budaya hingga wisata alam lainnya.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir untuk mencoba tempat wisata di Bali terbaru yang merupakan permata tersembunyi? Selain menikmati destinasi populer di Bali, tidak sedikit wisatawan yang datang ke untuk mengeksplore lebih dalam Pulau Dewata.Terlampau banyaknya destinasi populer di Bali, masih terdapat banyak tempat tersembunyi yang tidak kalah menarik.

Rekomendasi beberapa tempat wisata di Bali terbaru yang telah dirangkum Liputan6.com akan bermanfaat bagi Anda yang ini mencari tempat wisata dari  mulai yang populer, hidden gems hingga ramah anak. Anda mungkin dapat menemukan berbagai “rahasia” baru Pulau Bali. Berikut ulasan tempat wisata di Bali terbaru yang Liputan6.com rangkum dari Indonesia.travel sebagai website resmi Kemenparekraf dan berbagai sumber lainnya,  pada Jum’at (15/10/22) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bali Hidden Gems Terbaru yang Akan Melengkapi Liburan Anda

1. Pantai Bias Tugel

Mungkin sudah puluhan pantai di Bali yang Anda ketahui, tetapi pernahkah Anda mendengar Pantai Bias Tugel sebelumnya? Pantai yang berada di Desa Padangbai, Karangasem ini memang masih jarang dibicarakan oleh orang-orang. Pantai yang satu ini mungkin tidak ramai pengunjung dan tidak semudah aksesnya daripada pantai yang lain. Akan tetapi, bagi Anda yang mencintai petualangan, tempat ini benar-benar akan memuaskan dan membayar lunas semua perjuangan Anda untuk sampai di sini. Pantai ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang justru menginginkan ketenangan karena tempatnya yang terpencil. Selain itu, suasana laut dan pemandangan sekitar yang tidak akan gagal membuat Anda takjub.

2. Taman Dedari

Tempat wisata di Bali terbaru yang pertama adalah Taman Dedari. Bagi Anda pecinta karya seni jangan sampai melewatkan Taman Dedari yang baru dibuka di Ubud, Bali ini. Anda dapat menemukan berbagai patung dengan detail halus yang berdiri megah di taman. Anda juga tidak perlu khawatir kekurangan spot foto cantik untuk mengabadikan momen. Nama Dedari sendiri berasal dari kata bidadari yang berarti malaikat. Selain karya seni patung, Anda juga dapat menikmati indahnya taman dan memuaskan perut Anda dengan mengunjungi restoran. Jika waktunya tepat, Anda dapat melihat indahnya matahari terbenam di Taman Dedari. Untuk hanya berkunjung ke taman ini Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.  

3. Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun Kanto Lampo berada di Desa Beng, Kabupaten Gianyar. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dan aliran airnya tidak terlalu deras. Ketika Anda berkunjung ke air terjun yang satu ini, Anda akan langsung merasakan ketenangan dari percikan air yang disertai hembusan angin sepoi-sepoi. Hilangkan stres Anda dengan mengunjungi salah satu hidden gems di wilayah Timur Bali ini.

4. Air Terjun Manuaba

Di antara hutan kecil di Desa Kenderan, Tegallalang terdapat tempat tersembunyi yang luar biasa. Apalagi jika bukan Air Terjun Manuaba. Anda dapat menemukan air terjun yang satu ini di samping Pura Griya Sakti Manuaba. Air Terjun Manuaba menjadi tempat wisata terbaru di Bali yang tidak boleh Anda lewatkan. Meskipun baru dibuka pada tahun 2019 dan belum banyak dikunjungi wisatawan, pemandangan dan suasana yang ditawarkan Air Terjun Manuaba tidak kalah mempesona dari wisata air terjun lainnya.

5. Bendungan Tukad Yeh Undah

Rekomendasi tempat wisata di Bali terbaru selanjutnya adalah Bendungan Tukad Yeh Undah. Ya, Anda tidak salah baca, ini memang benar-benar sebuah bendungan, bukan pantai dan bukan resor mewah. Berada di daerah Semarapura, Kelong Angin, Kabupaten Klungkung, Anda dapat menangkap momen dengan latar belakang instagramable di sini. Bendungan Tukad Yeh Undah memiliki fitur yang luas, pendek dan serupa dengan air terjun. Anda juga dapat melihat anak-anak setempat yang mandi dan bermain di area bendungan. Jika tidak ingin membasahi baju Anda, maka Anda bisa hanya dengan menikmati suburnya lingkungan sekitar yang menenangkan.

 

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bali Hidden Gems Terbaru yang Akan Melengkapi Liburan Anda

6. Pantai Lovina

Jika Anda ingin merasakan suasana tenang liburan yang sempurna, maka Anda harus mengunjungi pantai yang terletak 9 km dari Singaraja, Buleleng.Pantai Lovina juga salah satu dari tempat wisata di Bali terbaru. Dengan berkunjung ke Pantai Lovina, Anda benar-benar akan dapat melepas penat. Meskipun dipenuhi dengan hamparan pasir hitam, tetapi keindahan Pantai Lovina tidak kalah cantik dari pantai-pantai lainnya. Hal ini karena Anda akan disuguhi pemandangan alam bawah laut yang luar biasa serta pemandangan lumba-lumba hidung botol yang bermain di pantai ini. Jika Anda ingin bertemu dengan lumba-lumba hidung botol, maka Anda harus sudah sampai di pantai ini saat pagi tiba, yakni tepat setelah matahari terbit. Anda dapat menaiki perahu tradisional yang dikenal dengan “Jukung” untuk melihat lumba-lumba hidung botol lebih dekat. Untuk sampai di sini, Anda bisa melakukan perjalanan dari Bedugul sekitar dua jam atau melalui rute Gilimanuk sekitar empat jam.

7. Goa Gajah

Goa Gajah merupakan situs bersejarah yang ada sejak 1000 tahun yang lalu. Goa ini sempat hilang karena gempa bumi dan ditemukan kembali sekitar tahun 1920-an. Selain menikmati fitur goa, Anda juga dapat menikmati kolam pemandian yang dikelilingi oleh patung-patung cantik di sini. Untuk dapat menikmati suasana di Goa Gajah, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 hingga Rp50.000.

8. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura paling penting yanga da di Bali. Pura ini berdiri di sekitar bukaan gua yang dihuni oleh banyak kelelawar. Candi ini dibangun pada abad ke sebelas dan berada di Kabupaten Klungkung. Anda tidak hanya bisa menikmati megahnya pura, tetapi juga indahnya Pulau Nusa Penida.

9. Air Terjun Sekumpul

Air terjun terindah di Bali ini dapat Anda nikmati melalui perjalanan selama dua setengah jam dari Denpasar, Bali. Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa dan menyatukan diri dengan aliran air hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000.

10. Bali Treetop Adventure Park

Rekomendasi wisata di Bali terbaru selanjutnya adalah Bali Treetop Adventure Park. Dengan biaya mulai dari Rp218.000 hingga Rp341.000 Anda dan keluarga Anda dapat mencoba berbagai wahana, seperti  jalan tali, ayunan, jaring, garis zip, lompat Tarzan, dan banyak lagi. Tidak hanya bersama keluarga, Anda juga dapat menyenangkan diri sendiri atau bersama dengan pasangan dengan datang ke sini.

11. Lembah Sidemen

Anda yang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian yang sempurna, maka Anda dapat mencoba datang mengunjungi Lembah Sideman. Anda dapat melakukan perjalanan ke lambah ini dengan berjalan atau menggunakan sepeda melintasi desa-desa kuno. Anda juga tidak perlu risau soal biaya karena Anda dapat secara gratis masuk ke sini.

12. Sharma Springs Bamboo

Jika Anda bingung mencari penginapan menarik di Bali, Anda dapat mencoba Sharma Springs Bamboo sebagai tempat Anda menetap. Dengan desain arsitektur yang luar biasa, Anda dapat menikmati waktu berharga Anda bersama dengan orang-orang terkasih.  Di sini Anda juga akan disuguhi indahnya Sungai Ayung dan dan hutan yang masih terjaga keasriannya.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Hidden Gems dan Instagramable di Bali

13. Istana Air Tirta Gangga

Bangunan taman air yang megah dengan khas arsitektur Bali menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari wisata air yang satu ini. Tempat yang satu ini terdiri dari taman tropis, kolam renang, kolam ikan serta air mancur yang dikelilingi rumput-rumput. Anda dapat mengabadikan banyak momen indah yang dapat diunggah ke instagram Anda. Anda dapat mengunjungi Istana Air Tirta Gangga yang berada di Desa Ababi dengan melakukan perjalanan sepanjang 75 km ke timur dari Denpasar, Bali.

14. The Secret Garden

Seperti namanya ketika Anda sampai di tempat wisata yang satu ini, pasti akan langsung berpikir permata tersembunyi yang sebenarnya. Meskipun perjalanannya tidak mudah, tetapi semua usaha Anda akan terbayar lunas dengan keindahannya.

15. Angle Billabong

Tempat wisata di Bali terbaru yang juga bisa menjadi tempat liburan terbaik adalah adalah Angle Billabong. Angle Billabong merupakan muara jernih yang diapit oleh bebatuan besar. Anda benar-benar bisa bersantai dan mendapatkan foto terbaik untuk media sosial Anda.

16. Pura Lempuyang

Bagi kalian pemburu tempat yang instagramable, maka Pura Lempuyang dapat menjadi salah satu tempat yang bisa dipertimbangkan. Hal ini karena pura Lempuyang menjadi salah satu tempat favorit para pemburu foto cantik instagram. Pura Lempuyang merupakan pura gunung kuno yang berada berada di Timur Bali pada ketinggian 1.175 di atas permukaan laut. Anda harus melewati sekitar 1.700 anak tangga yang curam untuk mencapai pura ini. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak ingin mendaki, Anda masih dapat menikmati pemandangan indah di kaki gunung.

 

17. Campuhan Ridge

Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menikmati pemandangan perbukitan dan sawah yang hijau nan indah ini. Karena tempatnya yang sedikit sulit ditemukan, maka Anda dapat menggunakan taksi online ke arah Warwick IBAH Luxury Villas and Spa lalu mengambil jalan di sebelah kiri untuk mencapai Campuhan Ridge. Di sepanjang perjalanan jalur bukit sepanjang sembilan kilometer, Anda bisa menikmayi pemandangan lereng bukit dan lembah Sungai Wos yang menakjubkan. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat gagahnya Gunung Agung di saat cuaca cerah.

5 dari 6 halaman

Wisata Instagramable di Bali

18. The Bali Swing

Anda dapat mengambil foto yang cantik dari ayunan yang menghadap ke lembah pohon palem dan sungai di sini. Anda akan benar-benar merasakan Bali ketika berkunjung ke sini. Pastikan untuk berkunjung di waktu yang tepat agar dapat menangkap momen terbaik, seperti saat dini hari atau malam hari.

19. Gerbang Lapangan Golf Handara

Gerbang Lapangan Golf Handara merupakan gerbang ikonik menuju jalan ketenangan dan menjadi salah satu tepat yang sedang banyak digunakan untuk mengambil foto feed instagram. Gerbang tradisional yang eksotis dan dikelilingi pemandangan hijau dengan siluet perbukitan yang sangat indah menjadi alasan para wisatawan datang ke sini. Tentu dengan latar belakang yang menawan seperti itu akan menghasilkan foto yang menkjubkan untuk unggahan instagram.

20. Tirta Empul

Tirta Empul atau yang berarti mata air suci merupakan nama dari sumber air yang berada di dalam candi. Berada di Desa Manukaya, kompleks pura dan mata air pegunungan suci ini merupakan salah satu situs budaya nasional. Mata air ini merupakan sumber berbagai pemandian pemurnia, kolam, kolam ikan yang nantinya mengalir ke Sungai Tukad Pakerisan. Anda dapat mengambil gambar di sini dan bahkan Anda juga dapat menangkap momen seremonial pada kamera Anda.

21. Lotus Ubud Swing

Berada di Tegallalang, utara Ubud tempat yang satu ini merupakan salah satu yang terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO. Di sini terdapat berbagai ayunan dengan latar belakang pemandangan perbukitan hijau nan subur. Jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan momen Anda ketika berada di sini.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Terbaru yang Ramah Anak di Bali

22. Ubud Monkey Forest

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan anak-anak, maka Anda tidak boleh melewatkan Ubud Monkey Forest. Ubud Monkey Forest merupakan cagar alam yang terletak di kawasan pura di Ubud, Bali. Di sini terdapat 340 kera ekor panjang (Macaca fascicularis). Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi populer dengan jumlah pengunjung mencapai 10.000. Meskipun demikian, Anda masih dapat berjalan-jalan di sekitar Monkey Forest dan menikmati suasana tenang. Jika Anda merasa lapar, Anda dapat mudah menemukan berbagai tempat makan serta berbagai toko cendera mata di sini.Tempat ini dapat Anda jangkau dengan melalui perjalanan sekitar satu jam dari bandara dengan menggunakan taksi atau jasa antar jemput.

23. Bali Safari

Selain Ubud Monkey Forest, tempat wisata di Bali terbaru yang dapat Anda kunjungi bersama dengan anak Anda adalah Bali Safari. Di kebun binatang yang satu ini, Anda dapat menemukan lebih dari 100 jenis hewan liar, termasuk komodo, orangutan serta burung jalak. Anda juga dapat menantang diri Anda dengan memilih paket wisata yang salah satunya adalh mencoba sarapan bersama dengan singa atau berkeliling hutan di malam hari. Bali Safari berada di tenggara Ubud, Bali.

24. New Kuta Green Park

Rekomendasi tempat wisata di Bali terbaru yang cocok untuk liburan bersama keluarga selanjutnya adalah New Kuta Green Park. Tempat wisata ini berda si Pecatu Indah Resort, pesisir selatan Bali dan berada di sebelah Pantai Kuta Baru. New Kota Green Park menawarkan wisata air yang bisa dinikmati oleh semula kalangan usia. Beberapa wahana yang dapat dicoba, seperti kolam renang anak-anak, seluncuran anak-anak, air mancur dsb. Selain wahana untuk anak-anak, di sini juga terdapat wahana bagi orang dewasa.

25. Bali Doll House

Tempat wisata di Bali terbaru terakhir yang direkomendasikan dalam artikel ini adalah Bali Doll House. Bali Doll House terletak di Gianyar, Bali. Anda dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak-anak Anda ketika berkunjung ke sini. Anda bersama dengan anak-anak Anda dapat melihat koleksi 1000 boneka dari seluruh dunia. Boneka-boneka tersebut tersebar dalam 12 kamar. Selain itu, di sini juga tersedia pemeran boneka yang unik dan canggih yang dilengkapi dengan lampu sensorik, augmented reality atau AR serta video klip yang diputar selama kunjungan Anda. Boneka-boneka tersebut mewakili provinsi-provinsi yang ada di Indonesia, film-film terkenal hingga pahlawan super.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS