Sukses

Wisata Kawah Ijen, Intip Pesona Kawah Biru Gunung Berapi yang Memukau

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kawah Ijen adalah salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang popular di kalangan pecinta adrenalin. Wisata Kawah Ijen menarik wisatawan lokal dan mancanegara dengan pengalaman mendaki gunung untuk melihat danau pirus yang terkenal dengan fenomena yang disebut api biru elektrik.

Kawah Ijen terletak pada ketinggian sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut, kawahnya memiliki sebuah danau besar dengan warna pirus yang mempesona, karena keberadaan asam klorida yang melimpah di dalam air. Selain warna airnya, Wisata Kawah Ijen juga terkenal dengan nyala api biru yang menyembur dari dalam gunung seolah-olah itu adalah lava biru.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan selama anda berkunjung ke Banyuwangi. Kawah Ijen menyajikan pengalaman mendaki gunung dengan pemandangan memukau yang tidak akan bisa ditemui di tempat lain.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022). Tentang wisata Kawah Ijen yang terkenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu objek wisata gunung berapi di Indonesia. Kawah Ijen merupakan obyek wisata yang terkenal, yang telah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena alamnya yang indah dan menawan.

Kawah Ijen terbentang dengan luas 5.466 hektar dan dikelilingi oleh hutan wisata seluas 92 hektar. Temperaturnya antara 2 hingga 8 derajat celcius dan area kawah terletak pada 2.386 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ada banyak spesies tanaman cantik yang bisa ditemukan di sana, seperti; bunga edelweis dan Casuarina Junghu.

Di area ini juga terdapat danau yang tidak kalah indahnya, danau di Gunung Ijen adalah danau asam terbesar di dunia, yang juga terkenal dengan fenomena alam yang dikenal sebagai api biru Kawah Ijen, di mana anda dapat melihat api biru panas menyala seperti lava dalam gelap.

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan kawah adalah di pagi hari, ketika sinar matahari kuning menyinari air kuning dan menyinari gunung di sekitarnya seperti gunung Merapi, saudara perempuan dari Gunung Ijen. Kabut pagi menciptakan ketenangan yang tidak kita dapatkan di kota-kota metropolitan. Pukul 2 siang, kawah ditutup karena asap tebal dari kawah yang beracun.

3 dari 7 halaman

Lokasi dan Cara Menuju Wisata Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah kawah gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Wisata Kawah Ijen terletak sekitar 68 kilometer dari pusat kota. Terdapat beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan untuk dapat mengunjungi wisata Kawah Ijen.

Ada dua alternatif rute menuju Wisata Kawah Ijen, yang pertama adalah dari Banyuwangi menuju Licin – Jambu – Paltuding. Jaraknya sekitar 38 kilometer dari Banyuwangi. Yang kedua dari Bondowoso – Wonosari – Sempol – Paltuding, sekitar 70 kilometer dengan jalan yang lebih baik.

Berkunjung dari jalur Bondowoso, wisatawan akan melintasi perkebunan kopi. Ini memiliki pemandangan yang indah juga. Hijaunya pepohonan kopi Arabika benar-benar pemandangan yang mengasyikkan untuk dinikmati.

Untuk mencapai Kawah Ijen dari Surabaya, kita dapat menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut:

- Surabaya – Bondowoso : 180 km dengan bus umum

- Bondowoso – Paltuding : 68 km dengan angkutan umum

- Paltuding - menuju lokasi : 2 km jalan kaki

4 dari 7 halaman

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Orang Asing (weekdays): 100rb IDR ($7 USD) / orang

Orang Asing (akhir pekan): 150rb IDR ($10 USD) / orang

Domestik: Rp 5rb / orang

Biaya masuk ini berlaku mulai tahun 2022. Biasanya jika anda memesan tur Ijen, biaya masuk sudah termasuk dalam harga total tur, jadi ada baiknya untuk memeriksa ulang dengan penyedia tur anda.

5 dari 7 halaman

Atraksi Wisata Kawah Ijen

Terdapat beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama berkunjung ke wisata Kawah Ijen, mulai dari mendaki gunung untuk melihat matahari terbit, hingga berkeliling melihat indahnya pemandangan Kawah Ijen yang terkenal.

1. Mengikuti Pendakian Tengah Malam

Pendakian ke gunung berapi Kawah Ijen biasanya dimulai dengan penjemputan tengah malam dari hotel anda di Banyuwangi, 1 jam berkendara ke pintu masuk taman dan kemudian mendaki gunung bersama pengunjung lain dalam gelap.

Jalur 2 kilometer pertama adalah bagian yang paling curam, tetapi kemudian mendatar dan menjadi lebih datar saat anda mendekati garis finis. Pendakian Kawah Ijen ke puncak gunung berapi memiliki jarak satu arah sekitar 3 kilometer (1,8 mil).

Pendakian Kawah Ijen untuk melihat danau memakan waktu sekitar 1,5 jam tergantung kecepatan anda. Namun jika anda malas untuk mendaki, anda dapat membayar penambang belerang lokal untuk mengangkut anda ke atas bukit dengan troli mereka seharga 400 ribu Rupiah.

 

2. Api Biru Kawah Ijen

Setelah sampai di danau kawah, sebagian besar wisatawan akan langsung memulai pendakian turun ke kawah untuk menyaksikan api biru Kawah Ijen. Anda hanya dapat melihatnya di jam-jam paling gelap di malam hari, jadi waktu untuk melihatnya terbatas sampai sebelum matahari terbit.

Api biru elektrik ini adalah fenomena unik yang disebabkan oleh pembakaran gas belerang pada suhu hingga 600 °C (1.112 °F). Kawah Ijen merupakan satu-satunya tempat lain di Bumi di mana anda dapat melihat 'lava biru' seperti ini, selain di Dallol, Ethiopia.

Jika anda memutuskan untuk turun ke area api biru, bagian pendakian untuk turun akan memakan waktu sekitar 45 menit dengan pertimbangan ketinggian sekitar 150 meter, dan 45 menit lagi untuk anda kembali naik dari tempat yang sama saat anda akan pulang.

6 dari 7 halaman

Atraksi Wisata Kawah Ijen

3. Danau Kawah Ijen

Hal terbaik untuk dilihat di wisata Kawah Ijen adalah danau kawah berwarna pirus. Pemandangan di danau ini sangat fotogenik, dan waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah sebelum matahari terbit atau beberapa jam setelahnya.

Danau dengan lebar 700 meter ini adalah danau asam terbesar di dunia dan ada banyak pemandangan indah yang berbeda di sekitar tepi kawah Kawa Ijen. Spot foto terbaik adalah 'sunrise point' dengan beberapa pohon meliuk yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama 30 menit.

 

4. Penambangan Sulfur Di Kawah Ijen

Salah satu keunikan dari gunung berapi Kawah Ijen adalah adanya penambangan deposit belerang alami, yang berasal dari lubang aktif di dalam kawah. Ini adalah salah satu pekerjaan tersulit di dunia karena para pekerja membawa 90 kilo (200 lb) beban belerang, sementara terus-menerus terpapar awan asap tanpa perlindungan.

Rintangan lainnya adalah mereka harus membawa keranjang belerang keluar dari kawah yang curam, dan kemudian menuruni gunung, melakukan beberapa perjalanan per hari. Ingatlah untuk memberikan jalan kepada para penambang saat mereka bekerja, dan jika anda berencana untuk memotret mereka, anda harus meminta izin sebelum mengeluarkan kamera anda.

7 dari 7 halaman

Tips Berkunjung Ke Wisata Kawah Ijen

1. Suhu turun drastis di malam hari, mencapai 5 °C, jadi bawalah pakaian musim dingin atau jaket anti angin dan sepatu boot hiking harus ada di dalam koper anda.

2. Begitu matahari terbit, biasanya di wisata Kawah Ijen akan terjadi hujan lebat. kabut menutupi danau, jadi habiskan lebih banyak waktu menunggu sampai benar-benar cerah.

3. Saat menyewa tour, tanyakan apakah mereka akan memberi anda senter dan masker, atau apakah anda harus menyiapkannya sendiri. Masker berguna untuk melindungi pernapasan anda dan senter digunakan sepanjang waktu dalam gelap.

4. Jangan memakai pakaian atau perhiasan yang bagus. Bau belerang tidak enak dan menempel di pakaian anda, terutama jika anda berada sangat dekat dengan api biru.

5. Kamar mandi terakhir ada di pintu masuk Kawah Ijen. Pastikan untuk melakukan bisnis anda sebelum memulai pendakian. Tidak ada kamar mandi yang layak di jalur menuju Ijen, meskipun anda dapat menemukan banyak semak tinggi untuk buang air kecil di dekat sisi timur danau kawah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS