Sukses

13 Cara Meredakan Pilek saat Musim Hujan , Tanpa Obat dan Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Cara meredakan pilek saat musim hujan memang sering dicari oleh banyak orang. Memasuki musim penghujan ini suhu udara mengalami penurunan yang akhirnya membuat virus dan bakteri dapat berkembang biak dengan baik.

Cara meredakan pilek saat musim hujan tidak melulu harus menggunakan obat. Anda bisa menggunakan obat herbal yang ada di sekitar. Pilek atau hidung meler adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi. Keluhan ini dapat menyerang siapa saja dari segala usia.

Penyebab pilek saat musim penghujan adalah kedinginan. Kondisi ini apabila dibiarkan akan semakin parah dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara meredakan pilek secara alami.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara meredakan pilek saat musim hujan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Meredakan Pilek saat Musim Hujan

1. Minum Air Mineral

Cara meredakan pilek yang pertama adalah banyak minum air mineral. Dilansir dari Health Line, minum banyak air putih atau tetap terhidrasi saat berhadapan dengan pilek diyakini dapat membantu dalam mengurangi gejala, terlebih jika seseorang juga memiliki keluhan seperti hidung tersumbat. Tindakan ini diyakini bisa membuat konsistensi ledir di sinus menjadi lebih berair, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Sering Membersihkan Hidung

Cara meredakan pilek yang berikutnya adalah sering membersihkan hidung. Cara ini lebih baik daripada menghirup ingus kembali ke tengoorokan. Cara terbaik untuk membersihkan ingus dari hidung Anda adalah dengan menekan satu jari di atas satu lubang hidung saat Anda mengembuskannya dengan lembut untuk membersihkan rongga hidung yang satu lagi.

3. Makan Makanan Penangkal Infeksi

Cara meredakan pilek saat musim hujan adalah mengonsumsi makanan makanan penangkal infeksi seperti pisang, blueberry, wortel, bawang, dan teh hitam.

3 dari 5 halaman

Cara Meredakan Pilek saat Musim Hujan

4. Minuman Hangat

Minuman hangat dapat menjadi salah satu cara meredakan pilek. Minuman hangat dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan meredakan membran yang meradang dan tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan Anda. Jika Anda merasa sangat sesak sehingga tidak bisa tidur di malam hari, cobalah minum minuman hangat. Buatlah secangkir teh herbal panas dan tambahkan satu sendok teh madu.

5. Gunakan Salep di Bawah Hidung

Mengoleskan salep dapat menjadi cara meredakan pilek. Menggunakan sedikit salep mentol atau minyak kayu putih di bawah hidung Anda dapat membantu membuka saluran pernapasan dan memulihkan kulit yang teriritasi di pangkal hidung.

Mentol dan kayu putih memiliki bahan yang menimbulkan sensasi kebas ringan yang dapat membantu meredakan nyeri hidung. Namun perlu dipahami bahwa salep dengan kedua bahan tersebut hanya diletakkan di bawah hidung, bukan di dalam hidung.

6. Sup Ayam

Konsumsi sup ayam dipercaya dapat menjadi salah satu cara meredakan pilek yang ampuh. Sup ayam dipercaya dapat meredakan pilek karena sifatnya yang menghangatkan. Selain itu, sup ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu proses pemulihan.

Kandungan nutrisi dalam sup ayam juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, tetapi sifat menghangatkannya sangat ampuh melegakan sumbatan saluran pernapasan. Melegakan hidung, tenggorokan, dan encerkan dahak.

4 dari 5 halaman

Cara Meredakan Pilek saat Musim Hujan

7. Cuka Apel

Cara meredakan pilek saat musim hujan yang berikutnya adalah mengonsumsi cuka apel. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek. Hanya saja porsinya harus diperhatikan. Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Cuka apel ampuh menghindarkan tubuh dari infeksi virus. Begitu juga dapat mengencerkan dahak dan sumbatan lendir di hidung. Hingga dapat membuat saluran pernapasan lebih cepat lega. Selain itu, cuka sari apel mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin, dan natrium. Kandungan ini sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh.

8. Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri, sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu cara meredakan pilek. Sifat-sifat inilah yang kemudian dapat melegakan saluran pernapasan saat sedang pilek. Jahe juga memiliki manfaat yang ampuh untuk menghilangkan racun berlebihan dalam tubuh.

Coba konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Caranya, ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

9. Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh untuk meredakan hidung tersumbat, sehingga sangat cocok sebagai salah satu cara meredakan pilek. Bahkan banyak orang mengatakan bahwa bawang putih adalah bahan ampuh untuk menangkal bakteri.

Cara membuatnya yaitu dengan menghancurkan 4-5 siung bawang putih secara perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. Selain ditumis, anda juga bisa mengonsumsinya sebagai jus. Hanya perlu tambahkan tomat dan lemon agar lebih nikmat dikonsumsi.

5 dari 5 halaman

Cara Meredakan Pilek saat Musim Hujan

10. Garam

Garam merupakan salah satu cara meredakan pilek. Garam ini obat alami pilek yang sudah diteliti oleh sejumlah penelitian medis. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda hanya perlu berkumur dengan garam. Berkumur dengan garam bisa membantu mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Bahkan berkumur dengan air garam bisa bantu cegah pilek yang dialami tertular dengan orang lain.

11. Madu

Menurut beberapa penelitian, madu sangat baik untuk dijadikan obat herbal meredakan pilek. Selain itu, madu kaya nutrisi dan tidak diketahui memiliki efek samping. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oxford, para ilmuwan menemukan bahwa madu adalah alternatif yang efektif untuk antibiotik dan obat bebas lainnya untuk mengobati gangguan pernapasan ringan.

12. Teh Herbal

Teh herbal bisa dipakai sebagai salah satu cara meredakan pilek. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan-bahan tersebut sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi memang cocok untuk sembuhnya pilek. Jahe sudah lama dipakai sebagai pengobatan tradisional China.

Jahe sangat baik untuk membantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan. Chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan. Sementara lemonnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

13. Daun mint

Cara meredakan pilek saat musikm hujan selanjutnya adalah daun mint. Ekstrak daun mint diketahui memiliki cara kerja yang mirip dengan obat dekongestan. Keduanya dapat membantu mencairkan lendir penyebab hidung mampet. Sensasi hangat dari daun mint juga berfungsi melancarkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS