Sukses

Wisata Goa Pindul Yogyakarta dan Atraksinya, Tawarkan Pengalaman Jelajahi Gua

rangkuman wisata Goa Pindul, lengkap dengan atraksi, fasilitas, lokasi dan harga tiket masuknya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Yogyakarta, terletak 7 kilometer di selatan kabupaten Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi ini bisa dijangkau dengan melakukan perjalanan selama 3 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Wisata Goa Pindul adalah tujuan wisata yang popular karena menawarkan cara baru dan unik untuk menjelajahi goa alam yang mempesona. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan alam goa pindul yang menegangkan dan dapat menghilangkan stress setelah beraktivitas selama satu minggu penuh.

terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Goa Pindul, mulai dari menjelajahi goa melalui aktivitas cave tubing dan menikmati keindahan alam berupa Stalaktit serta stalagmit yang ada di seluruh area gua. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman berlibur yang unik dan tidak terlupakan.

Untuk lebih mengenal Wisata Goa Pindul yang terletak di Yogyakarta ini, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Wisata Goa Pindul lengkap dengan atraksi, fasilitas, lokasi dan harga tiket masuknya, Senin (10/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang naik daun. Goa Pindul menjadi salah satu tujuan popular wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Tempat ini terkenal karena menawarkan cara baru yang unik untuk eksplorasi gua.

Terletak 7 km di selatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Gua ini membentang sepanjang 350 meter dengan lebar hingga 5 meter. Sebuah sungai bawah tanah mengalir di bawahnya di antara dua lubang gua.

Wsata Goa Pindul juga dikenal sebagai rumah dari stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Stalaktit itu sangat besar sehingga membutuhkan lima orang dewasa untuk mengelilinginya. Sebelum berkembang menjadi objek wisata, penduduk setempat menganggap Gua Pindul sebagai salah satu tempat suci untuk bermeditasi.

Kemudian sekelompok peneliti dari universitas lokal datang untuk menjelajahi gua tersebut. Mereka menjelajahi goa ini untuk mengetahui lebih jauh tentang batuan dan kedalaman air di dalam gua. Segera setelah penelitian dilakukan, keindahan goa ini pun akhirnya terungkap.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih lanjut oleh pemerintah daerah tidak lama setelah itu. Gua Pindul kemudian dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2010. Sejak saat itu tempat ini berkembang menjadi situs wisata yang popular dan menawarkan jenis wisata unik yang layak untuk dijelajahi.

3 dari 5 halaman

Atraksi Wisata Goa Pindul

1. Cave Tubing

Aktivitas pertama yang harus dicoba saat berkunjung ke wisata goa pindul adalah cave tubing. Nikmati pengalaman menarik saat berada di dalam gua dengan menggunakan ban karet, pengunjung akan dipandu melewati sungai bawah tanah. anda juga akan menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit saat meluncur di sungai.

Jaket safety dan pemandu merupakan standar disini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir soal keamanan. Zona terang di dekat pintu masuk masih tersentuh sinar matahari dan disinilah keindahan alam dapat anda lihat. Kelelawar menghuni atap dan ikan di air, memperkaya ekosistem gua.

2. Berenang di Banyu Moto

Saat pengunjung selesai menjelajahi Goa Pindul, terdapat sungai kecil yang disebut banyu moto. Di sini pengunjung dapat turun dari tabung ban dan mulai menikmati air yang ada disekitar. Pengunjung dapat berenang, berfoto dan bermain air atau melakukan aktivitas permainan air lainnya.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan luar goa yang tidak kalah dari pemandangan dalam goa. Goa pindul dikelilingi oleh ekosistem hijau yang masih asri, anda akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang belum banyak terjamah manusia serta menghirup udara yang masih segar.

3. Tubing Sungai Oyo

Keseruan dengan ban karet tidak harus berhenti di goa Pindul. Beberapa perusahaan wisata juga menyediakan pengalaman tubing di sungai Oyo yang terletak tidak jauh dari gua. Berbeda dengan Pindul, arus sungai lebih kuat. Ini memberikan lebih banyak sensasi dan petualangan bagi mereka yang mendambakan lebih banyak adrenalin.

Batuan karst berdiri rapi di sepanjang dasar, baik di kiri dan kanan sungai. Bebatuan yang tinggi akan mengingatkan pengunjung akan Grand Canyon. Hanya yang ini lebih kecil dan dalam suasana tropis. Air terjun kecil tersebar dan mengalir di beberapa titik.

4 dari 5 halaman

Biaya Wisata Goa Pindul

Biaya Wisata Goa Pindul

Untuk dapat menikmati pengalaman tidak terlupakan di goa pindul, pengunjung tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya. Untuk dapat menikmati wisata goa pindul pengunjung cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000. Berikut ini rinciannya:

Biaya Retribusi: Rp. 10.000

Goa Pindul: Rp. 40.000

Rafting Oya Track Pendek: Rp. 60.000

Rafting Oya Track Panjang: Rp. 60.000

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang tersedia. Karena lokasi ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai seperti parkir, wisma tamu, dan kamar mandi yang banyak tersedia di lokasi. Warung makanan sederhana yang menjual air mineral dan hidangan lokal juga tersedia di lokasi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi gua adalah pada jam 9 pagi. Karena matahari bersinar sempurna melalui atap gua. Itu juga ketika suhu sungai paling dingin. Jam buka resmi adalah dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Situs ini buka sepanjang tahun termasuk hari libur.

5 dari 5 halaman

Lokasi Wisata Goa Pindul

Lokasi Wisata Goa Pindul

Lokasi Wisata Goa Pindul berada di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Akses untuk mencapai ke destinasi wisata ini juga terbilang sangat mudah dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Dari Yogyakarta ambil arah jalan Wonosari. Ikuti jalur utama sekitar 15 km menuju Piyungan dan terus lurus menuju Bukit Bintang. Mengemudi selama 25 menit sebelum menemukan persimpangan lampu lalu lintas yang dikenal sebagai persimpangan Gading. Lanjutkan berkendara sejauh 3 km.

Jika anda ingin menggunakan transportasi umum maka dari pusat kota, menuju ke terminal bus Giwangan dengan Trans Jogja. Di terminal, cari bus tujuan Wonosari. Naik bus dan minta sopirnya berhenti di perempatan Grogol. Dari perempatan tersebut, wisatawan bisa naik ojek untuk mencapai wisata Goa Pindul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.