Sukses

4 Cara Membuat Henna yang Sederhana, dari Bubuk Hingga Cengkeh

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat henna dapat dilakukan dengan mudah dan alami. Henna art merupakan karya seni tato yang menggunakan bahan alami dari tanaman Lawsonia Inermis. Tanaman ini berasal dari Arab, orang Arab sendiri menyebutnya dengan Hinna.

Cara membuat henna di Indonesia ini cukup populer dan banyak digemari oleh kaum hawa. Biasanya henna art digunakan saat ada acara pernikahan maupun pesta. Penggunaan henna biasanya dilukis pada bagian tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

Bagi Anda yang ingin membuat henna sendiri di rumah. Perlu mengetahui cara membuat henna yang sederhana dengan bahan-bahan alami di sekitar anda. Cara membuat henna ini juga bisa menghindari penggunaan henna dengan tambahan zat kimia yang merugikan. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat henna yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal Henna Art

Henna art adalah karya lukis tato yang menggunakan tanaman Lawsonia inermis, juga dikenal sebagai pohon pacar, pohon mignonette, dan privet Mesir, satu-satunya spesies dari genus Lawsonia.

Henna art sendiri digunakan pada tangan, kaki, dan tubuh lainnya. Pada umumnya, henna yang baru digunakan akan menampilkan warna yang cantik, warna tersebut akan bertahan selama beberapa hari, kemudian secara bertahap hilang dengan cara pengelupasan kulit. Pengelupasan ini biasanya terjadi dalam satu hingga tiga minggu.

Henna telah digunakan sejak jaman kuno di Mesir kuno. Pada jaman itu, orang Mesir menggunaan henna untuk mewarnai kulit, rambut, kuku, serta kain. Kemudian menyebar ke Asia Barat termasuk semenanjung Arab dan Benua Afrika.

Namun, pada jaman Mesir kuno, henna hanya memiliki warna hitam dan merah batu bata seperti daunnya Lawsonia inermis. Kini, warna henna bervariasi sesuai tren.

3 dari 6 halaman

1. Cara Membuat Henna dengan Bubuk Innai

Bahan-Bahan:

- Daun innai

- Blender

- Saringan

Cara membuat henna dengan daun innai:

a. Pisahkan batang dan daun

Setelah memetik daun innai yang segar, tempatkan pada wadah kering. Pisahkan daun innai dari batangnya. Bagian yang dikeringkan nantinya hanya bagian daun innai.

b. Keringkan daun innai

Setelah daun terpisah dari batang, cara membuat henna adalah mengeringkannya. Tempatkan daun innai pada wadah melebar, lalu jemur pada sinar matahari hingga kering. Tanda daun innai yang benar-benar kering adalah daun akan bertekstur renyah dan mudah hancur.

c. Pisahkan daun dari tulang daun

Setelah benar-benar kering, pisahkan daun dari tulangnya. Pisahkan dengan cara meremas daun hingga menyisakan tulangnya.

d. Menghaluskan daun

Ada beberapa cara untuk menghaluskan daun innai menjadi bubuk. Anda bisa menggunakan cara tradisonal dengan menguleknya dengan cobek. Pastikan daun dan alat menumbuk benar-benar kering. Masukkan daun sedikit demi sedikit lalu tumbuk hingga halus. Cara ini mungkin tidak bisa menghasilkan bubuk henna yang benar-benar halus.

Cara lainnya untuk menghasilkan bubuk henna yang lebih halus adalah dengan menggunakan mesin. Anda bisa menggunakan blender khusus bumbu kering untuk menghaluskannya. Atau bisa menggunakan mesin penghalus yang biasa digunakan untuk selep bubuk.

e. Mengayak daun

Setelah menghaluskan daun, anda masih perlu mengayaknya lagi untuk mendapatkan bubuk yang benar-benar halus. Hal ini dapat membuat bubuk henna menjadi mudah dibentuk pasta dan digunakan untuk melukis atau mewarnai tubuh. Anda bisa mengayak bubuk henna ini menggunakan saringan atau kain berpori. Setelah didapat bubuk halus, henna siap digunakan.

4 dari 6 halaman

2. Cara Membuat Henna dengan Cengkeh

Bahan :

- Bubuk henna

- Air lemon

- 1/4 cangkir cengkeh

- 1 sdm gula pasir

Cara membuat henna dengan cengkeh:

1. Masukkan air lemon dan cengkeh kemudian masak sampai mendidih.

2. Setelah itu, dinginkan dan tambahkan bubuk henna serta gula.

3. Setelah dingin henna sudah siap di pakai.

5 dari 6 halaman

3. Cara Membuat Henna dengan Minyak Esensial

Minyak esensial berfungsi sebagai pelarut dalam pasta dan membantu molekul pewarna lebih melekat pada keratin di kulit. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah minyak lavender, Tea Tree, dan Eucalyptus.

Bahan:

- Bubuk henna

- Minyak esensial

Berikut cara membuat henna dengan minyak esensial, yaitu:

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk henna pada wadah bersih.

2. Tambahkan minyak esensial secukupnya hingga henna berbentuk pasta.

3. Diamkan kurang lebih 6 jam hingga henna siap digunakan.

6 dari 6 halaman

4. Cara Membuat Henna dengan Bubuk Gula

Bahan :

- 500 gr bubuk henna

- 2 sdt bubuk gula

- Air lemon

Cara membuat henna dengan bubuk gula:

1. Campur bubuk henna dan gula halus ke dalam mangkuk.

2. Campurkan air lemon secara bertahan sampai menjadi adonan kental.

3. Diamkan selama kurang lebih 2 jam baru bisa di gunakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS